ASUS TUF Gaming FX507
Rekomendasi

4 Aplikasi Penting Menemani Mudik, Pantau Arus dan Macet Biar Perjalanan Lancar!

Aplikasi Pantau Arus Mudik dan Macet - Header

Gadgetren – Perjalanan mudik atau pulang ke kampung halaman selama libur hari raya bisa terasa lebih lancar apabila kita dapat memantau aktivitas lalu lintas pada jalur-jalur yang akan dilewati.

Karena dengan memantau aktivitas lalu lintas dari jalur-jalur yang akan dilewati, kita nanti setidaknya dapat melihat kepadatan arus mudik. Jadi kita bisa menghindari jalanan yang padat lalu pada akhirnya tidak perlu terjebak dalam kemacetan panjang.

Di masa sekarang, untungnya ada beberapa aplikasi yang dapat dipakai untuk memantau aktivitas lalu lintas secara mudah. Kita pun dapat memakainya untuk menunjang perjalanan mudik supaya bisa berjalan secara lebih lancar.

1. Tol Kita

Aplikasi Pantau Arus Mudik dan Macet - 1

Aplikasi yang dapat dimanfaatkan salah satunya adalah Tol Kita. Dikembangkan oleh BPJT (Badan Pengelola Jalan Tol), aplikasi ini akan sangat cocok bagi kita yang mau mudik lewat tol. Di dalamnya terdapat beragam fungsi untuk mendapat informasi berkaitan dengan jalan bebas hambatan tersebut.

Di dalam aplikasi ini, kita bahkan dapat menemukan fitur untuk memantau aktivitas lalu lintas di sejumlah ruas tol melalui kamera CCTV. Terdapat juga menu Live update yang memungkinkan kita mendapat informasi mengenai kondisi jalan terkini.

Tol Kita juga dilengkapi dengan menu yang akan menampilkan prakiraan cuaca. Kita pun dapat menemukan dukungan untuk melihat peta jalur tol sekaligus dengan lokasi fasilitas rest area, POM bensin, hingga tempat ibadah.

Kita pun dapat memperoleh informasi mengenai estimasi total tarif yang perlu dikeluarkan untuk setiap ruas jalan serta lokasi gerbang dengan menggunakan aplikasi ini. Kita secara khusus dapat mengunduhnya melalui Google Play Store atau Apple Apps Store.

2. Travoy

Aplikasi Pantau Arus Mudik dan Macet - 2

Dengan fungsi yang hampir sama, Travoy pun dapat menjadi alternatif yang berikutnya. Aplikasi yang dikembangkan oleh PT Jasa Marga ini pun memungkinkan kita melakukan perjalanan mudik dengan lancar melalui jalan tol.

Sama seperti Tol Kita, aplikasi ini juga memiliki dukungan untuk mengecek aktivitas lalu lintas di ruas-ruas jalan tol dengan menggunakan kamera CCTV yang terpasang. Jadi kita bisa memastikan jalur yang dilalui bisa ditempuh dengan lancar.

Fitur untuk melihat informasi terkini dari kondisi jalan juga tersedia di dalam aplikasi ini. Kita dapat memakainya untuk mengecek berbagai macam gangguan yang bisa mengganggu perjalanan mudik seperti kecelakaan, pemeliharaan, hingga rekayasa lalu lintas lainnya.

Yang tak kalah menarik, aplikasi yang dapat diunduh melalui Google Play Store dan Apple Apps Store ini juga menyediakan fitur untuk mengakses layanan bantuan derek online. Kita selain itu juga dapat menemukan menu untuk mengecek tarif tol hingga informasi mengenai tempat istirahat, POM bensin, hingga tempat ibadah.

3. Google Maps

Aplikasi Pantau Arus Mudik dan Macet - 3

Bagi yang suka bepergian, kita mungkin tidak akan asing dengan Google Maps. Layanan yang juga tersedia dalam bentuk aplikasi ini pun memungkinkan kita melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman secara lebih lancar.

Sebagai salah satu aplikasi navigasi yang banyak digunakan terutama oleh pengguna perangkat Android, Google Maps memang mempunyai fitur yang lengkap. Tak hanya dapat digunakan untuk melihat petunjuk arah ke lokasi tertentu saja tetapi juga mengecek arus lalu lintasnya.

Berbagai macam informasi penting juga bisa dilihat di dalam aplikasi yang dapat diunduh baik melalui Google Play Store atau Apple Apps Store ini. Termasuk di antaranya meliputi lokasi POM Bensin, ATM, tempat makan, tempat istirahat, tempat ibadah, dan lain sebagainya.

Dukungan dari aplikasi ini pun tidak hanya terbatas untuk mereka yang ingin mudik melalui jalan tol. Kita pun dapat menggunakannya di berbagai macam jalanan di mana bahkan untuk transportasi umum, sepeda motor, maupun mobil pribadi.

4. Waze

Aplikasi Pantau Arus Mudik dan Macet - 4

Para pengguna Waze juga dapat memanfaatkan aplikasi navigasi kesukaannya untuk melakukan perjalanan mudik dengan lancar. Aplikasi ini soalnya juga mempunyai sejumlah fitur yang bisa dipakai untuk mengecek aktivitas lalu lintas.

Dapat diunduh secara gratis dari Google Play Store dan Apple Apps Store, Waze menawarkan rute tercepat untuk menempuh sebuah perjalanan. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan sistem pembaruan terkini mulai dari arus lalu lintas, kecelakaan, hingga konstruksi berbasis komunitas.

Saat menggunakan aplikasi navigasi ini, kita juga dapat menghemat lebih banyak bahan bakar karena layanan akan mencari rute yang paling hemat. Kita selain itu juga bisa memutar aplikasi musik secara langsung tanpa keluar dari Waze.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar