ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

8 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A15 4G, Tak Kalah Menggoda

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A15 4G - Header

Gadgetren – Bersama versi 5G-nya, Samsung Galaxy A15 4G akhirnya resmi diboyong ke Indonesia. Perangkat ini kini pun sudah bisa dipinang dengan banderol harga mulai dari Rp2.899.000.

Kita yang memerlukan ponsel baru untuk menemani saat beraktivitas sehari-hari bisa mempertimbangkannya sebagai salah satu pilihan. Perangkat menengah ini mengemas spesifikasi dan dukungan yang tak kalah menarik di kelasnya.

Perangkat ini bahkan tercatat membawa sejumlah keunggulan yang membuatnya semakin layak untuk dipertimbangkan. Walaupun untuk sebaliknya, kita memang masih perlu memperhatikan kekurangan-kekurangan yang turut diusungnya.

Kelebihan Samsung Galaxy A15 4G

1. Layar Menarik

Meluncur dengan panel Super AMOLED yang mendukung tingkat kecerahan maksimal sampai 800nits, Galaxy A15 4G mempunyai spesifikasi layar yang cukup menarik. Ukurannya sudah membentang hingga seluas 6,5 inci dengan resolusi gambar Full HD+ (2340 x 1080 piksel).

Menonton atau membaca konten di perangkat Galaxy A15 4G makanya akan terasa nyaman. Tulisan dan gambar bisa terlihat dengan jelas. Bahkan di bawah terik matahari sekalipun, kita masih dapat melihat apa yang ditampilkan dengan baik berkat sebuah fitur bernama Vision Booster.

Refresh rate yang didukung oleh Galaxy A15 4G apalagi juga dapat diatur dengan setelan sampai 90Hz. Animasi gambar dari berbagai macam konten mulai dari tayangan video hingga game akan terlihat lebih baik mengikuti dukungan terbaiknya.

Tidak boleh dilupakan, perangkat ini juga sudah mengemas Eye Care Certification dari SGS. Kita makanya bisa memakai Galaxy A15 4G tanpa perlu mengkhawatirkan berbagai macam dampak negatif dari paparan sinar biru yang berbahaya bagi kesehatan mata.

2. Kamera Lumayan Komplit

Sama seperti perangkat-perangkat di kelasnya, Galaxy A15 4G juga tercatat membawa dukungan kamera yang lumayan lengkap. Perangkat ini sudah mengemas lensa tambahan berupa sensor ultra-wide 5MP dan makro 2MP yang dapat memberikan opsi lebih baik dalam mengabadikan momen dalam sebuah gambar.

Kamera yang dibawa Galaxy A15 4G apalagi sebenarnya memang sudah tergolong tinggi. Lensa utamanya menggunakan sensor beresolusi 50MP sementara bagian depan 13MP. Cukup mumpuni untuk menghasilkan gambar yang tidak mudah pecah ketika diperbesar beberapa kali.

3. Konfigurasi Memori Mumpuni

Menemani chipset MediaTek Helio G99 (6nm) berkecepatan hingga 2,2GHz yang secara teknis sudah bertenaga, Galaxy A15 4G menghadirkan konfigurasi memori yang baik. Jadi bisa diandalkan untuk menangani berbagai macam aktivitas sehari-hari.

Untuk RAM, Galaxy A15 4G menawarkan kapasitas sebesar 8GB. Di atas kertas, kapasitas sebesar itu sekarang sudah cukup untuk melakukan berbagai macam aktivitas dengan lancar di mana termasuk menjalankan banyak aplikasi sekaligus (multitasking) maupun bermain game.

Sementara untuk media internalnya, Galaxy A15 4G menawarkan ruang penyimpanan yang dapat dipilih antara 128GB atau 256GB. Terdapat juga opsi untuk memperluas kapasitasnya dengan menambahkan kartu Micro SD hingga sebesar 1TB.

4. Dukungan Daya Bisa Diandalkan

Sebagai penyokong dayanya, Galaxy A15 4G di sisi lain juga sudah membawa baterai besar. Perangkat besutan Samsung ini tercatat memiliki penyimpanan daya dengan kapasitas hingga 5.000mAh. Makanya kita tak perlu khawatir perangkat bakal cepat kehabisan energi.

Samsung sendiri mengklaim bahwa baterai 5.000mAh milik perangkat ini dapat bertahan hingga 20 jam untuk menonton video, 51 jam menelepon, atau bahkan 109 jam memutar musik saat dihitung dari kondisi penuh sampai habis.

Jika terpaksa harus mengisi daya, Galaxy A15 4G apalagi juga sudah mendukung teknologi 25W Super Fast Charging. Kita pun tak perlu menunggu lama sampai baterai terisi penuh meskipun dalam hal ini memang bukan yang paling cepat untuk sekelasnya.

5. Jaminan Pembaruan Panjang

Yang sangat menarik, usia pemakaian dari Galaxy A15 4G bisa sangat panjang sebelum kita benar-benar perlu membeli perangkat baru lagi. Samsung soalnya memberikan jaminan pembaruan sistem yang sangat baik untuk ponsel satu ini.

Sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh pihak Samsung, Galaxy A15 4G bakal mendapatkan pembaruan Android hingga empat generasi atau selama empat tahun ke depan. Belum lagi nanti juga akan ditambah dengan pemeliharaan keamanan sampai totalnya menjadi lima tahun.

Kekurangan Samsung Galaxy A15 4G

1. Masih Memakai Notch

Sayangnya dengan spesifikasi yang menarik, desain layar yang ditawarkan oleh perangkat ini bisa dibilang cukup ketinggalan. Galaxy A15 4G soalnya masih menggunakan panel dengan poni kecil sebagai tempat kamera depan.

Padahal, banyak perangkat di rentang harganya kini sudah beralih menggunakan desain tempat kamera berbentuk punch hole. Bahkan ada beberapa ponsel yang dipasarkan jauh di bawahnya sudah menggunakan desain lebih modern tersebut.

2. Slot Kartu Hibrida

Meskipun mengemas dukungan untuk mengekspansi penyimpanan dengan kartu media eksternal, slot Micro SD yang ditawarkan oleh perangkat ini sayangnya juga bersifat hibrida. Kita makanya harus mempertimbangkan baik-baik apabila di sisi lain juga perlu memakai dua nomor sekaligus.

Slot kartu yang diberikan oleh Galaxy A14 4G dalam hal ini hanya berisi dua lubang. Kita bisa menggunakannya untuk memasang dua nomor telepon atau mengganti satunya dengan Micro SD untuk memperluas penyimpanan. Kita tidak dapat memasang ketiganya sekaligus.

3. Speaker Belum Stereo

Di sisi lain, perangkat menengah buatan Samsung ini juga belum membawa speaker stereo tidak seperti sejumlah ponsel sekelasnya. Jadi suara yang dihasilkan bakal kalah bagus saat digunakan untuk menonton film, bermain game, atau mendengarkan musik.

Untungnya, perangkat ini masih dilengkapi dengan dukungan jack audio 3,5mm. Kita dapat memanfaatkan perangkat kepala tambahan seperti headphone atau headset untuk mendapatkan pengalaman yang lebih menyenangkan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar