ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Pakai Quick Share Samsung, Berbagi Berkas Lebih Mudah!

Cara Pakai Quick Share Samsung - Header

Gadgetren – Mengirim berkas mulai dari foto, video, hingga dokumen dapat dilakukan dengan mudah menggunakan sejumlah dukungan berbagi data saat kita memakai ponsel mutakhir Samsung.

Salah satunya, kita dapat menggunakan Quick Share. Dukungan baru Samsung ini memungkinkan kita berbagi data ke berbagai macam perangkat baik itu ponsel maupun komputer di mana bahkan dari merek yang lain.

Yang cukup menarik, kita dapat menggunakan fitur ini untuk membagikan data tidak hanya untuk perangkat yang dekat saja. Kita pun dapat memakainya untuk mengirimkan berkas ke daftar kontak dari jarak yang jauh.

Cara Pakai Quick Share Samsung

  • Cari berkas yang ingin dikirim melalui aplikasi Gallery atau My Files.
  • Jika ketemu, gunakan menu Share (ikon titik tiga terhubung).
  • Selanjutnya pilih menu Quick Share.
  • Pilih kontak atau perangkat yang mau dikirimi.

Quick Share mendukung setidaknya tiga jenis pengaturan pengiriman. Termasuk di antaranya meliputi Share to my devices untuk mengirim berkas ke perangkat dengan akun yang sama, Share to devices nearby untuk ponsel berdekatan, dan Share to contacts untuk orang di dalam kontak.

Selain itu, sebenarnya terdapat menu Share using QR Code di mana dapat digunakan untuk berbagi berkas ke perangkat yang tidak mendukung Quick Share. Kita yang ingin memakainya hanya perlu mengetuk ikon Kode QR selayaknya berbagi password WiFi di ponsel Samsung.

Menerima berkas yang dikirim menggunakan fitur Quick Share pun bisa dilakukan dengan sangat mudah. Hanya saja kita memang perlu mengatur beberapa hal supaya perangkat bisa melakukannya.

Menerima Berkas Quick Share Samsung

  • Buka Quick Settings di perangkat yang mau dikirimi.
  • Cari pintasan Quick Share.
  • Ketuk pintasan tersebut.
  • Ubah pengaturan Who can share with you sesuai kebutuhan.
  • Atur ke Your devices untuk menerima berkas dari perangkat yang terdaftar dengan akun sama.
  • Atur ke Contacts untuk menerima berkas dari daftar kontak.
  • Atur ke Everyone (Anyone nearby) untuk menerima dari perangkat yang berdekatan.
  • Setelah diatur, kirim berkas menggunakan langkah-langkah yang dijelaskan sebelumnya.
  • Ketuk tombol Accept apabila jendela notifikasi Quick Share sudah muncul.

Apabila menggunakan perangkat yang tidak mendukung Quick Share seperti iPhone atau iPad, menerima berkas pun dapat dilakukan dengan memindai Kode QR yang ditampilkan. Selanjutnya kita bisa mengakses tautan yang diberikan.

Hanya saja perlu dicatat, ada batasan jumlah dan ukuran saat kita menggunakan Quick Share melalui kode QR. Kita maksimal hanya dapat mengirim 1.000 berkas bersamaan dengan ukuran hingga 3GB per data dan 5GB per hari.

Karena sebenarnya menggunakan Samsung Cloud, berkas-berkas yang dikirim dengan kode QR Quick Share juga tersedia secara terbatas. Samsung soalnya akan menghapusnya secara otomatis setelah jangka waktu tertentu.

Fitur Quick Share Samsung dapat digunakan untuk mengirimkan berbagai macam jenis data seperti gambar, video, dokumen, hingga berkas lainnya. Dukungan ini kini pun sudah tersedia di berbagai macam perangkat dengan sistem Android generasi baru.

Dengan hadirnya fitur Quick Share, ponsel-ponsel Samsung pun dapat membantu kita bekerja secara lebih produktif di mana khususnya saat menggunakan banyak perangkat atau berkolaborasi dengan orang lain. Menggenapi fitur-fitur yang sudah ada seperti membagi jendela layar.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar