ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Ini 7 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M34 5G, Bongsor Semua!

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M34 5G Header

Gadgetren – Samsung Galaxy M34 5G merupakan ponsel kelas menengah yang secara resmi telah tersedia untuk dibeli di pasar Indonesia.

Ponsel yang satu ini hadir dengan dukungan baterai berkapasitas besar dan fitur pengisian daya cepat. Adapun kamera utamanya memiliki resolusi besar yang dapat memudahkan kamu dalam mengabadikan momen berharga.

Kamu yang penasaran dengan kelebihan dan kekurangannya dapat langsung menyimak rangkumannya sebagai berikut.

Kelebihan Samsung Galaxy M34 5G

1. Performa Lancar

Samsung Galaxy M34 5G - Depan

Samsung Galaxy M34 5G ini sudah diotaki chipset Exynos 1280 (5nm) Octa-Core 2,4 GHz yang dikombinasikan dengan GPU Mali-G68 sehingga mampu menjalankan aplikasi dan game dengan lancar.

RAM 8 GB didaulat untuk menangani aktivitas multitasking yang berjalan pada perangkat yang satu ini. Terdapat juga fitur RAM Plus dengan opsi dari 2 GB hingga 8 GB untuk meningkatkan performa aplikasi secara multitasking.

Terdapat juga fitur Fused Multiply-Add (FMA) yang dapat mengoptimalkan performa chipset dengan konsumsi daya dan masa pakai baterai yang lebih baik. Tidak hanya game saja, kamu juga dapat menikmati hiburan seperti menonton film dan memutar lagu dengan nyaman pada ponsel yang satu ini.

Untuk penyimpanan internalnya sudah memiliki kapasitas 128 GB sehingga terasa lega untuk menyimpan banyak aplikasi, game, maupun file sekaligus. Bahkan terdapat slot untuk menambahkan microSD hingga 1 TB apabila kapasitas internalnya mulai penuh.

2. Layar Jernih dengan Refresh Rate 120Hz

Samsung Galaxy M34 5G - Layar

Samsung Galaxy M34 5G sudah menggunakan layar 6,5 inci dengan teknologi Super AMOLED dan resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel) yang mampu menampilkan konten dengan terang, jernih, serta luas yang akan membuat mata kamu nyaman.

Berkat refresh rate 120Hz, layarnya mampu menampilkan gerakan transisi antar menu dan animasi game mampu terlihat halus. Namun jika kamu ingin lebih menghemat konsumsi energi ponsel ini, maka dapat memilih opsi refresh rate standar atau 60Hz saja.

Terdapat Corning Gorilla Glass 5 yang didaulat untuk melindungi layar dari Galaxy M34 5G. Tingkat Kecerahan 1.000 nits dan fitur Vision Booster mampu membuat konten yang ditampilkan pada layar masih dapat dilihat kamu walaupun sedang berada di bawah terik matahari sekalipun.

Layar ponsel ini sudah mendapatkan sertifikasi Widevine L1 yang membuatnya dapat menampilkan video dengan kualitas Full HD dari aplikasi streaming, seperti Netflix, Amazon Prime Video, VIU, Disney+ Hotstar, dan YouTube.

3, Daya Tahan Lama dengan Pengisian Cepat

Samsung Galaxy M34 5G - 6000mAh

Dilengkapi dengan baterai 6.000mAh, Samsung Galaxy M34 5G diklaim mampu bertahan selama 21 jam untuk mengakses internet, 24 jam untuk memutar video, 51 jam untuk telepon, atau 158 jam untuk memutar lagu.

Hadirnya fitur Power Saving juga dapat membuat ponsel bertahan lebih lama ketika persentase baterai sedang berada dalam titik kritis antara 20% hingga 5%. Dilengkapi fitur 25W Fast Charging, pengisian dayanya dari 0% ke 100% hanya memakan waktu 90 menit saja.

Sementara jika hanya diisi dari 0% ke 43% membutuhkan waktu lebih singkat lagi mencapai 30 menit saja. Meskipun adaptor charger 25W tidak terdapat di dalam dus penjualannya, namun tersedia bundling adapter charge 25W dalam paket penjualan Galaxy M34 5G.

4. Kamera Utama Beresolusi Besar

Samsung Galaxy M34 5G - Kamera

Samsung Galaxy M34 5G sudah dilengkapi dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP, ultrawide 8 MP, dan makro 2 MP. Dengan resolusi sebesar itu, kamera utamanya dapat menghasilkan foto yang berkualitas bagus dan dapat dicetak pada media berukuran besar secara jelas.

Kamera utamanya juga dilengkapi dengan Optical Image Stabilization yang mampu menghasilkan foto dan video dengan jelas walaupun kamu sedang berjalan, berlari, maupun berkendara.

Sementara kamera ultrawide dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan foto-foto estetik dengan area yang luas. Adapun kamera makronya memudahkan kamu dalam membidik objek dari jarak sangat dekat.

Terdapat juga fitur AI Image Enhancer untuk meningkatkan kualitas foto yang dihasilkan kamera dan fitur Objeck Eraser dapat dimanfaatkan untuk menghapus bayangan, pantulan, atau photobomber yang menyebalkan.

Beralih ke bagian depannya, terdapat kamera 13 MP untuk berbagai kebutuhan mulai dari foto selfie, wefie, video call, vlogging, hingga fitur Face Unlock. Tentunya terdapat fitur Beautification yang dapat membuat wajah subjek dalam foto menjadi mulus.

5. Desain Menarik

Samsung Galaxy M34 5G - Back

Samsung Galaxy M34 5G mengusung bahasa desain ponsel Samsung masa kini yang terlihat sederhana karena bagian belakang yang minim ornamen dan tiga kamera belakang yang disusun secara vertikal.

Untuk warna Midnight Blue dan Dark Blue mampu menampilkan warna biru gelap dengan kilauan ketika terkena pantulan cahaya sehingga membuatnya terlihat elegan. Sementara warna Prism Silver mampu menghadirkan warna perak yang dibalut dengan kilauan gradasi dari berbagai macam warna.

Bodi belakangnya pun tidak terasa licin ketika digenggam dengan satu tangan. Pada bagian bawah ponsel ini masih menyediakan port jack audio 3,5mm di samping port USB Type-C.

Kekurangan Samsung Galaxy M34 5G

1. Masih Menggunakan Poni

Samsung Galaxy M34 5G - Poni

Dibanderol harga Rp4.099.000, justru Samsung Galaxy M34 5G masih menggunakan poni berbentuk waterdrop untuk menyimpan kamera depan dan mengurangi bezel bagian atasnya.

Padahal ponsel kompetitor dengan harga yang sama sudah menggunakan desain punch hole yang membuat bezel bagian atas menjadi sangat kecil. Apalagi punch hole membuat perangkat menjadi terlihat lebih modern.

2. Belum Memiliki IP Rating

Samsung Galaxy M34 5G - Bawah

Dengan harga yang ditawarkan pun, Samsung Galaxy M34 5G belum memiliki sertifikasi IP Rating. Padahal perangkat dengan harga yang sama dari produsen lainnya sudah banyak yang menggunakan sertifikasi IP54 maupun IP67.

Bisa dibilang kini IP Rating menjadi salah satu bagi ponsel karena jika mempunyai IP54, maka perangkat tersebut tahan terhadap debu dan cipratan air. Sementara jika memiliki IP67, maka berarti tahan terhadap debu dan air hingga kedalaman 1 meter dengan waktu maksimal 30 menit.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar