ASUS TUF Gaming F15
Berita Smartphone

OPPO Kuasai Pasar Smartphone Indonesia di Awal 2024, Diikuti Samsung

OPPO Reno11 Pro 5G - Back Bottom Logo 2

Gadgetren – Sebelumnya melalui lembaga riset Canalys, OPPO menempati peringkat pertama sebagai produsen yang mendominasi pasar ponsel di Indonesia pada kuartal pertama 2024.

Kini lembaga riset International Data Corporation (IDC) menguatkan kembali posisi OPPO sebagai produsen yang mendominasi pasar ponsel di Indonesia pada kuartal pertama tahun 2024. Dalam laporan IDC yang diterbitkan pada tanggal 16 Mei 2024, OPPO disebut menjadi produsen dengan market share atau jumlah pengiriman tertinggi pada kuartal pertama tahun 2024.

OPPO berada di peringkat pertama yang diikuti oleh Samsung kemudian Transsion, vivo dan Xiaomi. OPPO di Indonesia tercatat dengan pangsa pasar sekitar 19,9% pada kuartal pertama tahun 2024. Sedangkan pangsa pasar pada tahun 2023 kuartal pertama sebesar 23,3%. Kemudian pertumbuhan pengiriman ponsel OPPO dari tahun ke tahun sebesar 8,5%.

Di bawah OPPO, Samsung berada di posisi kedua yang memperoleh pangsa pasar pada kuartal pertama tahun 2024 sebesar 17,3%.  Selanjutnya di peringkat ketiga ada Transsion yang semakin menunjukkan eksistensinya di industri smartphone dengan perolehan pangsa pasar sebesar 16,1%.

Transsion mendapatkan pertumbuhan pengiriman ponsel dari tahun ke tahun yang paling besar diantara produsen lainnya sebesar 279,4%. Transsion yang membawahi beberapa merek ponsel seperti TECNO, itel, dan Infinix ini  menjadi produsen yang patut diperhitungkan saat ini di Indonesia.

 Indonesia-smartphone-market-IDC

Di posisi keempat ada vivo yang memperoleh pangsa pasar pada kuartal pertama tahun 2024 sebesar 15,8%. Kemudian Xiaomi berada di posisi kelima dengan pangsa pasar 15,6%.

IDC menyebutkan secara keseluruhan dari segi produk handphone pada kuartal pertama 2024 untuk segmen harga lebih dari $600 atau setara Rp9,5 jutaan mengalami pertumbuhan secara signifikan di mana dipimpin oleh Apple dengan pertumbuhan dari tahun ke tahun 12,8%.

Sementara di segmen harga kelas menengah ada di kisaran $200-$600 atau mulai Rp3,1 jutaan memiliki pertumbuhan tertinggi sebesar 73,4% dari tahun ke tahun yang pertumbuhannya dikuasai produsen Apple, Samsung, vivo, dan Xiaomi.

Kemudian di segmen harga kelas bawah kurang dari $200 juga tumbuh sebesar 17,8% yang dipimpin oleh Transsion. Di sisi lain pangsa pasar handphone 5G juga disebut meningkat menjadi 28,2%, dari 17,6% pada kuartal pertama tahun 2023 yang mana dikarenakan semakin banyak produsen yang memperluas penawaran handphone 5G mereka ke konsumen.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar