ASUS TUF Gaming F15
Aplikasi

Apa Itu TikTok Notes? Layanan Baru Mirip Instagram!

Apa Itu TikTok Notes - Header

Gadgetren – Setelah sukses dengan media sosial berbasis video singkat miliknya, TikTok kini meluncurkan sebuah layanan baru bernama TikTok Notes yang mana mempunyai konsep sedikit berbeda.

Alih-alih kembali menyasar para pengguna yang gemar membagikan video singkat, TikTok Notes cenderung lebih mirip dengan Instagram. Hanya saja layanan media sosial baru tersebut memang menghadirkan tampilan yang lebih segar.

Membawa konsep yang sedikit berbeda dari aplikasi TikTok sebelumnya, layanan media sosial tersebut pun tentu bisa menjadi alternatif baru bagi kita yang ingin menuangkan berbagai macam aktivitas atau keseharian kita dalam bentuk konten.

Apa Itu TikTok Notes?

Oleh pengembangnya, TikTok Notes disebut sebagai sebuah platform gaya hidup yang mana secara khusus dirancang untuk mengakomodasi berbagai konten informatif tentang kehidupan sehari-hari dalam bentuk gambar dan teks.

Lewat layanan tersebut, kita diharapkan dapat menemukan berbagai macam hal mulai dari tips melakukan perjalanan hingga resep membuat masakan harian. Kita pun dapat memakainya untuk membagikan hasil kreativitas.

Meskipun membawa konsep serupa, tampilan TikTok Notes sedikit berbeda dari Instagram. Konten-konten dalam lini masa atau halaman utama dari aplikasi tersebut misalnya akan ditampilkan dalam dua kolom.

Mirip seperti aplikasi TikTok reguler, layanan media sosial tersebut juga akan membagi halaman lini masanya dalam dua tab terpisah. Following untuk menampilkan konten-konten dari pengguna yang kita ikuti dan For you untuk rekomendasi berdasarkan algoritmanya.

Apa Itu TikTok Notes - 1

Yang cukup menarik, kita nantinya tidak hanya dapat membagikan foto maupun gambar dengan menambahkan keterangan atau caption saja. TikTok Notes juga akan mengizinkan kita membuat judul atau headline pada konten-konten yang diunggah.

Hanya saja, dukungan awal yang dimiliki TikTok Notes benar-benar mirip seperti layanan Instagram lawas. Kita tidak akan menemukan fitur stories untuk membagikan konten dalam durasi waktu terbatas.

Apa Itu TikTok Notes - 2

Kita di samping itu juga tidak akan menjumpai dukungan mirip Instagram Reels pada TikTok Notes. Jika mau mengunggah konten-konten video pendek, kita soalnya sudah bisa melakukannya melalui aplikasi TikTok reguler.

Untuk menggunakan layanan TikTok Notes, kita pun tidak perlu membuat akun baru. Kita masih dapat memakai profil yang sama dengan TikTok reguler jika kita sebelumnya sudah memilikinya.

TikTok Notes akan tersedia untuk pengguna Android maupun iOS. Kita nanti dapat mengunduhnya melalui Google Play Store dan Apple Apps Store walaupun sementara ini baru tersedia terbatas untuk wilayah tertentu saja. Kita di Indonesia pun belum bisa mengunduhnya secara resmi.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar