Smartphone Tips dan Trik

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di Handphone Android

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di Handphone Android[Ilustrasi: Pixabay]

Gadgetren – Memori internal merupakan salah satu bagian penting dari handphone karena dapat digunakan untuk menyimpan data seperti aplikasi dan file.

Namun apa jadinya apabila kamu mendapatkan pesan di handphone berupa kapasitas penyimpanan internal sudah hampir habis? Selain notifikasi ini mengganggu, biasanya memori internal penuh dapat menyebabkan sistem pada handphone berjalan agak lambat.

Memori internal penuh ini disebabkan karena banyaknya file yang disimpan dan aplikasi yang dipasang di handphone. Jika kamu mengalami masalah tersebut, maka kamu dapat mengatasi permasalahan ini dengan beberapa solusi.

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh

Gunakan microSD Untuk Data Pribadi

Memori internal penuh biasanya diakibatkan karena banyaknya file yang disimpan pada handphone terlalu banyak. Untuk itulah, kamu dapat memanfaatkan microSD untuk menyimpan data seperti foto, video, maupun lagu.

Sementara itu, kamu sebaiknya jangan memindahkan aplikasi ke microSD karena kecepatan tulis dan bacanya tidak secepat memori internal. Bahkan kini banyak sistem operasi tidak mengizinkan untuk aplikasi dipindahkan ke microSD karena malah sering menimbulkan masalah.

Pindahkan Data ke Penyimpanan Eksternal

Apabila handphone kamu tidak mempunyai dukungan microSD, maka sebaiknya kamu memindahkan file seperti video atau foto yang sudah tidak diperlukan ke penyimpanan eksternal seperti penyimpanan cloud, HDD eksternal, SSD eksternal, Flashdrive, maupun penyimpanan komputer.

Kamu dapat secara mudah memanfaatkan penyimpanan cloud gratis, seperti Google Drive atau OneDrive, secara langsung di handphone selama memiliki akses internet. Sementara itu, kamu dapat memanfaatkan fitur USB On-The-Go apabila ingin memindahkan data ke HDD eksternal, SSD eksternal, atau Flashdrive dari handphone.

Adapun pemindahan file dari handphone ke penyimpanan komputer dapat dilakukan dengan mudah melalui kabel data. Namun kini juga telah terdapat aplikasi yang memungkinkan pemindahan data ke komputer secara nirkabel.

Bersihkan Cache Aplikasi

Pada beberapa jenis aplikasi baik itu game, chat, maupun jejaring sosial biasanya memiliki cache yang menumpuk dan memakan banyak kapasitas penyimpanan. Hal ini tentunya menjadi salah faktor yang membuat memori internal penuh. Kamu dapat melakukan Clear Cache pada halaman Aplikasi di menu Settings bawaan handphone.

Bersihkan dengan Aplikasi Cleaner

Handphone masa kini sudah biasanya sudah mempunyai aplikasi cleaner bawaan. Namun apabila pada perangkat kamu tidak memilikinya, maka dapat langsung mengunduh aplikasi cleaner dari pihak ketiga seperti CCleaner, Phone Cleaner, dan lainnya dari Google Play Store.

Biasanya aplikasi Cleaner akan memeriksa handphone dan menghapus berbagai file sampah yang tidak diperlukan. Bahkan aplikasi ini juga akan memberikan saran kepada kamu mengenai foto, video, dokumen, atau lagu yang sebaiknya dihapus, duplikasi, atau dipindahkan agar tidak membuat memori internal penuh.

Hapus Aplikasi yang Memakan Banyak Data

Biasanya beberapa aplikasi jejaring sosial masa kini akan memiliki data yang banyak memakan kapasitas memori internal. Untuk itulah kamu dapat menghapus aplikasi-aplikasi tersebut dari handphone dan sebagai alternatifnya dapat langsung membuka dari situs resmi di browser.

Selain itu, sebaiknya kamu juga tidak perlu install game dengan ukuran data yang besar apabila memori internal pada handphone kamu tidak terlalu besar. Kamu pun bisa menghapus aplikasi yang jarang digunakan agar tidak menumpuk.

Tinggalkan Komentar