ASUS TUF Gaming FX507
Mading

Apa Itu Sharp XLED yang Tawarkan Kecerahan, Kontras, dan Warna Lebih Baik?

Apa Itu Sharp XLED - Header

Gadgetren – Teknologi layar memang terus berkembang dengan pesat. Makanya tidak mengherankan jika kita kini akan menjumpai berbagai macam panel yang diberi nama dengan istilah baru.

Sharp pun termasuk salah satu yang ikut meramaikan industri tersebut. Perusahaan itu baru saja memperkenalkan teknologi panel bernama XLED yang rencananya akan menjadi andalan mereka dalam mengembangkan layar televisi.

Seperti apa yang sudah bisa kita terka, panel layar XLED buatan Sharp pun menjanjikan kualitas penayangan gambar yang lebih baik dari sebelum-sebelumnya. Televisi-televisi yang mengadopsi teknologi ini diklaim bisa memanjakan mata para pengguna.

Apa Itu Sharp XLED?

XLED merupakan istilah yang dipakai oleh Sharp untuk menyambut teknologi panel Mini LED miliknya. Huruf X yang ditambahkan merujuk kepada frasa “excellent experience” atau bisa kita terjemahkan sebagai “pengalaman yang menakjubkan”.

Mini LED sendiri mengacu kepada teknologi pencahayaan panel yang memanfaatkan lampu LED berukuran sangat kecil. Oleh beberapa manufaktur, layar yang memanfaatkannya disebut dengan istilah berbeda seperti QNED (Quantum Nanocell Mini LED) untuk LG, Neo QLED (Quantum Dot LED TV) untuk Samsung, dan termasuk juga XLED buatan Sharp.

Dengan LED yang berukuran sangat kecil, pencahayaan pada sebuah panel secara teori bakal lebih efektif dan presisi. Manufaktur soalnya bisa menanamkan lebih banyak lampu yang dipakai untuk mengatur pola gelap terang dan kecerahan panel.

Untuk teknologi XLED, Sharp mengaku bahwa mereka menggunakan Mini LED berukuran sekitar sepersepuluh dari LED standar yang dipakai televisi tradisional. Jadi mereka pun bisa menanamkan lampu pencahayaan layar hingga 88 kali lebih banyak pada sebuah panel.

Dalam menggambar kualitas tayangan dari panel yang mengusung XLED, Sharp pun menggunakan jargon “True Brightness” dan “True Color”. Istilah pertama merujuk kepada tingkat kecerahan dan kontrasnya. Sementara yang kedua mengacu pada produksi warnanya.

Sederhananya, True Brightness memperlihatkan bahwa panel XLED mampu menghasilkan tingkat kecerahan tinggi daripada LCD secara umun dan kontras yang lebih presisi ketimbang kebanyakan OLED. True Color menunjukkan bagaimana teknologi Sharp mampu mengakomodasi hingga lebih dari 250 ekspresi warna merah, hijau, dan biru berkat The Deep Chroma QD.

Teknologi XLED di sisi lain sebenarnya bukan termasuk sesuatu yang benar-benar anyar. Sharp bahkan sudah mengembangkannya sejak Tahun 2021 meskipun baru diperkenalkan secara global pada awal Tahun 2023. Di Indonesia sendiri, kita pun baru menemukannya lewat jajaran televisi Aquos XLED (FV1 Series).

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar