ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik Handphone

Ini Tips Food Photography Menggunakan Samsung Galaxy A35 5G

Ini Tips Food Photography Menggunakan Samsung Galaxy A35 5G

Gadgetren – Untuk lebih memperkenalkan kemampuan fotografi dari GalaxyA35 5G ke lebih banyak orang, Samsung Electronics Indonesia telah menyelenggarakan Food Photography Workshop with Samsung Galaxy A35 5G.

Tema workshop ini dipilih karena menurut pihak Samsung Electronics Indonesia, Food Photography kini menjadi tren yang digemari oleh banyak anak muda. Sebelum menyantap hidangan, mereka kerap mengabadikannya menggunakan handphone.

Workshop ini dibuka oleh Ricky Bunardi selaku MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia yang menuturkan bahwa Food Photography wajib menonjolkan detail dari makanan untuk menunjukkan bentuk, tekstur, dan warna sehingga menggugah selera.

Selanjutnya Marisa Djemat sebagai Profession Food Photographer membagikan beberapa tips dan trik Food Photography yang estetik dengan Galaxy A35 5G. Ia menjelaskan Food Photography merupakan sebuah genre fotografi yang menangkap foto makanan semenarik mungkin dan membuat orang yang melihatnya tergiur untuk mencicipinya.

Tips dan Trik Food Photography dengan Samsung Galaxy A35 5G

Mengatur Pencahayaan

Samsung Galaxy A35 5G - Food Photography Workshop - Pencahayaan

Marisa mengungkapkan bahwa pencahayaan sangat penting. Tanpa pencahayaan yang memadai dan tepat, foto makanan akan terlihat hambar dan seperti tidak punya rasa. Namun saat pencahayaan tersedia minimal, di situlah kamu butuh perangkat yang mampu mengoptimalkan kondisi yang ada untuk menciptakan foto makanan yang menggiurkan.

Bisa dibilang Pencahayaan yang baik akan menonjolkan bayangan dan titik terang pada tekstur makanan. Dalam kondisi pencahayaan rendah, kamera 50 MP dengan OIS pada Galaxy A35 5G sendiri bisa diandalkan untuk menghasilkan foto yang berkualitas baik.

Tentunya untuk menghasilkan foto makanan dengan kondisi terbaik, kamu harus memikirkan tata pencahayaan (Lighting) mulai dari Back Light, Rim Light, Side Light, Oval Light, Front Light, dan lainnya tergantung kebutuhan.

Penataan Makanan

Samsung Galaxy A35 5G - Food Photography Workshop - Penataan

Untuk membuat foto terlihat estetik dan menggunggah selera, tentunya kamu harus memikirkan penataan (Styiling) makanan. Misalnya menentukan jenis makanan, bahan-bahan, dan lokasinya.

Sebagai contoh untuk menu hidangan Korea Selatan, kamu bisa menggunakan properti seperti sumpit dan sendok stainless di sisi makanan untuk menghasilkan foto yang lebih menarik dan menggiurkan.

Selain itu tempatkan makanannya dengan proporsi yang tepat. Untuk itulah kamu dapat mengaktifkan grid pada kamera Galaxy A35 5G dan fitur Shot Suggestion, fitur cerdas berbasis Machine Learning untuk menghasilkan foto dengan komposisi ideal.

“Memikirkan dan mengeksekusi styling makanan sebelum memotret akan menciptakan foto makanan yang lebih estetik. Selalu tempatkan makanan dengan latar belakang yang tidak bertabrakan dan posisi sentral di frame karena dialah bintangnya,” ucap Marisa.

Marisa juga memberikan tips mudah penataan makanan dengan memposisikan POI (Point Of Interest) atau objek utama di 3/4 dari frame yang dapat dilihat melalui layar handphone, dan tambahkan properti sesuai tema membuat urutan X (Cross) sehingga membuatnya terlihat menggugah selera.

Tentukan Angle Foto Berbeda

Samsung Galaxy A35 5G - Food Photography Workshop - Angle

Marisa mengungkapkan bahwa angle atau sudut foto dapat dieksplorasi agar menghasilkan foto yang sesuai dengan jenis pilihan makanan. Sudut 45 derajat atau 3/4 dapat menampilkan bagian atas dan depan makanan di piring yang terlihat jelas.

Sementara Flat Layout merupakan sudut dari bagian atas sehingga mampu menampilkan makanan makanan tampak atas secara keseluruhan meja. Selanjutnya Eye Level menjadikan pengambilan foto dengan menampilkan makanan sejajar dengan pandangan mata.

Samsung Galaxy A35 5G - Food Photography Workshop - Kue Stroberi

Hasil Foto – 1

Samsung Galaxy A35 5G - Food Photography Workshop - Kimbap

Hasil Foto – 2

Marisa memberikan saran untuk menghindari memotret hidangan dari depan atau angle dari bawah sebab foto makananmu menjadi kurang menarik karena tekstur makanan jadi tidak menonjol. Visualisasikan kamera handphone sebagai POV matamu yang akan mengabadikan menu makanan yang kamu inginkan.

Pada kenyataannya nanti, kamu sendiri yang dapat menentukan bahwa angle atau sudut mana saja yang pas untuk menghasilkan foto makanan dengan bagus. Untuk itulah, kamu perlu terus sering melakukan pemotretan agar lama-lama terbiasa dalam menentukan sudut yang tepat untuk menghasilkan foto makanan terbaik.

Kreasikan Warna, Tekstur, dan Kedalaman

Samsung Galaxy A35 5G - Food Photography Workshop - Tekstur Warna

Marisa menuturkan bahwa keberanian bermain dengan warna, tekstur, dan kedalaman akan menciptakan visualisasi yang menarik, bisa jadi playful tapi estetik. Dengan efek kedalaman, kamu bisa menampilkan detail yang paling menarik dari makananmu. Cobalah terus bereksperimen dengan fitur Portrait untuk karya terbaikmu.

Kamu dapat bermain degan warna dan tekstur makanan untuk memberikan kontras visual yang menarik. Misalnya, tata topokki yang cenderung oranye dan merah dengan tekstur berkuah dengan fried mandu sebagai side dish yang berwarna cream dan bertekstur renyah.

Samsung Galaxy A35 5G - Food Photography Workshop - Mie

Hasil Foto – 3

Samsung Galaxy A35 5G - Food Photography Workshop - Topoki

Hasil Foto – 4

Selanjutnya, terapkan depth of field untuk menciptakan sensasi kedalaman dan dimensi pada foto. Kamu bisa menggunakan Portrait Mode pada kamera Galaxy A35 5G untuk menampilkan kedalaman melalui efek bokehnya yang stunning.

Handphone ini juga didukung Portrait dengan AI (Artificial Intelligence) yang dapat menghadirkan efek bokeh yang baik pada kondisi minim cahaya.

Edit Foto Sesuai Selera

Samsung Galaxy A35 5G - Food Photography Workshop - Edit Foto

Marisa menuturkan bahwa Tools editing di Galaxy A35 5G ini mampu meningkatkan kualitas foto makananmu tanpa repot. Hanya beberapa klik untuk menaikkan kecerahan dan kontras agar dapat menonjolkan keberagaman warna, sorotan, dan bayangan, serta meningkatkan intensitas warna sehingga foto-fotomu akan semakin mengunggah selera.

Apabila sudah selesai mengambil konten dan kamu merasa hasilnya kurang maksimal, maka Galaxy A35 5G mempunyai tools editing yang bisa kamu gunakan untuk mengedit foto secara cepat, seperti Photo Remaster dan Object Eraser.

Bagi kamu yang tertarik dengan Galaxy A35 5G, maka sudah dapat membelinya di Indonesia dengan harga Rp4.999.000 untuk RAM 8 GB + penyimpanan internal 128 GB dan Rp5.499.000 untuk RAM 8 GB + penyimpanan internal 256 GB.

Masih terdapat promo untuk pembelian hingga 6 Juni 2024, berupa free storage upgrade, bonus kuota AXIS 125GB untuk 6 bulan, dan voucher GrabFood senilai Rp100.000.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar