Tips dan Trik

Download di Google Play Store Tertunda? Berikut Cara Mengatasinya!

Cara Mengatasi Download Google Play Tertunda Featured[Sumber: Pixabay]

Gadgetren – Sebagai toko aplikasi resmi, Google Play Store adalah tempat yang paling memungkinkan untuk mencari beragam aplikasi untuk perangkat Android.

Meskipun banyak penyedia layanan unduhan aplikasi dari pihak ketiga, Google Play Store merupakan tempat yang paling aman untuk mengunduh aplikasi resmi. Apapun aplikasi yang ingin diinstal, semua aplikasi di Google Play Store biasanya telah disaring terlebih dulu oleh pihak Google, agar pengguna tidak menginstal aplikasi yang terinfeksi virus atau malware.

Selain itu, Google Play Store juga akan memudahkan pengguna Android dalam mencari aplikasi yang tepat untuk perangkat miliknya. Selain menyediakan aplikasi gratis, terdapat pula sebagian aplikasi yang dapat diunduh dengan membelinya terlebih dulu dengan menggunakan sistem potong pulsa, Google Play Store Voucher, atau dengan menggunakan kartu debit atau kredit tergantung apa yang dimiliki oleh pengguna.

Google Play Store merupakan toko aplikasi yang sangat berguna, namun sayangnya beberapa kendala masih sering terjadi saat pengguna menggunakannya. Salah satu yang sering terjadi adalah proses download aplikasi di aplikasi resmi ini sering tertunda.

Bukan salah dari aplikasi Google Play Store-nya sih. Masalah seperti ini biasanya dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti konektivitas internet, kesalahan memilih opsi download atau karena adanya cache atau data lama yang masih tersimpan di ponsel sebelumnya.

Jika permasalahan yang terjadi karena beberapa hal tersebut, pengguna Android dapat menggunakan beberapa cara berikut untuk mengatasi download aplikasi yang tertunda di Google Play Store.

Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store

Reset Konektivitas

Sebelum mencoba cara ini, ada baiknya pengguna Android mengecek terlebih dulu opsi koneksi data yang digunakan untuk mengunduh aplikasi. Beberapa aplikasi, terutama yang memiliki data yang cukup besar, bisanya akan menyarankan menggunakan konektivitas Wi-Fi. Jika, pilihan ini tercentang, maka aplikasi tidak akan terunduh dengan koneksi seluler meskipun koneksi yang dimiliki sangat cepat.

Pilihan Konektivitas Untuk Mengatasi Download Google Play Tertunda Featured

Bagi pengguna yang sudah terlanjur menginstal dengan opsi pilihan konektivitas Wi-Fi, sebenarnya pengguna hanya perlu membatalkan unduhan, kemudian mengulanginya dengan tidak mencentang pilihan menggunakan Wi-Fi.

Namun, bagi pengguna yang tidak tersangkut pada permasalahan tersebut, kemungkinan penyebab unduhan aplikasi tertunda adalah koneksi jaringan internet yang sedang digunakan tidak sedang dalam kondisi prima.

Nah, jika ini permalahanya, pengguna hanya perlu mereset kembali jaringan seluler yang digunakan. Caranya sangat mudah, pengguna hanya perlu mengaktifkan mode terbang beberapa saat, kemudian mematikan mode tersebilut kembali.

Seting Mode Pesawat Cara Mengatasi Download Google Play Tertunda Featured

Bagi pengguna Android yang tidak tahu dimana mode terbang dapat diaktifkan, pengguna dapat mengaksesnya melalui menu quick seting dengan menarik ke bawah bar notifikasi yang berada di atas layar.

Saran saya, pastikan untuk mengunduh aplikasi melalui Google Play Store saat koneksi internet di jaringan seluler yang digunakan cukup cepat. Kita dapat berpindah ke lokasi atau tempat yang memiliki cukup sinyal.

Bersihkan Cache

Jika cara di atas belum dapat mengatasi permasalahan, bisa jadi gegara data sampah yang tersimpan sebelumnya. Cache atau data sampah memang sangat membantu banyak aplikasi dalam menjalankan prosesnya. Aplikasi tidak perlu mencari atau membuat data baru lagi dengan adanya cache yang tersimpan ini. Namun, beberapa permasalahan sering terjadi akibat data sampah tersebut.

Semisal dengan adanya data sampah ini, aplikasi tersangkut untuk menggunakan data tersebut tanpa memperbarui data tersebut padahal aplikasi perlu memperbaruinya. Hal seperti ini lah yang dapat menjadikan unduhan di  Google Play Store sering tertunda.

Untuk mengatasinya, pengguna Android hanya perlu membersihkan data-data cache yang dimiliki oleh aplikasi Google Play Store maupun seluruh cache yang ada di ponselnya. Berikut ini cara membersihkan cache spesifik milik Google Play Store :

Bersihkan Cache Cara Mengatasi Download Google Play Tertunda Featured

  1. Buka Settings
  2. Sekrol ke bawah, dan cari menu Apps
  3. Cari aplikasi Google Play Store dan ketuk pilihan tersebut
  4. Pilih Storage, dan kemudian pilih Clear cache

Muat ulang ponsel

Jika kedua cara di atas belum berhasil, maka langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah mereset ponsel ke kondisi awal, bukan ke data pabrik ya. Untuk melakukan hal ini, pengguna hanya perlu memuat ulang perangkatnya, atau istilah kerennya melakukan reboot atau restart.

Dengan melakukan restart, ponsel akan mereset ponsel ke kondisi prima. Beberapa pengaturan yang bersifat sementara akan dikembalikan ke kondisi semula. Oleh karena itu, biasanya cara ini dapat menjadi solusi untuk beberapa permasalahan yang muncul di gadget yang sedang digunakan.

Tinggalkan Komentar