ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Lacak Bus TransJakarta Pakai Google Maps Untuk Tahu Lokasinya

Cara Lacak Bus di Google Maps Header

Gadgetren – Bus TransJakarta merupakan salah satu transportasi umum yang banyak digunakan oleh masyarakat di Jakarta karena harganya murah dan menjangkau banyak rute.

Sebelumnya bus TransJakarta yang sedang berjalan dapat dipantau melalui aplikasi Trafi di ponsel. Sayangnya sudah cukup lama aplikasi tersebut dimatikan sehingga kamu tidak bisa secara real-time mengetahui bus TransJakarta yang sedang berjalan.

Namun kabar gembiranya, baru-baru ini Bus TransJakarta yang sedang berjalan sudah dapat terpantau secara realtime melalui aplikasi Google Maps di ponsel sehingga kamu dapat mengetahui jadwal agar bisa naik Bus tepat waktu.

Cara Lacak Bus TransJakarta Pakai Google Maps

  1. Buka aplikasi Google Maps di ponsel.
  2. Pilih kolom Search di bagian atas.
    Google Maps - Bus Tracking - 1
  3. Ketik halte Busway TransJakarta yang kamu kunjungi atau sedang berada.
  4. Misalnya ketik Halte Monumen Nasional.
  5. Pada sugesti yang muncul, pilih Monumen Nasional yang di sebelahnya terdapat ikon angkutan.
    Google Maps - Bus Tracking - 2
  6. Selanjutnya, kamu akan diperlihatkan rute koridor apa saja yang dilayani.
  7. Pada peta akan terlihat logo bus di dalam lingkaran sebagai penanda bus TransJakarta yang sedang dalam perjalanan.
  8. Apabila logo bus tersebut ditekan, maka kamu akan melihat angka koridor beserta rute dan waktu saat melihat peta.
  9. Sementara logo Bus TransJakarta akan terlihat berjalan jalan hingga mendekati halte.
    Google Maps - Bus Tracking - 3

Bisa dibilang tampilan informasi dari bus TransJakarta pada aplikasi Google Maps memang belum selengkap aplikasi Trafi. Namun tetap saja hal ini akan membantu karena kamu dapat mengetahui sedang berada di mana bus TransJakarta yang sedang kamu tunggu.

Sementara biasanya Bus akan menggunakan alat pelacak yang nantinya dapat dibaca oleh sistem dan selanjutnya diolah untuk ditampilkan di Google Maps secara real-time (langsung).

Informasi yang ditampilkan terbilang sederhana, namun menariknya pada saat logo bus TransJakarta di Google Maps ditekan nantinya akan menampilkan semua keberadaan dan jam pada koridor Busway yang sedang ditunggu.

Google Maps - Bus Tracking - 4

Dengan adanya fitur tracking atau pelacakan bus TransJakarta tentunya akan membantu kamu mengetahui jadwal yang pasti dan keberadaan dari bus yang sedang ditunggu.

Namun terkadang ada beberapa halte yang tidak dapat memunculkan data dari Live Tracking Bus TransJakarta di Google Maps dan hanya halte-halte besar saja yang memperlihatkannya.

Semoga nantinya, Pemerintah dan Google dapat meningkatkan lagi data yang lebih lengkap dan akurat untuk bus TransJakarta di Google Maps agar bisa mendapatkan informasi yang lebih akurat.

Apalagi kalau data Live Tracking bus TransJakarta di Google Maps mampu seperti Trafi yang real-time dan interaktif., pastinya akan sangat membantu mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar