ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

9 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A15 5G, Terlihat Menarik!

Samsung Galaxy A15 5G Layar

Gadgetren – Dengan meluncurnya Samsung Galaxy A15 5G, pilihan ponsel 5G terjangkau di Indonesia kini semakin beragam. Perangkat ini apalagi memang termasuk salah satu yang bisa diperhitungkan.

Galaxy A15 5G secara khusus meluncur dengan banderol harga Rp3.599.000. Di samping teknologi jaringan 5G yang menjadi keunggulannya, perangkat ini juga tercatat membawa spesifikasi dan berbagai macam dukungan yang cukup menarik.

Kita pun dapat mempertimbangkannya saat memerlukan ponsel 5G yang dipasarkan harga Rp3 jutaan. Namun sebelum benar-benar meminangnya, sebaiknya tidak lupa untuk melihat kelebihan dan kekurangan dari Galaxy A15 5G terlebih dahulu.

Kelebihan Samsung Galaxy A15 5G

1. Konfigurasi Memori Tinggi

Meluncur di pasar menengah, Galaxy A15 5G tersedia dalam satu varian konfigurasi memori. Hanya saja kita memang tak perlu khawatir karena perangkat ini sudah menawarkan kapasitas RAM dan media penyimpanan internal yang lebih dari cukup untuk pemakaian di masa sekarang.

Bagi kamu yang belum tahu, perangkat ini sudah menggunakan RAM berkapasitas 8GB. Kita makanya secara teknis bisa menjalankan berbagai macam aplikasi baik di muka atau belakang layar secara lancar di mana bahkan untuk multitasking sekalipun.

Sementara pada bagian penyimpanannya, perangkat ini dilengkapi dengan media internal seluas 256GB yang mana bakalan mampu menampung banyak data maupun aplikasi. Bahkan kita masih bisa mengekspansi dengan slot kartu Micro SD sampai 1TB jika dirasa masih belum cukup.

2. Dukungan Baterai yang Baik

Memakai ponsel ini, kita pun tidak perlu mengisi daya terlalu sering. Galaxy A15 5G soalnya sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas lumayan besar yang mana disebut-sebut sudah mampu bertahan lama untuk pemakaian sehari-hari.

Baterai Galaxy A15 5G sudah berkapasitas sebesar 5.000mAh. Samsung pun mengklaim bahwa perangkatnya ini mampu bertahan hingga 21 jam untuk menayangkan video, 44 jam melakukan panggilan telepon, atau 106 jam untuk memutar musik.

Di samping itu, perangkat ini sebenarnya sudah dilengkapi dengan pengisian daya yang lumayan. Teknologi 25W Super Fast Charging miliknya memang bukan yang terbaik di kelasnya tetapi bisa cukup membantu dalam mempersingkat waktu pengisian.

3. Kamera Lengkap

Selayaknya ponsel-ponsel yang meluncur dengan harga Rp3 jutaan, perangkat ini juga mempunyai dukungan kamera yang tergolong lengkap. Kita bisa menemukan lensa sudut lebar 5MP maupun makro 2MP sebagai pelengkap kamera utamanya.

Dukungan kamera dari Galaxy A15 5G di sisi lain juga termasuk sangat tinggi dan sudah cukup mumpuni untuk mengabadikan berbagai macam momen penting. Untuk kamera, Samsung menyematkan lensa utama 50MP sementara untuk kamera depan membawa lensa 13MP.

4. Bawa Dukungan 5G Mumpuni

Dalam mengakomodasi dukungan 5G, Galaxy A15 5G menggunakan MediaTek Dimensity 6100+ (6nm) hingga 2,2GHz sebagai dapur pacu. Chipset menengah tersebut tercatat mempunyai modem jaringan yang sangat baik dengan fitur-fitur penunjang yang lengkap.

Modem chipset Dimensity 6100+ misalnya menawarkan kecepatan download hingga 3,3Gbps yang mana diklaim sampai 40 persen lebih baik jika dibandingkan kompetitornya. Belum lagi, terdapat fitur seperti Situationally Intelligent Enhancements yang mampu menerapkan peningkatan akses menyesuaikan kondisi jaringan.

Chipset Dimensity 6100+ di sisi lain juga mendukung teknologi MediaTek HyperEngine 3.0 Lite. Di dalamnya mencakup fungsi untuk menghadirkan respons jaringan yang lebih cepat dan konektivitas yang lebih andal saat perangkat digunakan bermain game.

5. Pembaruan Panjang

Sudah meluncur dengan membawa Android 14 yang dibalut dengan antarmuka sistem One UI 6, Galaxy A15 5G menariknya masih menjanjikan pembaruan sistem yang sangat panjang. Jadi kita tidak perlu takut perangkat ini akan ketinggalan zaman.

Samsung dalam hal ini menjanjikan pembaruan sistem hingga empat kali di mana sampai Android 18 atau selama empat tahun ke depan. Belum lagi, terdapat pemeliharaan keamanan yang bisa membuat perangkat tetap terlindungi hingga lima tahun ke depan.

Dengan jaminan pembaruan sistem yang panjang, kita sebagai pengguna pun bisa lebih tenang. Kita bisa memakai Galaxy A15 5G dengan masa pemakaian yang lama. Tidak perlu terburu-buru untuk membeli perangkat baru.

Kekurangan Samsung Galaxy A15 5G

1. Slot Kartu Hibrida

Meskipun mendukung ekspansi penyimpanan dengan Micro SD hingga 1TB, Galaxy A15 5G sayangnya menggunakan tipe slot kartu hibrida. Kita yang mempunyai dua nomor pun perlu mempertimbangkannya secara matang-matang.

Kita soalnya harus memilih antara memakai dua nomor sekaligus atau mengganti satunya dengan kartu Micro SD untuk memperluas penyimpanan saat memakai ponsel ini. Kita tidak dapat menggunakan ketiganya secara bersamaan.

2. Layar Belum Terlindungi

Lapisan pelindung layar juga masih absen dari perangkat ini. Artinya, kita perlu membeli aksesori tambahan seperti screen guard, tempered glass, atau hydrogel agar panel lebih terlindungi dari goresan benda kecil maupun tajam saat pemakaian.

Spesifikasi layar dari Galaxy A15 5G sendiri sebenarnya sudah cukup menarik. Perangkat ini sudah menggunakan panel Super AMOLED berukuran 6,5 inci dengan resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel) dan refresh rate hingga 90Hz. Terdapat juga perlindungan mata tersertifikasi SGS.

3. Masih Memakai Notch

Di sisi lain, desain layar yang digunakan oleh Galaxy A15 5G juga sedikit ketinggalan zaman. Perangkat ini soalnya masih menggunakan notch sebagai tempat kamera depan yang mana memang sangat populer beberapa tahun silam.

Hanya saja untuk di masa sekarang, layar dengan notch sudah ketinggalan. Banyak di antara perangkat menengah atau bahkan beberapa ponsel entri kini mengadopsi panel dengan punch hole yang terlihat lebih modern.

4. Speaker Belum Stereo

Speaker yang digunakan oleh Galaxy A15 5G sayangnya juga belum mendukung suara stereo. Pengalaman mendengarkan konten audio dengan perangkat ini bakalan sedikit kalah jika dibandingkan ponsel-ponsel yang sudah mendukungnya.

Kabar baiknya, perangkat ini masih menyertakan dukungan jack audio 3,5mm yang bisa digunakan untuk memasang perangkat suara kabel seperti headphone maupun headset. Kita yang mau memperoleh pengalaman mendengarkan lebih baik pun dapat memanfaatkannya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar