ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Apa Maksud Mode Aman HP Xiaomi? Ini Penjelasannya!

Apa Maksud Mode Aman Xiaomi - Header

Gadgetren – Meskipun menggunakan antarmuka buatan mereka sendiri, Xiaomi sebenarnya masih mengandalkan sistem operasi Android untuk mempersenjatai lini perangkatnya seperti kebanyakan manufaktur.

Oleh karena itu, lini perangkat buatan mereka pun mempunyai berbagai macam dukungan khas sistem operasi Android yang lumayan membantu. Termasuk di antaranya kita nanti bisa menemukan mode aman atau safe mode.

Dukungan tersebut secara khusus memungkinkan kita mengatasi sebagian masalah yang muncul di ponsel Android. Hanya saja perangkat yang sedang mengaktifkannya memang tidak akan cocok untuk pemakaian sehari-hari sehingga perlu keluar jika tak sengaja masuk.

Apa Maksud Mode Aman Xiaomi?

Mode aman merupakan sebuah mode diagnosis yang terdapat di dalam sebuah sistem operasi. Fungsinya untuk melakukan identifikasi permasalahan terutama yang berkaitan dengan serangan peranti lunak jahat atau malware.

Ketika mengaktifkan mode tersebut, sebuah perangkat akan beroperasi dengan dukungan dan fungsi yang sangat terbatas. Hanya komponen, aplikasi, dan layanan penting saja yang akan dijalankan. Fitur seperti sambungan seluler, Bluetooth, WiFi, hingga suara akan dinonaktifkan.

Dengan menonaktifkan komponen-komponen yang tidak begitu esensial, perangkat pun dapat mengisolasi permasalahan. Hingga pada akhirnya kita nanti bisa lebih mudah untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah yang muncul.

Di ponsel Xiaomi, isolasi ini misalnya dapat digunakan untuk membatasi serangan malware yang bisa membuat perangkat menjadi eror atau tidak beroperasi dengan baik. Memungkinkan kita menemukan aplikasi bersangkutan kemudian menghapusnya.

Untuk Masuk ke Mode Aman Xiaomi

  • Matikan ponsel Xiaomi dengan cara yang diinginkan.
  • Gunakan kombinasi tombol Power dan Volume Up untuk menyalakan perangkat.
  • Lepaskan tombol Power setelah logo ponsel muncul.
  • Lepaskan tombol Volume Up setelah masuk ke Recovery.
  • Gunakan tombol Volume untuk mengubah pilihan ke menu Safe Mode.
  • Tekan tombol Power untuk memilihnya.
  • Tunggu perangkat menyala ke mode aman.
  • Mode aman umumnya ditandai dengan keterangan yang sesuai di bagian pojok kiri bawah layar.
    Apa Maksud Mode Aman Xiaomi - 1
  • Gunakan mode aman sesuai kebutuhan.

Untuk masuk ke mode aman pada ponsel Xiaomi, kita umumnya perlu menggunakan kombinasi tombol tertentu atau mengaksesnya lewat menu yang ada di dalam mode recovery.

Hanya saja pada beberapa kasus, mode aman kadang-kadang memang bisa aktif sendiri. Misalnya karena kita tanpa sengaja menekan kombinasi tombol pemicu mode tersebut ketika menyalakan ponsel atau perangkat terkait memang sedang mengalami masalah.

Karena dukungan dan fungsi akan dibatasi, perangkat dengan mode aman sayangnya tidak bisa digunakan senyaman kondisi normal. Keluar dari mode tersebut tidak serumit mengembalikan perangkat yang masuk ke mode fastboot dan recovery.

Untuk Keluar dari Mode Aman Xiaomi

  • Identifikasi dan selesaikan masalah yang muncul.
  • Jika sudah, tekan tombol Power sampai menu pengaturan daya muncul.
  • Pilih menu Reboot.
    Apa Maksud Mode Aman Xiaomi - 2
  • Konfirmasi dengan mengetuk Tap to reboot.
    Apa Maksud Mode Aman Xiaomi - 3
  • Biarkan perangkat Xiaomi sampai menyala kembali.

Hampir sama dengan mengatasi sejumlah masalah ringan di perangkat Xiaomi seperti mode headset yang tidak segera menghilang, kita dapat keluar dari mode aman hanya dengan memuat ulang perangkat. Kita tidak perlu mengatur atau menggunakan kombinasi tombol apapun.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar