ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik Handphone

Cara Extract File RAR dan ZIP di HP Biar Data Bisa Dipakai!

Cara Extract File di HP - Header

Gadgetren – Saat membagikan data dalam jumlah banyak atau berukuran sangat besar, sebagian orang memilih untuk menggunakan format ZIP atau RAR yang menawarkan sejumlah keuntungan.

Dengan menggunakan format ZIP atau RAR, kita dapat mengarsipkan banyak data ke dalam sebuah berkas. Ukurannya pun akan dimampatkan menjadi sedikit lebih kecil sehingga semakin mudah untuk dibagikan maupun disimpan.

Namun sayang, berkas dengan format ZIP atau RAR umumnya tidak bisa langsung digunakan begitu saja. Kita harus mengekstraknya terlebih dulu supaya data-datanya tersedia. Hal ini juga berlaku bagi para pengguna ponsel.

Cara Extract File di HP

  • Buka file manager ponsel.
  • Cari berkas ingin diekstrak.
  • Setelah ketemu, ketuk berkas tersebut.
    Cara Extract File di HP - 1
  • Pilih opsi Extract here untuk mengekstrak berkas di lokasi penyimpanan yang sama.
    Cara Extract File di HP - 2

Hampir semua ponsel kini dilengkapi dengan aplikasi file manager yang mumpuni. Di dalamnya terdapat berbagai macam dukungan yang dapat membantu pengguna mengelola data di mana termasuk fitur mengekstrak berkas.

Langkah-langkah yang diperlukan untuk menggunakan fitur tersebut sayangnya bisa berbeda-beda untuk setiap model perangkat tergantung pada versi antarmuka maupun sistem operasi yang digunakan. Namun secara umum, langkah-langkahnya dapat dilakukan seperti di atas.

Perlu diingat bahwa tidak semua file manager bawaan ponsel dapat mengekstrak semua jenis berkas. Apabila demikian, kita bisa memanfaatkan aplikasi pengelola berkas dari pihak ketiga seperti Solid Explorer yang sudah terbukti keunggulannya.

Sebagai alternatif lain, kita pun dapat memakai aplikasi yang memang dirancang secara khusus untuk mengarsipkan atau mengekstrak berkas. Salah satu di antaranya seperti RAR buatan RARLAB yang mana merupakan pengembang WinRAR.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

  • Pasang aplikasi RAR.
  • Buka aplikasi lalu atur perizinan yang diperlukan.
  • Cari berkas yang ingin diekstrak.
  • Tekan berkas tersebut selama beberapa detik sampai muncul menu pengelola data.
    Cara Extract File di HP - 3
  • Selanjutnya, pilih menu Extract here.
    Cara Extract File di HP - 4
  • Tunggu prosesnya hingga selesai.

Meskipun menggunakan nama RAR, aplikasi buatan RARLAB ini juga mendukung berbagai macam berkas dengan format lain. Kita bisa memakainya untuk mengekstrak mulai dari RAR, ZIP, TAR, GZ, BZ2, XZ, 7z, ISO, hingga ARJ.

Aplikasi RAR tersedia dan bisa digunakan secara gratis oleh semua pengguna ponsel. Hanya saja saat menggunakannya, kita dapat melakukan donasi sebesar Rp16.000 per tahun untuk membantu pengembangan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar