Tips dan Trik

2 Cara Screenshot di HP ASUS dengan Mudah di Semua Model

Cara Screenshot di HP ASUS Header

Gadgetren – Kini nama ASUS kembali bersinar berkat kehadiran smartphone atau HP Zenfone Max Pro M1 dan Zenfone 5 yang memiliki harga terjangkau, namun spesifikasi hardware yang ditawarkan kedua smartphone ini sangat menarik.

Untuk layar smartphone atau HP ASUS sendiri sudah ada yang menggunakan desain penuh (Full View) dan berponi. Tentu saja hal ini dilakukan untuk mengikuti perkembangan zaman saat ini yang telah mengusung desain tersebut.

Meskipun menarik, namun sebagian pengguna smartphone atau HP ASUS belum mengetahui cara screenshot. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran denga cara screenshot di HP ASUS maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Cara Screenshot di HP ASUS

Kombinasi tombol fisik

  1. Pertama, Gadgeter dapat menentukan area yang di-screenshot pada smartphone atau HP ASUS
  2. Selanjutnya, Gadgeter dapat menekan tombol volume bawah dan power sekaligus dalam beberapa detik
  3. Apabila suara shutter terdengar dan layar terkedip maka screenshot telah berhasil diambil
  4. Hasil screenshot dapat dilihat di menu notifikasi atau aplikasi Gallery

Bisa dibilang hampir semua smartphone atau HP ASUS lama maupun baru akan menggunakan kombinasi tombol ini untuk mengambil screenshot karena cepat dan praktis tanpa harus melakukan pengaturan terlebih dahulu.

Satu Tombol

  1. Pertama, Gadgeter masuk ke menu Settings terlebih dahulu
  2. Selanjutnya, Gadgeter dapat memilih menu ASUS Customized Settings
  3. Pada halaman menu ini, Gdageter dapat memilih Recent apps key
  4. Kemudian, Gadgeter dapat memilih Tap and Hold to capture screen
  5. Setelah menu ini aktif maka Gadgeter dapat langsung mencari area yang akan di-screenshot
  6. Apabila area telah ditentukan maka Gadgeter dapat langsung menekan tombol recent selama beberapa detik hingga suara shutter terdengar dan layar berkedip
  7. Gadgeter dapat langsung melihat hasil screenshot di aplikasi Gallery dan menu notifikasi

Bisa dibilang cara ini lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan kombinasi tombol fisik. Namun apabila Gadgeter ingin melakukan screenshot dengan satu tombol Ini harus melakukan pengaturan terlebih dahulu.

Bisa dibilang kedua cara screeshot smartphone atau HP ASUS ini sama-sama sangat mudah untuk dilakukan. Terutama penggunaan tombol Recent yang hanya membutuhkan satu jari saja dengan menekannya selama beberapa menit.

Bisa dibilang screenshot menggunakan tombol Recent ini jarang digunakan oleh banyak vendor. Bahkan saya sendiri baru menemukannya di smartphone atau HP ASUS saja. Namun apabila Gadgeter melihat smartphone atau HP dari vendor lain yang menggunakan fitur ini maka dapat memberikan komentarnya pada kolom di bawah ini.

Tinggalkan Komentar