ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Melihat QR Code WiFi di HP OPPO Untuk Dibagikan

Cara Melihat QR Code WiFi di HP OPPO Header

Gadgetren – Jaringan WiFi kerap memberikan koneksi internet yang stabil dan lancar dibandingkan mengandalkan jaringan seluler.

Pada saat sudah tersambung dengan jaringan WiFi, kamu pun bisa membagikannya ke perangkat lain tanpa perlu repot-repot memilih jaringan dan memasukkan password terlebih dulu.

Kamu dapat memanfaatkan fitur QR Code WiFi pada ponsel OPPO yang dapat dimunculkan secara mudah. Selanjutnya, QR Code WiFi yang muncul tersebut hanya tinggal dipindai oleh ponsel yang lain dengan fitur scan QR Code masing-masing.

Cara Melihat QR Code WiFi di HP OPPO

  1. Buka kunci layar ponsel OPPO.
  2. Pastikan ponsel sudah terhubung dengan jaringan WiFi.
  3. Akses aplikasi Settings.
  4. Pilih menu Wi-Fi.
  5. Pilih nama Wi-Fi yang terhubung.
  6. Pada ColorOS 12 ke bawah, pilih opsi Wi-Fi QR Code
  7. Pada ColorOS 13 ke atas, pilih opsi Share.
  8. Masukkan password, PIN, Pattern, atau sensor fingerprint dari ponsel.
  9. Nantinya muncul menu pop-up yang berisikan nama WiFi, password, QR Code, dan tombol Nearby

Pada saat menu pop-up QR Code WiFi muncul, kamu dapat melihat nama WiFi beserta password atau sandi yang bisa kamu bagikan ke perangkat lain.

Bagikan QR Code WiFi

  1. Tekan tombol Nearby pada menu pop-up munculnya nama WiFi, password, QR Code,
  2. Selanjutnya, fitur Quick Share akan aktif.
  3. Aktifkan juga fitur Quick Share di ponsel lainnya.
  4. Nantinya ponsel lain akan muncul di bagian Quick Share di ponsel OPPO kamu
  5. Pilih ponsel lain tersebut.
  6. Tekan Accept di ponsel lain.

Biasanya fitur Scan QR Code WiFi memiliki ikon QR Code di dalam kotak atau bisa juga sebuah garis di dalam kotak. Tentunya jika proses pemindaian berhasil, maka ponsel lain dapat dengan cepat juga terhubung dengan jaringan Wii-Fi yang sama.

Namun pada saat kamu malas untuk mengaktifkan fitur Scan QR Code WiFi, sebenarnya kamu juga dapat membagikan QR Code WiFi tersebut dengan hanya perlu menekan tombol Nearby yang telah tersedia.

Namun kamu perlu pastikan ponsel OPPO maupun ponsel yang dituju telah mengaktifkan fitur Quick Share. Sebelumnya Quick Share sendiri bernama Nearby Share yang memang memungkinkan antar perangkat berbasis Android dapat berbagi data secara cepat menggunakan koneksi WiFi Direct.

Kamu pun dapat mengetahui password WiFi pada ponsel OPPO yang tentunya berguna bagi perangkat lain yang tidak dibekali dengan fitur pemindaian QR Code WiFi secara bawaan.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar