Gadget Smartphone

10 Besar HP Dengan Radiasi Tertinggi Yang Kalau Bisa Dihindari di Awal Tahun 2019

HP Dengan Radiasi Tertinggi Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Sekarang ini, smartphone telah menjadi bagian penting dalam kehidupan kita. Dari mulai sejak bangun hingga akan kembali tidur lagi, smartphone selalu ada di samping kita.

Padahal tanpa kita sadari, smartphone memiliki kemungkinan untuk berdampak buruk bagi kesehatan. Pasalnya, di balik kegunaan yang ditawarkannya, smartphone ternyata memancarkan radiasi elektromagnetik yang besarnya berbeda-beda saat digunakan.

Jika kamu belum tahu, besarnya radiasi tersebut dinyatakan dalam SAR (Specific Absorption Rate), yakni rasio energi yang diserap oleh tubuh manusia ketika terkena medan elektromagnetik frekuensi radio (RF), yang biasanya digambarkan dengan satuan Watt per Kilogram (W/Kg).

Atau secara sederhana, semakin besar angka SAR pada smartphone maka semakin besar radiasi yang dipancarkannya. Oleh karena itu, saat akan membeli smartphone, perangkat dengan angka SAR tinggi sebaiknya dihindari.

Supaya mempermudah kamu dalam memilih smartphone yang tidak berbahaya, berikut ini beberapa smartphone dengan angka SAR tinggi berdasarkan database dari Bundesamt für Strahlenschutz (Kantor Federal Jerman untuk Perlindungan Radiasi).

Xiaomi Mi A1

HP Dengan Radiasi Tertinggi - Xiaomi-Mi-A1

Perangkat dari proyek kerjasama Xiaomi dan Google melalui AndroidOne ini tercatat memiliki angka SAR yang paling tinggi di antara smartphone lainnya. Dalam catatannya, nilai SAR perangkat ini mencapai 1,75 W/Kg untuk penggunaan di dekat kepala (Head).

OnePlus 5T

HP Dengan Radiasi Tertinggi - OnePlus 5T Header

Perangkat selanjutnya, yang memiliki nilai SAR yang tidak terpaut jauh dari Xiaomi A1 adalah OnePlus 5T. Perangkat yang dikembangkan oleh perusahaan di bawah payung BBK Electronics ini memiliki angka SAR sebesar 1,68 W/Kg (Head).

Xiaomi Mi Max 3

HP Dengan Radiasi Tertinggi - Xiaomi Mi Max 3

Memiliki angka SAR sebesar 1,58 W/Kg (Head) menempatkan Xiaomi Mi Max 3 di posisi ketiga perangkat dengan bahaya radiasi tinggi. Padahal perangkat dengan desain phablet ini menawarkan spesifikasi yang cukup menarik untuk dimiliki.

OnePlus 6T

HP Dengan Radiasi Tertinggi - OnePlus 6T

Perangkat penerus terbaru dari OnePlus pun tak lepas dari radar Bundesamt für Strahlenschutz sebagai perangkat dengan bahaya radiasi tinggi, berkat angka SAR 1,55 W/Kg (Head) yang dikantonginya.

HTC U12 Life

HP Dengan Radiasi Tertinggi - HTC U12 Life

Meski dibuat oleh produsen smartphone yang membawa Android pertama kali ke pasaran, HTC U12 Life ternyata juga memiliki angka SAR yang cukup tinggi. Perangkat ini mengantongi angka SAR senilai 1,48 W/Kg (Head).

Xiaomi Mi Mix 3

HP Dengan Radiasi Tertinggi - Xiaomi Mi MIX 3

Baru saja dikenalkan ke pasaran dengan spesifikasi mumpuni, bahkan dengan kameranya yang masuk kejajaran kamera terbaik, Xiaomi Mi Mix 3 juga memiliki bahaya radiasi tinggi, karena tercatat memiliki SAR 1,45 W/Kg (Head).

Google Pixel 3 XL

HP Dengan Radiasi Tertinggi - Google Pixel 3

Google Pixel 3 XL adalah satu perangkat yang direkomendasikan oleh banyak orang. Namun dibalik itu, perangkat ini ternyata memiliki bahaya radiasi yang cukup tinggi. Perangkat ini ternyata memiliki nilai SAR 1,39 W/Kg (Head).

OnePlus 5

HP Dengan Radiasi Tertinggi - OnePlus 5

Perangkat lama dari OnePlus, OnePlus 5, ternyata juga masuk ke jajaran smartphone dengan angka SAR tinggi. Dalam data yang diungkapkan Bundesamt für Strahlenschutz, perangkat ini memiliki SAR yang sama dengan Google Pixel 3 XL.

iPhone 7

HP Dengan Radiasi Tertinggi - Iphone 7

Meskipun menjadi salah satu perangkat yang disegani beberapa waktu lalu, ternyata iPhone 7 menawarkan tingkat radiasi yang cukup tinggi. Mantan flagship Apple ini memiliki SAR 1,38 W/Kg (Head).

Sony Xperia XZ1 Compact

HP Dengan Radiasi Tertinggi - Sony XZ1 Compact

Merek kawakan Sony juga tidak terhindar dari pengembangan perangkat dengan bahaya radiasi tinggi. Perusahaan yang berlokasi di Jepang ini memiliki Sony Xperia XZ1 Compact yang masuk sepuluh besar perangkat dengan radiasi tinggi dengan SAR 1,36 W/Kg (Head).

Meskipun semua perangkat di atas masih masuk dalam batas ambang radiasi yang masih aman bagi manusia, namun alangkah lebih baiknya kita memilih smartphone dengan nilai SAR yang cukup rendah.

Tinggalkan Komentar