ASUS Zenbook DUO UX8406
Tips dan Trik

Cara Menggunakan VPN di Android iOS Paling Mudah dan Gratis

Cara Menggunakan VPN di Android Header[Sumber: Pexels]

Gadgetren – VPN atau Virtual Private Network merupakan salah satu cara yang ampuh untuk membantu pengguna mengakses laman yang diblokir.

Internet merupakan salah satu media yang cukup bermanfaat. Di dalamnya, terdapat banyak konten dan informasi yang cukup dapat memberikan kemudahan bagi pengguna.

Namun, tak jarang konten-konten negatif juga muncul di dalamnya. Dan sebagai langkah preventif, pemerintah biasanya memblokir beberapa laman yang dirasa berbahaya dan memuat hal-hal yang berbau negatif tersebut.

Bahkan, beberapa web yang notabene memberikan informasi terbaik pun seperti Reddit harus ikut terblokir karena beberapa kontennya. Tentu ini sedikit mengecewakan pengguna yang mengunjungi situs tersebut.

Nah VPN selain memberikan keamanan ekstra di dunia maya juga dapat melewati blokir untuk dapat mengakses kembali laman web tersebut. Untuk menggunakan VPN, pengguna harus memiliki akun VPN, yang biasanya dapat dibeli dengan cara berlangganan.

Selain itu, pengguna juga harus mengatur beberapa hal saat harus menggunakannya di perangkat Android. Lalu, apakah ada cara untuk menggunakan VPN di perangkat Android dengan Gratis dan Mudah?

Cara Menggunakan VPN di Android iOS Dengan Gratis

  1. Pertama-tama, pengguna harus mengunduh aplikasi Betternet VPN tersebut dari Google Play Store atau Apple App Store.
  2. Tunggu proses instalasi selesai, dan buka aplikasi tersebut.
  3. Set beberapa permissions dengan menekan tombol yang sesuai.
  4. Jika sudah selesai, tekan tombol Connect dan aplikasi akan mulai mencari server terdekat untuk memberikan akses yang lebih baik.
  5. Tunggu proses menghubungkannya, sampai muncul tombol Change Region atau muncul tanda kunci di bar notifikasi, yang menunjukkan VPN telah aktif.
  6. Pengguna dapat mengganti server dengan menekan tombol Change Region, namun sebagian besar server hanya bisa digunakan pada versi berbayar.
  7. Untuk mematikan VPN, pengguna dapat mengetuk tombol Disconnect pada layar utama.

Betternet VPN

Mudah bukan? Untuk menggunakan VPN tanpa perlu mengeluarkan biaya atau bersusah payah membuat akun VPN, menggunakan aplikasi pihak ketiga menjadi rekomendasi yang cukup banyak digunakan. Selain itu, beberapa aplikasi pihak ketiga juga menawarkan keamanan di dalam mengakses jaringan internet.

Terdapat banyak aplikasi VPN pihak ketiga di Google Play Store dan beberapa juga telah kami rekomendasikan. Pengguna dapat memilih salah satu, dan menginstal aplikasi VPN tersebut di perangkatnya. Secara umum dalam semua aplikasi ini, VPN dapat diaktifkan dengan satu tombol.

Dengan langkah-langkah tersebut, pengguna dapat mengakses kembali halaman web yang diblokir oleh pemerintah atau yang tidak mengizinkan pengguna dari Indonesia mengaksesnya. Selain itu, dengan mengaktifkan VPN, akses internet dapat menjadi lebih cepat.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar