ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi

3 Aplikasi VPN Gratis (Android/iOS) Terbaik dan Aman Digunakan di Tahun 2019

VPN Terbaik Gratis Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Meskipun bermanfaat, tetapi beberapa aplikasi VPN (Virtual Private Network) gratis bisa cukup berbahaya bagi pengguna internet. Oleh sebab itu, kita harus pandai-pandai dalam memilihnya.

VPN atau jaringan pribadi virtual merupakan sebuah jaringan pribadi yang digelar di dalam jaringan publik. Dengan menggunakan VPN, pengguna dapat mengirim atau menerima data di jaringan publik tapi seolah-olah terhubung langsung ke jaringan pribadi.

Dengan demikian, pengguna VPN tentu saja akan memperoleh berbagai macam keuntungan yang dimiliki jaringan pribadi, dari mulai fungsi, keamanan hingga pengelolaan. Salah satunya, pengguna bisa memiliki akses rahasia meskipun berada di jaringan publik.

Atau secara sederhana, ketika kita menggunakan VPN, orang-orang di luar jaringan ini tidak akan tahu data atau layanan apa saja yang sedang kita akses. Oleh karena itu, biasanya layanan ini digunakan untuk membuka akses pemblokiran yang dilakukan oleh pemerintah.

Nah sayangnya, meskipun terkesan sangat berguna, pengguna VPN gratis harus berhati-hati. Meskipun tidak bisa dilihat oleh publik, namun semua data pengguna VPN bisa dilihat oleh penyedianya.

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Indonesia mengungkapkan, dengan akses VPN gratis ini, data-data pengguna (profiling, password dan akun pribadi, atau data perbankan) bisa dimanfaatkan oleh pihak penyedia yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, pengguna juga bisa terinfeksi oleh malware.

Namun tentu saja, hal ini khusus terjadi bagi pengguna VPN gratis sembarangan, yang tidak memiliki reputasi terverifikasi. Lalu, apakah ada yang sudah terverifikasi? Jawabannya, tentu saja ada, berikut ini beberapa di antaranya.

1.1.1.1

Bagi pengguna internet kawakan seharusnya tidak asing lagi dengan DNS 1.1.1.1. Alternatif DNS buatan Cloudflare ini kini juga tersedia dalam bentuk aplikasi. Selain aman, DNS alternatif ini juga diklaim bisa digunakan untuk mempercepat koneksi internet hingga 28 persen.

VPN Terbaik Gratis 1111

Bagi kamu yang belum pernah mendengar Cloudflare, perusahaan digital ini merupakan salah satu perusahaan yang bisa dipercaya. Perusahaan Amerika ini menyediakan layanan jaringan pengiriman konten, mitigasi DDoS, keamanan Internet, dan layanan server nama domain terdistribusi.

Menariknya, meskipun tersedia secara gratis, aplikasi ini tidak menggunakan iklan sebagai sumber pendapatan lainnya. Artinya, aplikasi ini tersedia benar-benar gratis dan bisa diunduh di Google Play Store maupun App Store.

TunnelBear VPN

Selain 1.1.1.1, TunnelBear juga bisa menjadi pilihan tepat untuk mengakses internet secara pribadi. Aplikasi yang tersedia di Google Play Store dan App Store ini, juga menawarkan internet cepat, aman, dan tanpa iklan.

VPN Terbaik Gratis TunnelBear

Namun sayangnya, bagi pengguna biasa, TunnelBear membatasi akses VPN gratisnya hingga 500 MB setiap bulannya. Untuk memperoleh akses unlimited, pengguna bisa menjadi pengguna premium.

Samsung Max

Khusus bagi kamu yang menggunakan perangkat buatan Samsung, aplikasi Samsung Max yang sudah tersedia di Google Play Store juga bisa menjadi alternatif untuk mengakses internet tanpa blokir.

VPN Terbaik Gratis Samsung Max

Aplikasi buatan Samsung ini tidak hanya menawarkan jalur internet yang aman, tetapi juga memiliki beberapa fitur yang secara khusus bisa digunakan untuk menghemat data, mengelola koneksi aplikasi, dan lain sebagainya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar