ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Ssssst! Sudah Tahu Belum 6 Fitur Rahasia dari WhatsApp!

Fitur Rahasia WhatsApp Header[Sumber: Wikimedia]

Gadgetren – WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan yang cukup banya digunakan oleh pengguna perangkat seluler, termasuk di Indonesia.

WhatsApp dapat digunakan pada beberapa platform perangkat seluler. Berbeda dengan beberapa layanan perpesanan serupa, WhatsApp memiliki ukuran yang cukup kecil dan sangat ringan untuk digunakan.

Aplikasi perpesanan ini memiliki banyak fitur yang cukup dapat membantu pengguna dalam melakukan percakapan. Bahkan beberapa fitur diantaranya masih banyak yang belum diketahui oleh para penggunanya.

Berikut ini beberapa fitur rahasia WhatsApp yang kadang belum diketahui pengguna setiannya:

1. Backup Percakapan ke Google Drive

Sebelum melakukan berbagai macam hal, seperti menginstal ulang aplikasi, berganti perangkat telepon, reset ulang perangkat, dan lainnya, fitur backup dapat menjadi andalan agar semua data kita tidak hilang.

Fitur Rahasia WhatsApp - Backup Google Drive

Selain menyediakan fitur backup secara lokal di perangkat, WhatsApp sebenarnya juga menyediakan fitur backup ke Google Drive. Pengguna dapat menggunakan fitur ini melalui menu Chat Backup di pengaturan aplikasi.

2. Menyembunyikan Last Seen dan Online

Fitur last seen dan online merupakan fitur yang cukup membantu bagi sebagian orang. Dengan kedua fitur ini, pengguna dapat mengetahui apakah orang yang sedang kita ajak chatting sedang online atau offline. Pengguna juga dapat mengetahui kapan terakhir kali pengguna lain tersebut aktif di layanan WhatsApp.

Namun bagi sebagian orang, hal tersebut cukup mengganggu. Tanpa kita sadari, pengguna lain dapat memantau aktivitas kita di layanan tersebut.

Fitur Rahasia WhatsApp -Nonaktifkan Last Seen

Untuk menghindari hal tersebut, pengguna WhatsApp sebenarnya dapat menonaktifkan fitur bawaan dari layanan perpesanan tersebut. Pengguna dapat mengaturnya melalui menu pengaturan Privacy di aplikasi WhatsApp.

3. Menyimpan Percakapan dengan Fitur Pesan Berbintang

Kadang kala, kita harus menyimpan percakapan di dalam WhatsApp agar pesan-pesan tersebut dapat diakses lebih mudah saat sudah tertimbun oleh banyak percakapan baru. Hal ini sangat diperlukan terutama dalam percakapan grup yang kadang sering berganti-ganti topik pembicaraan.

Fitur Rahasia WhatsApp - Pesan Berbintang

Bagi pengguna WhatsApp, hal tersebut sebenarnya dapat dilakukan dengan menggunakan fitur Pesan Berbintang. Pengguna dapat membuat Pesan Berbintang dengan cara menekan pesan yang akan disimpan cukup lama, kemudian memilih ikon bintang pada bagian atas.

Untuk melihat pesan yang telah tersimpan, pengguna hanya perlu mengetuk nama, baik nama group atau nama pengguna, di bagian atas untuk membuka informasi tentang pengguna atau grup. Setelah itu, pengguna dapat melihat Pesan Berbintang di opsi Starred messages.

4. Menonaktifkan Tanda Centang

Tanda centang di aplikasi WhatsApp memiliki fungsi yang sangat berguna sebenarnya. Dengan fitur ini, pengguna WhatsApp dapat mengetahui kondisi pesan yang telah dikirimkan, apakah sudah terkirim ke server, sampai di lawan bicara, dan apakah sudah dibaca.

Bagi sebagian orang yang menggunakan WhatsApp, fitur ini dapat menjadi fitur yang cukup mengganggu. Karena orang lain dapat mengatahui kalau kita sudah membaca pesan padahal kita tidak ingin membalasnya.

Fitur Rahasia WhatsApp - Hilangkan Tanda Centang

Jika sudah demikian, pengguna hanya perlu menuliskan mematikan fitur tersebut. Pengguna dapat melakukan hal ini melalui menu Privacy di Settings aplikasi WhatsApp.

5. Colek Anggota Grup

Dalam beberapa kondisi, pengguna WhatsApp dapat menonaktifkan pemberitahuan dari grup yang diikutinya. Hal tersebut menyebabkan berbagai macam pesan yang masuk di grup tidak akan terlihat oleh pengguna tersebut.

Namun, pengguna lain masih dapat memunculkan pesan grup yang notifikasinya dimatikan dengan mencolek pengguna tersebut. Pengguna hanya perlu menuliskan tanda @ diikuti nama yang ingin dicolek, agar pengguna sadar meskipun notifikasi grupnya dimatikan.

6. Quote Percakapan Untuk Membahas Topik Lama

Banyaknya topik pembicaraan yang loncat-loncat bisa membuat para pengguna bingung untuk mengikuti alur pembicaraan. Tidak sedikit orang salah persepsi, karena topik yang ditanggapi berbeda dengan topik yang sedang dibahas.

Fitur Rahasia WhatsApp - Quote Pesan

Melihat hal ini, WhatsApp juga hadir dengan fitur quote pesan untuk menunjukkan pesan mana yang ditanggapi. Pengguna hanya perlu menekan cukup lama pada pesan yang ditanggapi, kemudian memilih tanda balas berbentuk anak panah yang melengkung ke kiri.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar