Tips dan Trik

Tidak Ingin Ketahuan? Sembunyikan Centang Biru WhatsApp Dengan Cara Berikut!

Cara Menghilangkan Centang Biru WhatsApp Header

Gadgetren – Pernah penasaran terhadap isi sebuah pesan WhatsApp dari orang lain, namun tidak ingin ketahuan kalau telah membaca pesan tersebut oleh pengirim?

WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan yang cukup komplit sehingga memiliki banyak pengguna aktif setiap harinya. Ada banyak fitur baru yang dikembangkan platform tersebut setelah jatuh ke tangan perusahaan raksasa teknologi Facebook.

Salah satu fitur yang cukup membantu pengguna adalah tanda yang muncul sebagai laporan pengiriman pesan dalam bentuk tanda centang. Setidaknya terdapat tiga tanda yang akan muncul setelah pengguna mengirim pesan, yaitu centang satu, centang dua, dan centang biru.

Masing-masing tanda menunjukan bahwa pesan telah terkirim dengan kondisi berbeda. Centang satu menunjukan bahwa pesan WhatsApp yang telah dikirim pengguna telah berhasil terkirim dengan sukses. Centang ganda atau centang dua menunjukan bahwa pesan telah berhasil sampai dengan sukses ke penerima. Sedangkan centang ganda berwarna biru menunjukan bahwa pesan telah dibaca oleh penerima pesan.

Namun, dalam Grup Chat, arti tanda tersebut sedikit bergeser, yang mana pengguna akan memperoleh tanda centang ganda ketika pesan telah sampai kepada semua anggota grup, dan centang biru ketika pesan telah dibaca oleh semua anggota grup.

Fitur tersebut tentu akan berguna bagi sebagian pengguna karena dapat mengecek apakah pesannya sudah terbaca atau belum. Namun di sisi penerima, terdapat beberapa orang yang tidak ingin ketahuan telah membaca pesan dari lawan bicara sehingga ingin menghilangkan tanda centang biru tersebut.

Meskipun tergolong mudah, banyak orang yang masih bingung cara menghilangkan centang biru yang muncul saat pesan telah dibaca lawan bicara. Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk membuat WhatsApp yang kita baca tidak menampilkan tanda centang biru, namun satu cara ini adalah cara yang paling saya rekomendasikan.

Hampir sama seperti menghilangkan tanda online di WhatsApp, cara menonaktifkan tanda centang biru adalah sebagai berikut ini.

Cara Menghilangkan Centang Biru di WhatsApp

  1. Buka pengaturan WhatsApp melalui ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas, kemudian klik opsi Settings
  2. Jika sudah masuk ke pengaturan WhatsApp, pilih opsi Account
  3. Setelah itu, pilih opsi Privacy
  4. Saat berada di menu Privacy, cari opsi Read receipts, dan hilangkan tanda centang di opsi tersebut

Cara Menghilangkan Tanda Centang Biru WhatsApp

Nah, setelah centang pada opsi Read receipts dihilangkan, pengguna tidak perlu khawatir pesan yang telah dibacanya menunjukan centang biru pada lawan bicara. Namun, perlu diketahui bahwa pengguna pun tidak akan dapat melihat orang lain telah membaca pesan yang telah dikirim atau tidak, setelah menonaktifkan fitur Read receipts di aplikasi WhatsApp.

Leave a Comment