ASUS TUF Gaming FX507
Rekomendasi Handphone

5 HP Samsung Harga Rp3 Jutaan Buat Kamu yang Butuh Upgrade

HP Samsung 3 Jutaan - Header

Gadgetren – Kelas menengah juga menjadi pasar yang sering disegarkan oleh perusahaan Samsung dalam rangka mengembangkan berbagai macam ponsel untuk memenuhi kebutuhan para pengguna.

Bahkan hampir setiap tahun, perusahaan asal Korea itu menelurkan perangkat baru yang dirancang untuk menyasar pasar tersebut. Adapun dalam hal ini umumnya akan didistribusikan melalui lini keluarga Samsung Galaxy A maupun Galaxy M.

Di antara lini pasar menengah yang mereka sasar, rentang harga Rp3 jutaan menariknya juga tidak luput disegarkan. Kita yang hanya mempunyai dana sebesar itu pun dapat mempertimbangkan berbagai macam perangkat di dalamnya saat memerlukan ponsel baru.

1. Samsung Galaxy A15 4G

Samsung Harga 3 Jutaan - Galaxy A14 4G

Hadir dengan pilihan konfigurasi memori sebesar 8GB + 256GB, Samsung Galaxy A15 4G pun menjadi salah satu di antaranya. Varian ini soalnya juga dibanderol dengan harga Rp3 jutaan. Tepatnya di angka Rp3.299.000 jika mengacu harga di laman samsung.com.

Spesifikasi yang ditawarkan oleh Galaxy A15 4G di sisi lain juga cukup menarik. Perangkat ini soalnya sudah naik kelas dari generasi sebelumnya dengan menghadirkan chipset MediaTek Helio G99 (6nm) yang dapat beroperasi hingga 2,2GHz.

Chipset menengah tersebut tentu dapat memberikan pengalaman pemakaian yang lebih baik mulai dari sekadar berkomunikasi, berjejaring di media sosial, hingga bermain game sekalipun. Terlebih lagi perangkat Galaxy A15 4G juga mempunyai panel layar yang menawan.

Bagi kamu yang belum tahu, Galaxy A15 4G dilengkapi dengan panel Super AMOLED berukuran 6,5 inci yang mendukung tingkat kecerahan hingga 800nits. Resolusinya pun sudah Full HD+ (2340 x 1080 piksel) dengan refresh rate hingga 90Hz.

Pada bagian kamera, perangkat satu ini mengemas lensa utama beresolusi 50MP yang dikombinasikan bersama lensa ultrawide 5MP dan makro 2MP. Sementara kamera depannya memakai sensor 13MP. Cukup mumpuni untuk menangani berbagai macam kebutuhan pengambilan gambar.

Baterai berkapasitas 5.000mAh juga sudah hadir dalam perangkat ini. Ditemani dengan dukungan 25W Super Fast Charging, kita pun dapat mengerjakan berbagai macam aktivitas secara lebih nyaman tanpa khawatir perangkat kehabisan data.

2. Samsung Galaxy A24 4G

Samsung Harga 3 Jutaan - Galaxy A24

Alternatif selanjutnya, kita dapat mempertimbangkan Samsung Galaxy A24 4G. Ponsel keluaran Tahun 2023 ini memang sudah tidak tersedia di laman samsung.com, tetapi kita masih bisa meminangnya dari Tokopedia dengan kisaran harga Rp3,3 juta.

Ponsel yang tergolong lawas ini tampak seperti perangkat acuan Samsung dalam mengembangkan Galaxy A15 4G. Hal tersebut terlihat dari berbagai macam aspek yang mempunyai spesifikasi sangat mirip di antara keduanya.

Dalam hal ini, Galaxy A24 4G lebih dulu menggunakan Helio G99 yang dikombinasikan bersama RAM 8GB, layar Super AMOLED Full HD+ 6,5 inci, hingga baterai berkapasitas 5.000mAh dengan dukungan 25W Super Fast Charging sebagai penunjang.

Hanya saja sebagai perangkat yang sebenarnya meluncur dengan kasta sedikit lebih tinggi, Galaxy A24 4G memang mempunyai beberapa dukungan yang lebih baik. Jadi bisa menjadi opsi yang baik meskipun harganya memang hampir setara.

Misalnya pada bagian kamera, perangkat ini memang mengandalkan lensa utama 50MP + ultra-wide 5MP + makro 2MP dan depan 13MP. Hanya saja secara khusus sudah dilengkapi dengan fitur OIS (Optical Image Stabilization) yang memungkinkan pengambilan gambar lebih stabil.

Panel Super AMOLED yang digunakan oleh Galaxy A24 4G juga tercatat lebih baik. Layar perangkat ini soalnya sudah mendukung tingkat kecerahan lebih tinggi di mana mencapai 1.000nits. Memungkinkan kita melihat konten lebih jelas saat di bawah terik matahari sekalipun.

3. Samsung Galaxy A15 5G

Samsung Harga 3 Jutaan - Galaxy A15 5G

Bersama dengan versi 4G, Samsung juga meluncurkan Samsung Galaxy A15 5G. Perangkat ini pun dapat menjadi alternatif pas saat ingin meminang perangkat 5G dengan harga terjangkau karena hanya dibanderol dengan harga Rp3.599.000 di samsung.com.

Dibandingkan dengan versi 4G, perangkat ini pun membawa beberapa penyesuaian selaras dengan banderol harganya yang lebih mahal. Termasuk pada bagian chipset yang mana secara teknis digunakan untuk menghadirkan dukungan 5G miliknya.

Galaxy A15 5G secara khusus meluncur dengan MediaTek Dimensity 6100+ (6nm) yang mempunyai kecepatan serupa Helio G99. Dengan menggunakan chipset tersebut, perangkat ini pun mempunyai kemampuan yang tak boleh dipandang sebelah mata.

Konfigurasi memori yang digunakan apalagi juga termasuk besar. Seperti versi 4G, perangkat ini mempunyai RAM berkapasitas 8GB. Hanya saja penyimpanannya hadir dalam satu varian saja di mana untungnya sudah sebesar 256GB.

Fitur yang diusung oleh Galaxy A15 5G juga tergolong lebih lengkap. Perangkat ini di antaranya sudah mendukung fungsi giroskop yang memungkinkan kita mengoperasikan ponsel dengan gesture gerakan secara lebih kompleks.

Selain beberapa hal di atas, Galaxy A15 5G juga mengusung spesifikasi yang serupa dengan versi 4G. Kita di antaranya akan menemukan mulai dari layar Super AMOLED Full HD+ 6,5 inci dengan refresh rate 90Hz, kamera 50MP, hingga baterai berkapasitas 5.000mAh.

4. Samsung Galaxy M34 5G

Samsung Harga 3 Jutaan - Galaxy M34 5G

Untuk menyasar pasar di rentang Rp3 jutaan, Samsung juga meluncurkan perangkat bernama Samsung Galaxy M34 5G. Ponsel satu ini secara khusus dapat dipinang melalui laman samsung.com dengan banderol harga Rp3.999.000.

Mengandalkan Samsung Exynos 1280 (5nm) berkecepatan hingga 2,4GHz, Galaxy M34 5G pun dapat menjadi pilihan pas bagi kita yang memerlukan perangkat 5G. Chipset tersebut apalagi sangat mumpuni untuk pemakaian sehari-hari.

Samsung secara khusus menyematkan RAM berkapasitas 8GB yang dapat diperluas hingga total 16GB sebagai pendampingnya. Selain itu, terdapat juga media penyimpanan internal sebesar 128GB yang dapat menampung berbagai macam data dan aplikasi.

Tidak ketinggalan dari perangkat Samsung seharga Rp3 jutaan lainnya, perangkat ini juga mengemas layar Super AMOLED Full HD+ berukuran 6,5 inci. Panelnya pun bahkan sudah mendukung refresh rate hingga 120Hz untuk menghadirkan tampilan animasi yang lebih mulus.

Yang tak kalah menarik, perangkat satu ini juga kembali meluncur dengan dukungan baterai berkapasitas sebesar 6.000mAh setelah sempat absen di pendahulunya. Kita pun dapat menggunakannya beraktivitas dengan durasi pemakaian sangat lama di mana bahkan diklaim bisa sampai 158 jam untuk memutar musik.

5. Samsung Galaxy A25 5G

Samsung Harga 3 Jutaan - Galaxy A25 5G

Belum lama ini, Samsung pun menyegarkan lini perangkat menengah mereka dengan memperkenalkan Samsung Galaxy A25 5G. Kita pun dapat mempertimbangkannya saat memerlukan perangkat Rp3 jutaan karena juga dibanderol dengan harga mulai dari Rp3.999.000 di samsung.com.

Sama halnya dengan Galaxy M34 5G, perangkat ini juga menghadirkan chipset Exynos 1280 yang dikombinasikan bersama RAM 8GB sebagai mesin utamanya. Terdapat juga media penyimpanan internal sebesar mulai dari 128GB.

Kamera yang diusung juga serupa. Galaxy A25 5G dalam hal ini turut menggunakan lensa utama 50MP yang dilengkapi dengan sensor ultra-wide 8MP dan makro 2MP serta lensa depan 13MP. Perangkat ini pun mendukung fitur OIS untuk menunjang kemampuannya.

Sebagai dukungan tambahan, perangkat ini juga mendukung speaker stereo yang masih absen di beberapa ponsel Samsung Rp3 jutaan lainnya. Menggenapi berbagai macam fitur yang sudah umum seperti pemindai sidik jari, NFC, maupun pengisian 25W Super Fast Charging.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar