ASUS Zenbook DUO UX8406
Berita Smartphone

Hands On Samsung Galaxy A25 5G – Hadirkan Desain dan Performa Menarik

Hands On Samsung Galaxy A25 5G – Hadirkan Desain dan Performa Menarik

Gadgetren – Mengawali tahun 2024, Samsung Electronics Indonesia telah meluncurkan handphone 5G yang bernama Galaxy A25 5G di Tanah Air. Saya pun berkesempatan untuk mengikuti acara Hands-On Galaxy A25 5G di Jakarta sehingga dapat memegang dan mencicip handphone 5G terbaru seri A ini secara langsung.

Pada saat melihat bagian depannya, Samsung Galaxy A25 5G ini menggunakan desain Infinity-U dengan layar penuh yang mempunyai poni berbentuk huruf u atau waterdrop di bagian atasnya.

Lebih lengkapnya, handphone ini mempunyai layar 6,5 inci dengan teknologi Super AMOLED, resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel), Vision Booster, dan tingkat kecerahan hingga 1.000nits yang mampu menampilkan konten dengan terang serta jernih.

Saya dapat menikmati beragam konten, mulai dari aplikasi, game, video, maupn gambar, dengan nyaman yang ditampilkan oleh layar handphone ini. Bahkan pada saat berada di bawah terik matahari, saya masih dapat melihat konten dengan jelas.

Samsung Galaxy A25 5G - Display Diagonal

Berkat refresh rate hingga 120Hz (High), membuat layarnya dapat menampilkan gerakan transisi antar menu maupun animasi game dengan halus sehingga memanjakan mata saya. Namun apabila ingin lebih hemat konsumsi daya, terdapat juga pilihan penguncian ke refresh rate 60Hz (Standard).

Perlu dicatat bahwa perangkat ini tidak memiliki fitur Auto Refresh Rate sehingga hanya dapat dipilih ke penguncian 120Hz atau 60Hz saja. Sentuhan jari saya terhadap layar pun dapat direspon dengan baik sehingga membuat saya nyaman ketika menavigasikan menu, mengoperasikan aplikasi, maupun memainkan game.

Saya merasa One UI 6 berbasiskan Android 14 yang hadir pada Galaxy A25 5G ini mempunyai tampilan sederhana dan ikon serta teks yang proporsional sehingga mudah untuk melakukan navigasi di dalam layar.

Samsung Galaxy A25 5G - Refresh Rate

Mengikuti bahasa desain perangkat Samsung masa kini, Galaxy A25 5G ini mempunyai bagian belakang yang simpel dengan menghilangkan komponen tidak perlu sehingga terlihat bersih.

Masih pada bagian belakang, terdapat tiga lingkaran yang masing-masing berisikan kamera disusun secara vertikal sehingga membuatnya terlihat lebih menarik. Adapun pola kotak-kotak mempercantik desain belakang dari handphone ini.

Pada saat terkena pantulan cahaya akan seperti terlihat kabut-kabut yang muncul pada bagian belakang handphone. Perangkat ini pun hadir dengan tiga varian warna yang terdiri dari Black, Blue, dan Yellow sehingga memberikan kamu pilihan warna yang sesuai dengan selera.

Samsung Galaxy A25 5G - All HandsOn Color

Menurut saya, permukaan belakang handphone ini tidak licin sehingga membuat nyaman ketika digenggam dengan satu tangan. Beralih ke sisi kanan, terdapat tombol Power, tombol Volume, dan sensor fingerprint.

Sementara pada sisi kirinya terdapat SIM Tray yang terdiri dari slot kartu SIM dan microSD. Untuk bagian bawahnya terdapat port jack audio 3,5mm, port USB Type-C, dan lubang speaker. Terdapat satu lagi speaker di atas poninya sehingga membuat handphone ini dapat mendukung suara speaker dengan dukungan Dolby Atmos.

Perangkat ini memiliki tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP dengan OIS (Optical Image Stabilization), ultrawide 8 MP, dan makro 2 MP. Sedangkan kamera depannya mempunyai resolusi 13 MP.

Samsung Galaxy A25 5G - Camera

Dengan kombinasi chipset Exynos 1280 (5nm) Octa-Core 2,4 GHz dan RAM 8 GB, membuat Galaxy A25 5G dapat dijalankan dengan lancar, terutama pada saat saya melakukan navigasi, mengakses serta mengoperasikan aplikasi, maupun menonton video dari YouTube.

Terdapat juga fitur RAM Plus yang dapat meminjam kapasitas ruang kosong dari penyimpanan internal untuk menjadi RAM Virtual dengan pilihan 2 GB, 4 GB, 6 GB, atau 8 GB.

Terlihat bahwa kapasitas penyimpanan internalnya besar sehingga memudahkan saya untuk menyimpan banyak, aplikasi, maupun game sekaligus. Sementara dukungan fitur NFC, baterai 5.000mAh, dan fitur 25W Fast Charging pun turut dihadirkan pada perangkat ini.

Samsung Galaxy A25 5G - Model

Setelah mencobanya secara singkat, saya sendiri merasa bahwa Samsung Galaxy A24 5G ini dapat menghadirkan performa yang lancar untuk menjalankan aplikasi. Untuk desain yang ditawarkan pun bisa dibilang menarik.

Hadir dengan dua varian, Samsung Galaxy A25 5G ini dijual dengan harga Rp3.999.000 untuk varian penyimpanan internal 128 GB dan Rp4.399.000 untuk penyimpanan internal 256 GB.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar