Tips dan Trik

Mulai Populer Belakangan Ini, Apakah VPN Aman Untuk Digunakan?

Mulai Populer Digunakan, Apakah VPN Aman? Header[Ilustrasi: Pixabay]

Gadgetren – VPN atau Virtual Private Network merupakan sebuah layanan yang mengizinkan kamu menggunakan jalur jaringan privat secara virtual.

Bisa dibilang VPN menghubungkan laptop, PC, handphone, tablet, atau perangkat lainnya di tempat yang berbeda sehingga kamu dapat mengakses internet menggunakan jaringan tersebut.

Dengan menggunakan VPN, kamu bisa menyembunyikan atau mengubah IP Address. Bahkan layanan VPN pun dapat melindungi atau mengenkripsi data pribadi yang berjalan melalui jaringan WiFi umum. Dengan kata lain, kamu dapat terlindungi dari penggunaan jaringan WiFi umum yang mencurigakan.

Berkat VPN ini pun kamu juga bisa menyembunyikan aktivitas browsing dari pengguna lain yang mencoba untuk memata-matai atau memantau. Banyak penyedia layanan VPN menjanjikan bahwa koneksi kamu akan selalu dienkripsi sehingga tetap aman dari ancaman di dunia maya.

Bahkan VPN sendiri dapat mempersulit sebagian orang untuk melakukan peretasan pada koneksi privat atau bisnis maupun meningkatkan keamanan secara umum di dunia maya karena telah dirancang sedemikin rupa.

Untuk cara kerjanya, layanan ini akan mengenkripsi data pada perangkat yang sedang digunakan saat kamu menyambungkan laptop, PC, handphone, tablet, atau produk lainnya ke internet secara cepat sehingga dapat mengamankan privasi kamu ketika sedang tersambung di sebuah jaringan.

Selanjutnya, data kamu yang telah dienkripsi ini akan diteruskan melalui jaringan yang aman menuju VPN dan dilanjutkan mencapai situs tujuan kamu. Nantinya situs tujuan akan menganggap bahwa data tersebut berasal dari server VPN berbeda, bukan dari lokasimu sebenarnya.

Secara garis besar, VPN dihadirkan untuk membuat penggunanya merasa aman dan nyaman ketika berinternet ria di semua jaringan. Meskipun begitu, masih banyak yang meragukan dari keamanan dari penggunaan layanan VPN pada saat berselancar di dunia maya.

Sebelum menggunakan sebuah layanan VPN, ada baiknya kamu melihat ulasannya di internet agar bisa melihat keunggulan dan kelemahannya. Setiap penyedia layanan VPN memiliki keunggulannya masing-masing, baik yang gratis dan berbayar.

Namun saya sarankan sebaiknya kamu menggunakan VPN berbayar agar menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan saat berinternetan. Biasanya VPN berbayar sudah menjanjikan keamanan data privasi yang baik untuk menjaga kredibilitasnya sebagai penyedia VPN yang terpercaya.

Sementara itu, VPN gratis terkadang perlu menggunakan berbagai jenis skema yang bisa saja kurang aman untuk mendapatkan keuntungan. Meskipun VPN gratis juga ada yang bagus untuk digunakan, namun sebaiknya kita perlu melihat ulasan mendalam dari setiap VPN gratis yang akan digunakan agar tidak terjebak dengan pencurian data.

Dari tujuan awal diciptakan, VPN menjadi layanan yang dapat mengamankan data dari pengguna ketika berselancar di dunia maya. Untuk itulah, kamu perlu berhati-hati dalam memilih VPN yang banyak beredar di internet maupun toko aplikasi. Setidaknya pilihlah layanan VPN yang mempunyai review dan rating bagus dari sumber terpercaya.

Tinggalkan Komentar