ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Tips dan Trik Handphone

Cara Mematikan HP OPPO Untuk Tipe Baru dan Lama

Cara Mematikan HP OPPO Header

Gadgetren – Mungkin sebagian dari kamu di sini ada yang merasa bingung ketika ingin mematikan ponsel OPPO generasi terbaru karena pada saat tombol Power ditekan lama malah memunculkan Google Assistant.

Padahal pada ponsel OPPO generasi lama, menekan tombol Power beberapa detik akan memunculkan menu Power Off dan Restart. Bagi yang belum mengetahuinya, kini mekanisme untuk mematikan ponsel OPPO memang sedikit berbeda.

Alasannya mungkin karena OPPO melihat banyak pengguna ponsel yang secara tidak sengaja menekan tombol Power ketika berada di saku dan ternyata ponsel mati ketika ingin digunakan.

Nah secara lebih jelas bagaimana mematikan HP OPPO dengan menggunakan metode yang baru, kamu bisa melihat langkahnya sebagai berikut.

Cara Mematikan HP OPPO

  • Buka kunci layar dari ponsel OPPO.
  • Tan tombol Power dan Volume Atas secara bersamaan.
  • Selanjutnya, kamu dihadapkan pada menu Power Off dan Restart
  • Geser tombol ke bawah hingga menuju menu Power Off.
    OPPO - Power - Power Off
  • Ponsel secara otomatis akan mati.

Bisa dibilang penggunaan kombinasi tombol Power dan Volume Atas masih mudah untuk dilakukan oleh pengguna awam sekalipun, namun memang sedikit berbeda dibandingkan generasi lama.

Sebenarnya OPPO pun telah menginformasikan perubahan ini ketikan ponsel pertama kali dinyalakan. Sementara itu, kamu yang mungkin kurang nyaman menggunakan kombinasi tombol ini bisa mengubahnya di pengaturan agar kembali seperti dulu.

Ubah Jadi Tombol Power Saja

  • Buka aplikasi Settings.
  • Pilih menu Additional settings.
    OPPO - Power - Additional settings
  • Tekan menu Power Button.
    OPPO - Power - Power Button
  • Pilih opsi Press and hold the power button.
    OPPO - Power - Press Hold
  • Pilih opsi Power Menu di bagian Select a function.
    OPPO - Power - Power Menu
  • Sekarang jika kamu menahan tombol Power akan diarahkan ke menu Power Off dan Restart.
  • Geser tombol ke bawah hingga menuju menu Power Off.
    OPPO - Power - Power Off

Tentunya kamu dapat menentukan metode mematikan ponsel sesuai dengan kebutuhan. Sementara jika kamu ingin menyalakan OPPO dari kondisi mati, maka dapat langsung menekan tombol Power selama beberapa detik hingga muncul logo OPPO.

Perlu diperhatikan bahwa pada saat menyalakan ponsel dari kondisi mati, kamu hanya boleh menekan tombol Power saja. Terkadang pada saat tidak sengaja menekan tombol Power sekaligus dengan Volume malah akan masuk ke Recovery Mode.

Recovery Mode sangat bermanfaat ketika kamu ingin memperbaiki ponsel ketika kondisinya sedang error seperti boot loop yang menyebabkan tidak bisa masuk ke halaman Home Screen. Recovery Mode pun terlihat sedikit menakutkan jika kamu pertama kali melihatnya, namun sebenarnya tidak perlu khawatir karena hanya tinggal keluar saja.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar