Aplikasi

5 Aplikasi Mudik yang Ga Boleh Sampai Kelupaan

Aplikasi Mudik Header[Foto dari : Pixhere]

Gadgetren – Mudik merupakan kegiatan yang biasanya dilakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran setiap tahunnya di Indonesia.

Kegiatan Mudik ini sendiri memungkinkan seseorang pulang ke kampung halamannya untuk bertemu dengan keluarga besarnya. Biasa Mudik sendiri dilakukan oleh seseorang yang merantau pekerjaannya ke daerah bukan asalnya sehingga untuk melepas kangen akan pulang ke kampung halamannya.

Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan Republik Indonesia mengatakan bahwa arus mudik diprediksi akan mencapai puncak pada tanggal 8 – 9 Juni 2018. Untuk itu, masyarakat Indonesia disarankan untuk melakukan pulang kampung setelah tanggal tersebut, misalnya tanggal 10 – 11 Juni 2018.

Nah, bagi kamu yang ingin mudik baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum maka dapat mempersiapkan beragam kebutuhannya, seperti aplikasi yang cocok digunakan untuk memandu jalannya mudik.

Tim Gadgetren sendiri telah memilihkan beberapa aplikasi penting yang dapat memandu mudik menjadi lebih baik lagi yang dapat dilihat daftarnya sebagai berikut ini :

Ayo Mudik

Ayo Mudik

Aplikasi yang satu ini memang cocok digunakan untuk mudik karena berisikan banyak informasi menarik, mulai dari titik kemacetan, pos kesehatan, pos mudik, pos polisi, SPBU, bengkel, masjid, area istirahat, hingga rute mudik.

Dengan informasi selengkap ini dapat membuatnya penggunanya berjaga-jaga ketika melakukan mudik, baik menggunakan jalan alternatif ketika terjadi kemacetan, istirahat apabila lelah, hingga ibadah ketika waktu shalat tiba. Untuk itu, bagi Gadgeter yang ingin mengunakannya maka dapat mengunduhnya di Google Play Store.

Mudik BPJS Kesehatan

Mudik BPJS Kesehatan

Aplikasi buatan BPJS Kesehatan ini akan memberikan bermacam-maca informasi seputar mudik, mulai dari Posko Mudik BPJS Kesehatan yang hadir di berbagai daerah di Indonesia, fasilitas kesehatan terdekat, hingga lokasi penting saat perjalanan mudik.

Dengan aplikasi ini memungkinkan penggunanya dapat menjaga kesehata ketika sedang menjalankan aktivitas mudik. Selain itu, Mudik BPJS Kesehatan juga menyediakan beberapa fitur menarik seperti telepon penting, Tanya Jawab, Info, dan Tips BPJS Kesehatan. Apabila ingin memiliki aplikasi ini maka bisa mendapatkan di Google Play Store.

Google Maps

Google Maps

Bagi kamu pengguna smartphone pastinya sudah mengetahui Google Maps. Aplikasi yang satu ini dapat memandu penggunanya untuk ke daerah dituju dengan berbasiskan peta yang bisa dibilang akurat dan lengkap.

Bisa dibilang Google Maps ini akan memberikan petunjuk jalan yang harus dilalui dari lokasi sedang berada menuju tempat yang dituju. Bahkan Google Maps sendiri akan memberikan tanda mengenai daerah yang macet maupun tidak.

Dengan kata lain aplikasi ini dapat berguna ketika seseorang sedang mudik untuk memandu ke jalan yang benar. Biasanya Google Maps sudah langsung tersedia di smartphone Android, namun apabila belum ada maka dapat mengunduhnya langsung di Google Play Store.

Waze

Waze

Waze merupakan jejaring sosial berbasis lokasi yang favorit digunakan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Dengan aplikasi ini penggunanya dapat mengetahui titik kemacetan dan akan disarankan melewati jalur yang lancar.

Menariknya, setiap pengguna Waze dapat berkomentar mengenai kemacetan maupun lalu lintas di jalan raya sehingga pengguna lainnya dapat secara akurat mengetahui kedaan sekitar. Bahkan awalnya Google Maps pun mengetahui titik kemacetan berkat integrasi dengan aplikasi Waze. Untuk menggunakan aplikasi ini, Gadgeter dapat mengunjungi Google Play Store.

Info BMKG

Info BMKG

Cuaca merupakan salah satu yang dapat menentukan performa untuk mudik karena terkadang tidak dapat diprediksi. Apabila hujan deras sedang melanda akan menyulitkan kendaraan bergerak, namun jika keadaan cerah akan membuat lalu lintas lebih lancar.

Dengan aplikasi Info BMKG ini penggunanya dapat melihat prediksi atau prakiraan cuaca yang akan terjadi di sekitarnya. Selain itu, informasi mengenai iklim, kualitas udara, dan gempa bumi di suatu daerah. Tertarik menggunakan aplikasi ini maka Gadgeter dapat mengunjungi Google Play Store.

Leave a Comment