Tips dan Trik

Cara Menambahkan Metode Pembayaran Telkomsel di Google Play Store

Cara Menambahkan Metode Pembayaran Telkomsel Play Store - Header

Gadgetren – Sistem potong pulsa bisa menjadi alternatif tepat untuk melakukan pembayaran di layanan Google Play. Dengan sistem ini, kita bisa membeli game, aplikasi, atau item dengan sangat mudah.

Secara sederhana, kita hanya perlu melakukan pengisian pulsa tanpa perlu kartu kredit yang belum tentu semua orang memilikinya atau Google Play Gift Card yang tidak semua toko menjualnya. Kita cukup mengisi pulsa pada kartu operator yang digunakan.

Kabar baiknya, hampir semua operator yang beroperasi di Indonesia termasuk Telkomsel telah menyediakan layanan semacam ini. Bahkan beberapa telah menyelenggarakan program khusus yang tentunya akan menguntungkan para penggunanya.

Maka dari itu pelanggan Telkomsel bisa menambahkan operator kesayangannya tersebut ke Metode Pembayaran di layanan Google Play Store agar semakin mudah dalam melakukan transaksi pembayaran.

Cara Menambahkan Metode Pembayaran Telkomsel di Google Play Store

  1. Buka Google Play Store.
  2. Tekan ikon hamburger (menu) di pojok kiri atas.
  3. Masuk ke dalam opsi Payment methods.
  4. Kemudian klik pada Use Telkomsel billing.
  5. Jika muncul konfirmasi untuk mengaktifkan, tekan tombol ENABLE.
  6. Tunggu proses verifikasi.
  7. Jika berhasil, akan muncul Telkomsel di halaman Payment methods.

Langkah Menambahkan Metode Pembayaran Telkomsel di Play Store

Agar benar-benar berhasil dilakukan, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Selain harus mengatur Telkomsel sebagai SIM untuk SMS dan telepon untuk verifikasi, kita juga harus memberikan izin SMS dan telepon untuk Google Play.

Untuk mengatur SIM, kita bisa masuk ke bagian Settings dari perangkat yang digunakan, lalu masuk ke SIM Card Manager yang lokasinya bisa berbeda-beda, tergantung dari sistem operasi yang digunakan. Selanjutnya, ubah Call dan Text message pada bagian Preferred ke kartu SIM Telkomsel.

Sedangkan untuk mengatur izin Google Play, kita bisa membuka App Manager (namanya bisa berbeda-beda) dari Settings. Kemudian dari halaman tersebut, cari dan pilih Google Play Store. Jika sudah berada di dalam halaman info dari aplikasi Google Store, masuk ke bagian Permissions dan aktifkan izin SMS dan Telephone.

Cara Menghapus Metode Pembayaran di Google Play

Selain bisa menambahkan opsi pembayaran Telkomsel ke Google Play, kita juga bisa menghapusnya jika suatu saat kita tidak ingin menggunakannya lagi atau nomor telepon yang digunakan tidak sengaja hangus atau diblokir.

Langkah hapus metode pembayaran

Untuk melakukannya, buka halaman Payment methods seperti yang dijelaskan sebelumnya. Selanjutnya ketuk opsi More payment settings. Secara otomatis kita akan dilempar ke halaman web dan diminta untuk login. Jika sudah login, ketuk tombol Remove di bagian Telkomsel. Jika muncul konfirmasi penghapusan, tekan Remove sekali lagi.

Tinggalkan Komentar