Tips dan Trik

Cara Membuat Akun WhatsApp Tidak Terlihat Online di Ponsel Android

cara whatsapp tidak terlihat online di android Logo

Gadgetren – Siapa yang sering ribut sama pacar gara-gara gak bales chat tapi ketahuan sedang online di WhatsApp? Bikin berabe juga kan?

Sebagai aplikasi perpesanan yang sangat populer, WhatsApp punya banyak fitur yang cukup berguna bagi penggunanya. Beberapa fitur yang berguna tersebut diantaranya adalah Online dan Last Seen.

Fitur Online akan memberikan tanda kepada kita bahwa seseorang dalam kontak kita sedang membuka aplikasi WhatsApp. Fitur ini akan menyala meskipun seseorang tersebut tidak sedang membuka chat antara kita dengannya. Cara melihat apakah seseorang tersebut sedang online atau tidak, Anda dapat membuka pesan chat dengannya.

Sedangkan fitur Last Seen akan menunjukan informasi kepada kita tentang kapan seseorang dalam kontak WhatsApp yang kita miliki terakhir kali membuka aplikasi WhatsApp. Sama seperti fitur online, Anda dapat melihatnya dengan membuka chat yang Anda kirim untuknya.

Indikator dari kedua fitur ini akan mucul dibawah nama kontak WhatsApp, atau di bawah nomor telepon WhatsApp jika Anda belum menyimpan nomor ke dalam kontak. Namun, jika indikator ini tidak muncul, terdapat beberapa hal yang dapat membuat hal tersebut terjadi.

Hal tersebut antara lain adalah:

  • Bisa jadi seseorang yang akan Anda kepoin tersebut mengatur preferensi privasi untuk menyembunyikan informasi dari orang ┬álain
  • Bisa jadi Anda telah mengatur preferensi setelan privasi dengan tidak membagikan last seen Anda kepada orang lain, karena jika Anda memilih untuk tidak menampilkan last seen maka Anda pun tidak dapat melihat last seen orang lain. Cukup fair bukan?
  • Alasan ketiga ini menjadi alasan yang sangat menyakitkan, karena jika bukan kedua hal di atas yang menyebabkan Anda tidak dapat melihat last seen dari seseorang, maka hal yang paling mungkin adalah Anda telah diblock dari orang tersebut.

Namun bagi sebagian pengguna, kedua fitur tersebut dapat menjadi hal yang sangat mengganggu. Karena, tanpa kita sadari, kita dapat ketahuan sedang online padahal sedang tidak ingin membalas pesan dari seseorang. Bisa jadi, kita bisa dapat masalah dari hal ini.

Contohnya, pasangan kita bisa ngambek gara-gara tahu kita sedang online padahal kita sudah pamit untuk mengerjakan tugas atau mau tidur dulu. Resiko paling besar dari hal ini tidak hanya sekedar ngambek tentunya, bisa-bisa pasangan kita minta putus karena beranggapan kita sedang selingkuh.

Untuk menghindari ini semua terjadi kepada Anda, seperti disebutkan pada alasan poin kedua kenapa kita tidak dapat mengetahui last seen seseorang, kita dapat mengatur setelan privasi kita ke Nobody.

Cara Membuat WhatsApp Tidak Terlihat Online

Cara Mengeset Last Seen di WhatsApp

Aplikasi WhatsApp untuk semua platform, baik Android, Windows Phone, iOS, dan lainya, memiliki fitur default ini. Namun, untuk menon-aktifkannya setiap perangkat memiliki cara yang berbeda-beda.

Untuk membuat WhatsApp tidak terlihat online di perangkat Android, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Klik ikon tiga titik yang terletak pada bagian kanan atas tampilan
  3. Pilih opsi Setting, kemudian buka Account, dan pilih Privacy
  4. Atur Last Seen ke Nobody dengan mengetuknya dan memilih Nobody

Sebenarnya terdapat tiga pengaturan yang dapat Anda gunakan untuk mengatur privasi last seen yang akan digunakan. Everyone dapat Anda pilih jika ingin semua orang dapat melihat kapan terakhir kita online dan My Contacts untuk membatasi hanya orang yang ada dalam kontak kita. Selamat mencoba!

Leave a Comment