ASUS TUF Gaming FX507
Mading

Apa Itu Roaming Data yang Jadi Fitur Bawaan Berbagai Perangkat?

Apa Itu Roaming Data - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Tidak bisa dipungkiri bahwa berbagai macam ponsel kini memerlukan sambungan internet agar dapat berfungsi dengan baik karena sebagian fiturnya memang hanya bisa dioperasikan secara daring.

Di samping itu, layanan-layanan populer yang beredar sekarang pun biasanya hanya dapat dimainkan jika perangkat sudah tersambung ke jaringan internet. Termasuk di antaranya meliputi media sosial, aplikasi percakapan instan, hingga game sekalipun.

Makanya wajar jika berbagai macam perangkat yang membawa dukungan berselancar di internet dibekali dengan fitur khusus bernama Roaming Data. Jadi nanti bisa tetap digunakan untuk mengakses layanan daring di mana dan kapan saja.

Apa Itu Roaming Data?

Buat kamu yang belum tahu, Roaming Data adalah sebuah dukungan yang memungkinkan perangkat seluler tetap bisa terhubung dengan jaringan internet untuk mengakses berbagai macam layanan daring meskipun sedang berada dalam kondisi roaming.

Istilah roaming sendiri secara umum merujuk kepada kondisi di mana perangkat sedang berada di luar jaringan utama milik operator penyedia layanan seluler yang digunakan. Contoh nyatanya seperti saat kita membawa ponsel ke luar negeri atau daerah susah sinyal.

Saat berada di kondisi roaming, perangkat akan berusaha untuk meminjam jaringan dari operator seluler lain yang tersedia di sekitarnya. Jadi nanti tetap bisa digunakan untuk membuat dan menerima panggilan telepon maupun mengirim pesan SMS.

Mirip dengan fitur Data Seluler, Roaming Data pun akan mencoba menghubungkan perangkat dengan internet tetapi melalui jaringan yang dipinjam tersebut. Jika pengaturannya diaktifkan maka ponsel pun bisa langsung digunakan untuk berselancar ke dunia maya meskipun di luar jangkauan operator.

Cara Mengaktifkan Roaming Data

  • Buka halaman Settings.
  • Masuk ke menu pengaturan Mobile networks.
  • Cari dan buka bagian Data Roaming.
  • Aktifkan tombol sakelar untuk opsi Data Roaming.

Pengaturan untuk setiap model ponsel bisa berbeda-beda tergantung manufaktur, sistem operasi, maupun antarmuka yang digunakan. Langkah-langkah mengaktifkan Roaming Data di atas makanya kemungkinan akan membutuhkan beberapa penyesuaian di sejumlah perangkat.

Perlu diingat juga bahwa pulsa yang harus dikeluarkan saat mengakses internet di kondisi roaming biasanya akan lebih mahal dari tarif dasar pemakaian milik operator. Karena harus meminjam jaringan dari layanan lain, maka tentu akan ada biaya tambahan untuk hal itu.

Makanya, saya pribadi tidak terlalu menyarankan untuk membiarkan fitur Roaming Data selalu aktif. Kecuali jika memang sedang memakainya dan sudah membeli paket data internet khusus roaming yang disediakan oleh operator terkait.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar