ASUS TUF Gaming F15
Smartphone

Bedanya Samsung Galaxy A15 dan Samsung Galaxy A24, Cukup Mirip Memang!

Samsung Galaxy A15 Vs Samsung Galaxy A24 - Header

Gadgetren – Meskipun dibanderol dengan harga peluncuran yang lebih murah, Samsung Galaxy A15 tercatat mempunyai spesifikasi dan dukungan yang terlihat hampir mirip dengan Samsung Galaxy A24.

Kedua perangkat tersebut misalnya sama-sama mengemas MediaTek Helio G99 sebagai dapur pacu, RAM berkapasitas 8GB, layar Super AMOLED Full HD+ 6,5 inci, kamera utama 50MP + ultra-wide 5MP + makro 2MP, lensa depan 13MP, baterai 5.000mAh, maupun pengisian 25W Super Fast Charging.

Namun di balik beberapa kesamaannya, kedua perangkat tersebut tetap mempunyai sejumlah perbedaan. Galaxy A15 sebenarnya membawa beberapa penyesuaian yang dapat membuatnya sedikit terlihat berbeda dari Galaxy A24.

Samsung Galaxy A15 Vs Samsung Galaxy A24

Galaxy A15 salah satu di antaranya meluncur dengan konfigurasi memori yang lebih banyak. Perangkat menengah tersebut menawarkan dua varian penyimpanan sementara Galaxy A24 sebelumnya hanya menyediakan satu pilihan saja.

Perangkat yang diganjar lebih murah tersebut menariknya juga menawarkan konfigurasi penyimpanan yang lebih besar. Galaxy A15 dalam hal ini mempunyai varian yang dapat dipilih antara 128GB atau 256GB. Berbeda dengan Galaxy A24 yang hanya tersedia dalam opsi 128GB.

Namun sebagai ganti, sistem kamera yang digunakan Galaxy A15 sedikit diturunkan. Perangkat tersebut memang masih menggunakan konfigurasi lensa dan resolusi serupa Galaxy A24 tetapi dukungan OIS (Optical Image Stabilization) di dalamnya dihilangkan.

Bagi kamu yang belum tahu, OIS sebenarnya lumayan penting dalam proses pengambilan gambar. Dukungan ini soalnya memungkinkan kita memfoto atau merekam video dengan lebih stabil sehingga hasilnya bisa lebih tajam dan jelas tanpa terguncang-guncang.

Menariknya, hilangnya dukungan OIS di kamera utama ini diganti dengan pemakaian kamera depan dengan bukaan lebih besar. Galaxy A15 memang kembali membawa resolusi 13MP tetapi kini secara khusus menggunakan lensa f/2.0 yang mana secara teknis menawarkan pengambilan gambar bokeh lebih baik ketimbang f/2.2 pada Galaxy A24.

Penyesuaian yang dilakukan oleh pihak Samsung juga mencakup bagian layar. Meskipun sama-sama menggunakan panel Super AMOLED dengan ukuran dan resolusi serupa, Galaxy A15 hanya mempunyai tingkat kecerahan sampai 800nits. Menurun dari Galaxy A24 yang sebelumnya mendukung hingga 1.000nits.

Pihak Samsung juga mengurangi jenis sensor yang digunakan di dalam Galaxy A15. Tidak seperti Galaxy A24 yang sebelumnya mengemas Giroskop, perangkat tersebut justru belum membawanya. Padahal lumayan penting untuk memainkan sejumlah judul game populer di masa sekarang.

Jenis slot yang digunakan juga sedikit berbeda. Meskipun masih menyediakan dukungan untuk memasang kartu eksternal, Galaxy A15 memakai tipe hibrida yang mana harus memilih untuk menggunakan nomor ganda atau mengganti satunya dengan Micro SD. Tidak seperti Galaxy A24 yang ketiganya tersedia terpisah.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar