ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik Handphone

Cara Menghilangkan Iklan di HP OPPO yang Muncul Tiba-Tiba

Cara Menghilangkan Iklan di HP OPPO Header

Gadgetren – Berbeda dengan perusahaan kompetitornya, OPPO tidak menghadirkan iklan pada ponsel buatannya untuk memastikan kenyamanan penggunaan.

Dengan begitu, perangkat OPPO dapat digunakan dengan tenang dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Namun apabila tiba-tiba muncul iklan di ponsel OPPO, kemungkinan besar hal ini disebabkan oleh sumber lain.

Terkadang iklan yang muncul di ponsel OPPO terjadi karena kamu secara tidak sengaja memberikan akses dari situs sembarangan, memasang aplikasi dari pihak ketiga secara tidak hati-hati, dan lainnya.

Jadi sebenarnya iklan tersebut bukan disebabkan oleh sistem ColorOS melainkan memang terkadang ada pihak ketiga yang sengaja melakukan injeksi iklan pada aplikasi atau situs mereka.

Biasanya pada saat kamu mengunduh aplikasi (APK) dari pihak ketiga, adar risiko file tersebut membawa Adware yang nantinya memuncul iklan mengganggu dan menyedot kuota internet.

Sebagai bentuk pencegahan, memang sebaiknya kamu hanya memasang aplikasi dari Google Play Store. Selain itu, sebisa mungkin hindari mengunduh aplikasi dari sumber yang kurang dipercaya untuk terhindar dari masalah.

Cara Menghilangkan Iklan di HP OPPO

Hapus Aplikasi Adware

  1. Buka aplikasi Settings di ponsel OPPO.
  2. Tekan menu Apps.
  3. Pilih menu App management.
  4. Cari dan pilih aplikasi dengan nama dan ikon yang aneh yang tidak dikenal.
  5. Pada halaman App Info, tekan tombol Uninstall.

Biasanya Adware memang secara tiba-tiba terpasang di ponsel tanpa persetujuan. Bahkan Adware yang dipasang mungkin bisa lebih dari satu yang mana kerap terindikasi lewat ikon dan nama yang aneh. Jadi kamu dapat secara perlahan mencari aplikasi tersebut untuk menghapusnya.

Tidak hanya Adware, iklan yang muncul pada ponsel OPPO juga bisa disebabkan oleh secara tidak sengaja menyetujui akses untuk mengirimkan promosi ketika mengakses situs tertentu.

Hapus Izin Iklan di Google Chrome

  • Akses aplikasi Google Chrome di ponsel OPPO.
  • Tekan tombol More berikon tiga titik di bagian kanan atas.
  • Pada menu pop-up yang muncul, pilih menu Settings.
  • Gulir halaman dan pilih menu Site settings.
  • Pilih opsi Pop-ups and redirects.
  • Tekan tombol toggle Pop-ups and redirects ke posisi aktif.

Dengan aktifnya fitur Pop-ups and redirects, maka iklan yang semestinya muncul pada situs yang dikunjungi akan diblokir oleh sistem sehingga tidak dimunculkan lagi ketika menggunakan Google Chrome.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar