ASUS TUF Gaming FX507
Tablet

8 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2024, Tak Kalah Menarik!

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2024 - Header

Gadgetren – Samsung Galaxy Tab S6 Lite kini hadir kembali di tahun 2024 sebagai sebuah tablet baru yang dapat dipertimbangkan saat kita memerlukan perangkat untuk bekerja hingga menikmati hiburan.

Perangkat tersebut apalagi dibanderol cukup terjangkau di mana kita sudah dapat meminangnya hanya dengan dana Rp 4.999.000. Lebih terjangkau ketimbang versi 2020 maupun 2022 yang sebelumnya dibanderol dengan harga normal lebih dari Rp6 jutaan.

Dukungan yang ditawarkan oleh Galaxy Tab S6 Lite (2024) juga tergolong cukup lengkap. Kita pun dapat melihatnya sebagai kelebihan yang bisa dipertimbangkan sebelum meminang perangkat tablet terjangkau Samsung tersebut.

Kelebihan Samsung Galaxy Tab S6 Lite (2024)

1. Dapur Pacu Semakin Mumpuni

Pada versi 2024, Samsung menyegarkan Galaxy Tab S6 Lite salah satunya dengan mengganti bagian dapur pacu. Tablet generasi baru tersebut kini mempunyai chipset dengan arsitektur inti yang berkecepatan lebih tinggi.

Samsung memang tidak mengungkapkan jenis chipset yang digunakan secara gamblang. Namun berdasarkan keterangan mereka, Galaxy Tab S6 Lite (2024) disokong dengan empat buah inti berkecepatan hingga 2,4GHz dan empat buah inti sampai 2,0GHz.

Jika sama dengan spesifikasi yang digunakan oleh versi Global, chipset Galaxy Tab S6 Lite (2024) merujuk kepada Samsung Exynos 1280. Termasuk salah satu di antara sebagian chipset yang menjadi andalan Samsung dalam merilis ponsel menengah bertenaga.

2. Layar Luas dengan Resolusi Tinggi

Seperti kebanyakan tablet di masa sekarang, Galaxy Tab S6 Lite (2024) juga dilengkapi dengan layar berukuran besar. Perangkat tersebut mempunyai panel yang membentang hingga seluas 10,4 inci yang mampu membuat kita sedikit lebih produktif.

Dengan panel berukuran besar ini, kita pun dapat melihat konten dengan lebih jelas. Kita yang ingin membuka beberapa jendela aplikasi secara bersamaan pun tidak perlu khawatir tampilannya akan banyak terpotong saat layar dibagi.

Resolusi gambar yang didukung oleh panel Galaxy Tab S6 Lite (2024) apalagi juga tergolong cukup tinggi. Layarnya secara khusus mendukung hingga WUXGA+ (2000 x 1200 piksel) yang secara teknis bisa menampilkan konten-konten secara lebih jelas.

3. Sudah Membawa S Pen dalam Paket Penjualan

Dibanderol dengan harga tidak lebih dari Rp5 juta, paket penjualan Galaxy Tab S6 Lite (2024) menariknya sudah mencakup aksesori S Pen yang dapat digunakan untuk corat-coret di layar. Jadi kita tidak perlu membelinya secara terpisah.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2024 - 1

Aksesori S Pen yang diberikan dalam paket penjualan Galaxy Tab S6 Lite (2024) apalagi juga sudah diintegrasikan dengan sangat baik. Bahkan selain dapat mempermudah aktivitas dengan fitur-fiturnya, kita pun tidak perlu mengisi baterai dengan adaptor secara terpisah saat kehabisan daya.

Dibandingkan dengan tablet di lini Samsung Galaxy yang sudah ada, Galaxy Tab S6 Lite (2024) pun menjadi salah satu perangkat yang membawa S Pen dengan harga paling terjangkau pada saat artikel diterbitkan.

4. Disokong Antarmuka Sistem One UI 6.1

Selaras dengan perubahan dapur pacu yang ditawarkannya, Galaxy Tab S6 Lite (2024) kini juga sudah mengusung sistem operasi terbaru Samsung. Jadi kita tidak perlu menunggu untuk melakukan pembaruan lagi setelah membeli perangkat tersebut.

Dalam hal ini, Galaxy Tab S6 Lite (2024) sudah didistribusikan dengan antarmuka One UI 6.1. Sistemnya pun berjalan dengan Android 14 sehingga kita bisa langsung menikmati fitur dan pengalaman menggunakan perangkat seluler terbaru.

5. Dukungan Audio yang Baik

Tidak hanya untuk hal-hal yang bersifat produktif, tablet baru tersebut pun akan sangat cocok untuk kita yang ingin menikmati hiburan seperti menonton film atau mendengarkan musik. Galaxy Tab S6 Lite (2024) soalnya juga dilengkapi dukungan audio yang baik.

Untuk keluaran suaranya, Galaxy Tab S6 Lite (2024) sudah dilengkapi dengan speaker ganda yang disetel oleh AKG. Terdapat juga dukungan dari teknologi Dolby Atmos yang menjanjikan pengalaman mendengarkan secara lebih baik.

Kekurangan Samsung Galaxy Tab S6 Lite (2024)

1. Pilihan Warna dan Memori Terbatas

Sayangnya di balik berbagai macam keunggulannya, Galaxy Tab S6 Lite (2024) memang bukan perangkat yang benar-benar sempurna. Masih ada beberapa kekurangan yang hadir dan perlu dipertimbangkan sebelum membelinya.

Salah satu di antaranya, perangkat tersebut kini tersedia dengan varian yang sangat terbatas. Kita dalam hal ini bahkan hanya akan menemukan Galaxy Tab S6 Lite (2024) dengan warna Oxford Gray saja padahal sebelumnya terdiri dari tiga pilihan berbeda.

Di sisi lain, Galaxy Tab S6 Lite (2024) juga tersedia dalam satu konfigurasi memori saja. Perangkat tersebut hanya mempunyai varian dengan RAM berkapasitas 4GB dengan penyimpanan internal sebesar 128GB.

2. Pengisi Daya Rendah

Baterai yang digunakan Galaxy Tab S6 Lite (2024) juga tergolong sangat besar. Dengan kapasitas hingga 7.040mAh, perangkat tersebut pun dapat bertahan cukup lama untuk pemakaian sehari-hari di mana bahkan bisa sampai 14 jam untuk menonton video.

Hanya saja, kapasitas baterai yang besar ini justru bisa menjadi bumerang tersendiri untuk pengguna Galaxy Tab S6 Lite (2024). Perangkat tersebut soalnya hanya disokong dengan teknologi pengisian daya sampai 15W saja.

Artinya, proses pengisian daya di Galaxy Tab S6 Lite (2024) memerlukan durasi yang lebih lama. Kita yang tidak mau terganggu pun perlu menyiapkan waktu khusus untuk melakukannya seperti malam hari ketika kita tidur.

3. Proteksi Layar Dipertanyakan

Bagian layar yang menjadi keunggulan dari tablet Samsung tersebut juga mempunyai sebuah kekurangan. Meskipun berukuran sangat besar, belum diketahui apakah panelnya sudah dilengkapi dengan lapisan proteksi terpercaya seperti Corning Gorilla Glass atau belum.

Saat mempertimbangkan untuk meminangnya, kita makanya perlu menyiapkan dana lebih untuk membeli lapisan tambahan seperti screen guard, tempered glass, atau hydrogel. Takutnya layar tablet tersebut akan tergores-gores atau bahkan terbentur ketika digunakan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar