ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Hands-On Samsung Galaxy A15 dan A15 5G, Ini Perbedaannya

Hands-On Samsung Galaxy A15 dan A15 5G, Ini Perbedaannya

Gadgetren – Setelah diluncurkan secara resmi di Indonesia, tim Gadgetren berkesempatan untuk mencicipi langsung seri Samsung Galaxy A15. Handphone ini hadir di Indonesia dalam dua versi yang terdiri dari Galaxy A15 dan Galaxy A15 5G.

Secara kasat mata, keduanya handphone ini menggunakan layar penuh dengan poni berbentuk U kecil yang biasa disebut dengan desain Infinity-U. Layarnya berukuran 6,5 inci dengan teknologi Super AMOLED, resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel), dan tingkat kecerahan 800 nits yang mampu menampilkan konten dengan terang serta jernih.

Samsung Galaxy A15 5G - Refresh Rate

Saya sendiri dapat dengan nyaman ketika menikmati hiburan maupun membuka browser pada layar dari kedua handphone tersebut. Apalagi saya pun masih dapat dengan jelas melihat konten walaupun sedang berada di bawah terik matahari sekalipun.

Berkat refresh rate 90Hz, membuat gerakan transisi perpindahan antar menu terasa halus. Sementara apabila konsumsi daya baterai ingin menjadi lebih hemat lagi, kecepatan refresh rate dari semua handphone tersebut dapat diatur ke Standar (60Hz).

Bahkan saya juga merasa bahwa sentuhan jari saya dapat direspon oleh layar dari kedua perangkat tersebut dengan baik sehingga nyaman dalam melakukan navigasi maupun mengakses aplikasi.

Pada sisi bawah Galaxy A15 maupun Galaxy A15 5G, terdapat port jack audio 3,5mm, port USB Type-C, dan lubang speaker. Sementara sisi kanan dari semua perangkat ini terdapat tombol Volume, Power, dan sensor fingerprint.

Samsung Galaxy A15 5G - Color

Samsung Galaxy A15 5G

Untuk sisi kirinya terdapat SIM Tray yang berjenis hybrid, dimana saya mempunyai pilihan menyematkan dua kartu SIM tanpa kartu microSD atau memasukkan satu kartu SIM dan satu kartu microSD secara bersamaan.

Bodi belakang dari Galaxy A15 dan Galaxy A15 5G ini menggunakan bahasa desain Samsung masa kini yang simpel dengan tiga kamera yang disusun secara vertikal dan permukaan Glastic (plastik yang dibuat menyerupai desain kaca) agar terlihat premium.

Sementara untuk pilihan warna dari semua perangkat ini terdiri dari Blue Black, Blue, dan Yellow. Namun perbedaanya terlihat pada finishing Glastic yang dibawa, dimana Galaxy A15 menggunakan finishing Glossy yang dapat menampilkan banyak kilauan ketika terkena pantulan cahaya sehingga terlihat menarik.

Saya merasa bahwa noda sidik jari dan debu mudah menempel pada bodi belakang Galaxy A15, namun permukaan belakangnya tidak terasa licin sehingga nyaman ketika digenggam dengan satu tangan.

Samsung Galaxy A15 - Color

Samsung Galaxy A15

Sementara Galaxy A15 5G menggunakan finishing Haze dengan dapat memantulkan kilauan ditambah efek kabut yang membuatnya terlihat menawan. Meskipun noda sidik jari dan debu tidak menempel, namun permukaan belakangnya terasa licin sehingga mungkin perlu digunakan softcase tambahan.

Dapur pacu dari Galaxy A15 5G dipercayakan pada MediaTek Dimensity 6100+ (6nm) Octa-Core 2,2 GHz yang mampu menjalankan aplikasi maupun game dengan lancar. Apalagi modem yang hadir pada chipset ini dapat membuat handphone mendukung jaringan 5G dari operator di Indonesia dengan kecepatan download maksimal 3,3 Gbps.

Sementara Galaxy A15 diotaki chipset MediaTek Helio G99 (6nm) Octa-Core 2,2 GHz yang juga dapat menjalankan aplikasi dan beberapa game dengan lancar. Namun modem pada chipset ini hanya dapat mendukung hingga jaringan 4G-LTE dari operator di Indonesia dengan kecepatan download hingga 650 Mbps.

Samsung Galaxy A15 5G - Display

Pada saat mencoba Galaxy A15 dan Galaxy A15 5G selama beberapa waktu, saya merasa keduanya dapat dengan lancar menjalankan beragam aplikasi secara bersamaan, seperti browser, media sosial, email, dan lainnya.

Dengan mengandalkan RAM 8 GB, kedua perangkat ini juga mampu menjalankan aplikasi secara multitasking dengan lancar. Apalagi terdapat fitur RAM Plus yang dapat meminjam ruang kosong penyimpanan internal menjadi RAM Virtual dengan pilihan 2 GB, 4 GB, 6 GB, atau 8 GB.

Hadir dengan dua varian, Galaxy A15 dijual dengan harga Rp2.899.000 untuk penyimpanan 128 GB dan Rp3.299.000 untuk penyimpanan 256 GB. Sementara Galaxy A15 5G hanya memiliki satu varian 256 GB dengan harga Rp3.599.000.

Samsung Galaxy A15 5G - Selfie

Untuk mendukung fotografi maupun videografi, Galaxy A15 dan Galaxy A15 5G ini sudah dilengkapi dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP, ultrawide 5 MP, dan makro 2 MP.  Sementara kamera depannya memiliki resolusi 13 MP.

Baterai 5.000mAh dan fitur 25W Fast Charging pun turut dihadirkan pada kedua perangkat ini. Tak ketinggalan, fitur NFC (Near Field Communication) juga turut dihadirkan pada Galaxy A15 dan Galaxy A15 5G sehingga memudahkan saya untuk mengecek atau mengisi saldo kartu emoney secara cepat.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar