Tips dan Trik

Cara Agar WhatsApp Tidak Terlihat Online Oleh Kontak Lain

Cara Membuat Akun WhatsApp Tidak Terlihat Online - Header

Gadgetren – Layanan WhatsApp secara mendasar akan mengatur beberapa hal seperti menampilkan status online atau kapan terakhir kali kamu membuka aplikasinya kepada seluruh pengguna.

Sebagai aplikasi perpesanan populer, WhatsApp atau lebih dikenal sebagai WA memang mempunyai banyak fitur yang cukup berguna bagi pengguna. Beberapa di antaranya termasuk dukungan berupa status Online dan Last Seen.

Fitur Online akan memberikan tanda kepadamu bahwa seseorang dalam kontak sedang membuka aplikasi WhatsApp. Fitur ini akan menyala meskipun mereka tidak secara khusus membuka percakapan pribadinya denganmu.

Apabila sedang tidak membuka aplikasi, fitur Online tersebut akan berubah menjadi Last Seen yang akan menunjukkan informasi mengenai kapan seseorang dalam kontak terakhir kali membuka aplikasi WhatsApp.

Meskipun keduanya sangat berguna, fitur Online dan Last Seen sayangnya bisa menjadi hal yang sangat merugikan bagi sebagian pengguna karena mengizinkan orang lain bisa melihat informasi mengenai kapan mereka terhubung di WhatsApp.

Pengguna bisa jadi kurang merasa nyaman dalam menggunakan layanan perpesanan dari Facebook itu, apalagi saat mereka benar-benar sedang tidak ingin membalas pesan dari seseorang.

Lalu, apakah ada cara agar membuat akun WhatsApp terlihat tidak online? Secara mendadar, tidak ada. Namun, ada beberapa trik yang bisa ditempuh supaya pengguna menyembunyikan statusnya.

Cara Agar Akun WhatsApp Tidak Terlihat Online

Mematikan Fitur Last Seen

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Klik ikon Menu Lainnya yang terletak pada bagian kanan atas tampilan
  3. Pilih opsi Setting
    Mematikan Fitur Last Seen Setting
  4. Kemudian buka AccountMematikan Fitur Last Seen Akun
  5. Pilih Privacy
    Mematikan Fitur Last Seen Privasi
  6. Atur Last Seen dengan mengetuknya dan memilih Nobody
    Mematikan Fitur Last Seen

Terdapat dua pengaturan lain yang sebenarnya juga dapat kamu terapkan untuk mengatur privasi Last Seen, meliputi Everyone jika ingin semua orang dapat melihat status kapan terakhir online dan My Contacts untuk membatasi hanya orang-orang yang ada dalam kontak WhatsApp.

Sementara dengan menerapkan pengaturan Nobody pada bagian Last Seen, WhatsApp nantinya akan menyembunyikan status mengenai kapan terakhir kali kamu terhubung ke dalam layanan untuk semua orang.

Mengubah Last Seen menjadi Nobody sayang hanya akan menyembunyikan akun sementara waktu. Status online akan muncul kembali ketika kamu membuka layanan WhatsApp melalui aplikasinya.

Untuk itu, kamu bisa mengakali hal tersebut dengan memanfaatkan mode pesawat yang kini sudah menjadi fitur utama pada semua jenis handphone. Langkah-langkahnya pun cukup mudah untuk dilakukan sebagaimana berikut ini.

Menggunakan Mode Pesawat

  1. Tutup WhatsApp, termasuk pada bagian Recent App (aplikasi yang baru saja dibuka)
    Menggunakan Mode Pesawat Recent
  2. Tarik bar notifikasi ke bawah hingga muncul panel kontrol
  3. Cari dan pilih Flight Mode atau Mode Pesawat (ikon bergambar pesawat)
    Menggunakan Mode Pesawat Flight Mode
  4. Tunggu beberapa saat sampai semua jenis koneksi terputus
  5. Buka aplikasi WhatsApp
  6. Baca dan balas semua pesan yang diinginkan
  7. Setelah selesai, tutup aplikasi WhatsApp
  8. Buka panel kontrol dengan menarik ke bawah bar notifikasi
  9. Ketuk Flight Mode untuk menonaktifkannya

Cara ini cukup berhasil menyembunyikan status online maupun indikator “sedang mengetik” meskipun saya membuka aplikasi WhatsApp. Keterangan tersebut bahkan tidak muncul ketika saya membaca, membalas, atau mengirim pesan ke pengguna tertentu.

Perlu diketahui, hal ini dikarenakan status online pada layanan WhatsApp hanya akan muncul ketika seorang pengguna membuka aplikasinya dalam keadaan terhubung ke jaringan internet.

Agar bisa berhasil menyembunyikan status online dengan lebih sempurna, kamu pun perlu menonaktifkan fitur centang biru yang akan menandai apakah pesan dari seorang pengguna sudah dibaca atau belum.

Menonaktifkan fitur centang biru tentu akan membuat akun WhatsApp-mu terlihat belum online meskipun telah membaca pesan dari seseorang sehingga tak perlu segera membalasnya.

Menonaktifkan Centang Biru

  1. Masuk ke pengaturan WhatsApp dengan mengetuk ikon Menu Lainnya di pojok kanan atas dan memilih Settings
  2. Buka bagian Account
  3. Masuk ke pengaturan Privacy
  4. Ubah tombol Read receipts ke kondisi mati
    Menonaktifkan Centang Biru

Mengaktifkan pengaturan Read receipts akan membuatmu lebih leluasa membaca pesan meskipun tak ingin membalasnya. Hanya saja sebagai gantinya, kamu juga tak bisa melihat apakah pesanmu sudah dibaca atau belum.

Dengan memanfaatkan ketiga trik di atas, kamu sebenarnya sudah bisa menyembunyikan status online untuk akun WhatsApp asalkan tidak mengunggah atau membuat sebuah story ke dalam layanan.

Namun jika masih merasa kurang puas dan kamu ingin tetap bisa membagikan story ke orang-orang terkhusus, mengubah pengaturan status pribadi pun perlu kamu lakukan agar tetap terlihat offline.

Mengubah Pengaturan Status WhatsApp

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Klik Menu Lainnya di pojok kanan atas lalu masuk ke bagian Settings
  3. Pilih opsi Account
  4. Masuk ke halaman Privacy
  5. Klik Status
    Mengubah Pengaturan Status WhatsApp
  6. Lalu ubah pengaturan ke opsi Only share with
    Mengubah Pengaturan Status WhatsApp Only Share
  7. Pilih kontak yang akan diizinkan melihat story maupun status
  8. Klik tombol Centang untuk mengkonfirmasinya
  9. Jangan lupa menekan tombol Done untuk menyimpan pengaturan

Setelah mengubah pengaturan status, kamu selanjutnya bisa membagikan story kepada orang-orang yang terpilih. Namun, ada baiknya kamu mengaktifkan Mode Pesawat terlebih dahulu sebelum membuatnya seperti saat akan membaca atau mengirim pesan.

Terkait dengan fitur status WhatsApp ini, kamu pun bisa membuat keterangan khusus yang menekankan bahwa kamu sedang offline pada biodata akun. Namun tidak wajib karena hanya akan terlihat ketika seseorang mengunjungi profilmu.

Mengubah Keterangan Profil WhatsApp

  1. Ketuk Menu Lainnya yang terdapat di pojok kanan atas aplikasi WhatsApp
  2. Klik Settings
  3. Tekan foto profil
    Mengubah Keterangan Profil WhatsApp
  4. Klik Edit (ikon pensil) di sebelah kolom About
    Mengubah Keterangan Profil WhatsApp Edit
  5. Ubah sesuai keinginan, misalnya tulis keterangan “offline” atau “not available”
  6. Jika sudah klik Save
    Mengubah Keterangan Profil WhatsApp Simpan

Opsi ini cuma sebagai tambahan jika kamu benar-benar sedang tidak ingin diganggu. Meskipun tidak menjamin bahwa orang lain akan berhenti mengirim pesan kepadamu, tetapi bisa sedikit mengantisipasinya.

Menggunakan Aplikasi?

Selain beberapa trik di atas, ada cara lain yang sebenarnya mudah digunakan untuk mengakses pesan WhatsApp tanpa terlihat sedang online. Namun untuk melakukannya, kamu memerlukan aplikasi pihak ketiga.

Saya sayangnya tak mempunyai rekomendasi aplikasi dalam hal ini. Banyak yang menyarankan menggunakan aplikasi seperti WhatsRemoved+ sebagai metode pengganti, tetapi saya pribadi tak berani menggunakannya karena alasan privasi.

Apalagi dalam sejarahnya, versi awal dari aplikasi tersebut (WhatsRemoved) juga pernah dihapus dari Google Play Store karena melanggar ketentuan dan kebijakan dalam layanan WhatsApp.

Apabila benar-benar ada kontak yang sangat mengganggu di layanan WhatsApp, saya memilih untuk memblokirnya sementara waktu sebagai solusi yang lebih mudah dan aman.

Memblokir Kontak WhatsApp

  1. Buka Profil WhatsApp yang akan diblokir dengan masuk ke percakapan pribadi dengannya lalu mengetuk nama pengguna
  2. Gulir ke bagian bawah
  3. Klik tombol Block dan konfirmasi dengan tombol yang sesuai
    Memblokir Kontak WhatsApp
  4. Apabila sudah selesai dan ingin mengembalikannya, kunjungi Profilnya sekali lagi
  5. Lalu ketuk tombol Unblock

Dengan cara terakhir ini, kamu akan terlihat benar-benar offline karena pengguna yang kamu blokir pun tak dapat mengirim pesan. Ketika mereka melakukannya, pesannya hanya akan centang satu alias belum terkirim.

Bagian paling penting dari trik yang saya bagikan ini adalah memanfaatkan Mode Pesawat. Kamu sebenarnya sudah bisa menyembunyikan status online hanya dengan menggunakan cara tersebut.

Saya pun sudah membuktikan hal ini. Ketika mengakses WhatsApp dengan mode pesawat dan menggunakan handphone pasangan untuk mengeceknya, status online tidak muncul sama sekali.

Apakah kamu juga berhasil melakukannya? Jika belum, coba tuliskan di kolom komentar permasalahanmu. Siapa tahu tim Gadgetren bisa memberikan solusi untuk itu.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar