Aplikasi

Cara Download atau Akses Google Classroom di Komputer, Laptop, dan Ponsel

Cara Download Google Classroom di Laptop Header

Gadgetren – Google Classroom menjadi salah satu layanan yang bisa digunakan untuk menggelar proses belajar mengajar secara daring dalam rangka memenuhi himbauan belajar di rumah akibat COVID-19.

Layanan edukasi yang dikembangkan oleh Google pada Agustus 2014 ini menyediakan berbagai macam perlengkapan yang bisa digunakan untuk menggelar proses pembelajaran yang produktif dan berarti.

Pada masa penyebaran COVID-19 yang sedang ramai, layanan ini sangat cocok untuk digunakan karena dapat merampingkan bentuk penugasan (penilaian), meningkatkan kolaborasi, serta membina jalinan komunikasi.

Apalagi dalam hal ini, Google Classroom juga terintegrasi dengan beberapa layanan bermanfaat buatan Google yang lain seperti Google Docs, Google Sheets, Google Drive, Google Calendar, dan lain sebagainya.

Pengajar maupun siswa pun bisa menggunakannya dengan mudah di mana dan kapan pun karena layanan tersedia dalam bentuk aplikasi seluler dan web yang bisa diakses melalui ponsel pintar maupun komputer.

Bagi kamu yang menggunakan ponsel pintar, kamu bisa mengunduh aplikasi Google Classroom melalui Google Play Store jika menggunakan perangkat berbasis Android atau Apple App Store jika menggunakan perangkat berbasis iOS.

Sementara bagi pengguna komputer berbasis Windows maupun MacOS, kamu tak perlu mengunduh aplikasi apapun karena layanan pembelajaran ini hanya tersedia dalam bentuk web yang bisa diakses melalui halaman http://classroom.google.com/.

Namun jika kamu menggunakan komputer atau laptop berbasis ChromeOS, kamu bisa mengunduh aplikasi Google Classroom melalui halaman Chrome Web Store dengan menekan tombol Add to Chrome.

Kabar baiknya, kamu yang menggunakan peramban Google Chrome di komputer Windows atau MacOS sementara ini juga bisa menambahkan Google Classroom sebagai aplikasi dengan cara yang sama seperti cara di atas sehingga kamu bisa lebih mudah mengakses layanan.

Namun perlu dicatat, Google akan segera menghapus dukungannya untuk berbagai macam aplikasi Chrome untuk peramban di Windows, MacOS, dan Linux di masa mendatang. Berdasarkan keterangan yang diungkapkan Google dalam halaman dukungannya, hal ini akan dimulai pada bulan Juni 2020 mendatang.

Guna mengakses layanan edukasi ini, kamu pun memerlukan akun Google. Kamu dalam hal ini bisa menggunakan akun G Suite for Education untuk sekolah atau instansi yang bekerja sama dengan Google maupun akun Google pada umumnya.

Tinggalkan Komentar