Tips dan Trik

Cara Menghapus Data Aplikasi di Smartphone Android

Cara Menghapus Data Aplikasi di Smartphone Android Header

Gadgetren – Dalam sebuah smartphone Android, aplikasi memegang peranan penting karena dapat membantu penggunanya dalam aktivitas sehari-hari.

Biasanya aplikasi ini akan berisikan berbagai macam fungsi, mulai dari mengedit dokumen, mengedit foto, game, menjalankan video, memutar musik, mengunggah di media sosial, mengambil foto, menghitung angka, dan masih banyak lagi.

Dengan banyak fungsi ini, membuat pengguna smartphone Android bergantung pada aplikasi setiap harinya. Namun terkadang terdapat aplikasi yang benar-benar menyimpan data sangat besar sehingga sangat memakan kapasitas penyimpanan internal pada sebuah smartphone Android.

Hal ini membuat sebagian orang di Indonesia merasa penasaran mengenai cara menghapus data aplikasi untuk bisa membuat kapasitas penyimpanan internal perangkat miliknya menjadi lega kembali.

Meskipun kapasitas internal dari smartphone menjadi lebih lega, namun risikonya beberapa data yang disimpan di-cache akan hilang. Misalnya saja kamu akan disuruh untuk login kembali pada aplikasi yang membutuhkan akses akun karena cache pengingat akun dan kata sandi telah dihilangkan.

Namun kabar baiknya, beberapa data aplikasi yang tidak terlalu penting akan ikut terhapus juga. Untuk itu, bagi kamu yang penasaran mengenai cara menghapus data aplikasi di smartphone Android maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Menghapus Data Aplikasi di Smartphone Android

  1. Pada home screen, kamu dapat memilih menu atau aplikasi Settings
  2. Selanjutnya, kamu dapat mencari menu Apps atau Apps Manager (tergantung seri dan merek smartphone) pada menu Settings
  3. Kemudian, kamu dapat mencari aplikasi yang ingin datanya dihapus
  4. Setelah aplikasi dipilih, maka kamu memilih menu Storage
  5. Pada halaman Storage, kamu dapat langsung memilih Clear Data
  6. Setelah dipilih, maka smartphone akan secara otomatis menghapus data aplikasi beserta cache yang dimilikinya

Hapus Data Aplikasi Android

Terlihat cara untuk menghapus data ini dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Namun sebelum menghapus data dari sebuah aplikasi, sebaiknya kamu berpikir terlebih dahulu karena apabila aplikasinya membutuhkan akun maka secara otomatis akan meminta login.

Namun memang biasanya sebagian orang melakukan penghapusan data aplikasi di smartphone dengan Clear Data karena ukuran datanya sudah benar-benar hampir menghabiskan kapasitas penyimpanan internal apalagi smartphone Android dengan storage internal yang mempunyai kapasitas kecil.

Bagi kamu yang mengetahui cara lain untuk menghapus data aplikasi di smartphone Android maka dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini.

Tinggalkan Komentar