Tips dan Trik

Cara Pakai OK Google di Smartphone

OK Google Header

Gadgetren – OK Google merupakan kode perintah suara yang biasanya digunakan oleh pengguna smartphone Android untuk mengaktifkan fitur Google Assistant sehingga dapat membantu dalam aktivitas sehari-hari.

Dengan hadirnya Google Assistant ini pun memungkinkan pengguna smartphone Android bisa menjalankan alarm dengan perintah suara, memesan makanan melalui perintah suara, bahkan mengetahui lokasi tujuan dengan perintah suara.

Hal ini lah yang selalu dikembangkan oleh Google untuk membuat Google Assistant semakin cerdas yang kini pun telah ditanamkan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Nah, bagi Gadgeter yang penasaran untuk memakai OK Google maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut :

  1. Pertama-tama Gadgeter dapat menyalakan smartphone Android terlebih dahulu
  2. Selanjutnya, Gadgeter dapat menahan lama tombol Home pada smartphone
  3. Nantinya menu untuk aktivasi Google Assistant akan muncul
  4. Setelah muncul, Gadgeter dapat langsung mengikuti langkah panduan dari Google dengan menekan tombol Continue dan Next
  5. Bahkan Google pun akan memberikan panduan untuk mengaktifkan perintah suara OK Google pada langkah panduan ini dan Gadgeter hanya tinggal mengikutinya hingga selesai
  6. Setelah Google Assistant aktif, nantinya Gadgeter hanya tinggal memberikan perintah OK Google setiap ingin mengaktifkan fiturnya
  7. Namun apabila perintah OK Google belum aktif maka dapat menekan tombol Home cukup lama agar muncul Google Assistant.
  8. Setelah Google Assistant muncul maka Gadgeter dapat langsung memberikan perintah OK Google

Bisa dibilang OK Google ini merupakan perintah suara yang cukup menarik karena hanya dengan ucapan singkat dapat mengaktifkan asisten virtual dari Google untuk membantu aktivitas sehari-hari.

Kita juga dapat memberikan beragam perintah pada Google Assistant, mulai dari mengaktifkan alarm, mencari rute jalan, mengetahui prediksi cuaca, mengetahui kurs rupiah, mendengarkan candaan, dan masih banyak lagi.

Sayangnya Google Assistant ini hanya bisa berfungsi dengan baik ketika pengguna smartphone Android sedang terkoneksi dengan internet karena akan langsung tersambung dengan data Google.

Namun apabila penggunanya sedang tidak terkoneksi di internet maka Google akan memberitahukan bahwa Google Assistant tidak dapat digunakan karena sedang tidak terhubung dengan jaringan selular atau WiFi.

Menariknya lagi, Google Assistant sendiri kini sudah menjadi lebih pintar dibandingkan SIRI maupun Cortana. Hal ini memang wajar mengingat Google memiliki banyak data dan informasi dari seluruh dunia.

Bahkan dulu OK Google pun pernah digunakan untuk mengaktifkan Google Glass yang merupakan kacamata pintar hasil pengembangan Google. Namun hingga saat ini proyek Google Glass tidak berlanjut.

Tinggalkan Komentar