ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Rekomendasi

Ini 9 Tablet Layar Besar di Tahun 2023 Biar Konten Terlihat Jelas

Tablet Layar Besar - Header

Gadgetren – Tidak bisa dipungkiri, salah satu alasan kenapa sebagian di antara kita memutuskan untuk membeli perangkat tablet adalah ukuran layarnya yang lebih besar ketimbang ponsel.

Dengan ukuran layar yang lebih besar, kita soalnya dapat menyelesaikan beberapa pekerjaan dengan lebih mudah. Produktivitas pun bisa sedikit meningkat karena beberapa manufaktur sering kali membekali perangkat tabletnya dengan fitur untuk melakukan beragam aktivitas secara multitasking.

Di masa sekarang, ukuran layar tablet yang tersedia di pasaran pun sangat bervariasi. Kita dapat menjumpai tablet mulai dari yang mungil agar tetap nyaman dipegang sampai benar-benar sangat besar untuk melihat konten dengan lebih jelas.

Ukuran layar pun dapat menjadi faktor pertama yang bisa diperhatikan saat kita ingin meminang tablet supaya pas dengan rutinitas harian. Baru nanti kita tinggal menyesuaikan pilihannya dengan ketersediaan dana maupun spesifikasi yang diperlukan.

Secara khusus buat kamu yang memerlukan tablet untuk menikmati hiburan, mengetik, hingga membuat ilustrasi, perangkat dengan ukuran layar besar tentu bisa menjadi opsi yang lebih pas. Adapun kamu bisa mempertimbangkan beberapa perangkat berikut jika kebingungan.

1. Redmi Pad SE

Tablet Layar Besar - Redmi Pad SE

Membahas tablet dengan layar berukuran besar, Redmi Pad SE yang telah meluncur dengan harga relatif terjangkau dapat menjadi salah satu opsinya. Perangkat tersebut sudah meluncur dengan panel LCD 11 inci meskipun hanya dibanderol dengan harga Rp1.999.000 di Xiaomi Official Store.

Perangkat kelas entri dari Xiaomi ini bakalan sangat pas buat kita yang mempunyai dana terbatas tetapi memerlukan tablet untuk menikmati hiburan. Selain berukuran besar, layarnya mendukung resolusi hingga 1920 x 1200 piksel dan refresh rate hingga 90Hz sehingga bakal menampilkan konten secara tajam dan mulus.

Terdapat empat buah speaker yang terpasang di dalam bodinya untuk memaksimalkan pengalaman audio. Xiaomi pun memastikan suara yang dihasilkan bakal terdengar lebih imersif mengikuti setiap adegan di dalam konten dengan menambahkan teknologi Dolby Atmos.

Yang tak kalah menarik, tablet keluaran baru dari Xiaomi ini juga mendukung baterai berkapasitas sebesar 8.000mAh yang mana cukup besar. Jadi perangkat pun dapat digunakan untuk mengerjakan berbagai macam aktivitas tanpa khawatir akan mudah kehabisan daya.

2. Redmi Pad

Tablet Layar Besar - Redmi Pad

Redmi Pad yang meluncur lebih dulu dari model SE juga dapat menjadi alternatif berikutnya saat kita ingin membeli tablet berlayar besar. Terutama jika kita memang memerlukan kemampuan pengolahan data yang lebih mumpuni karena spesifikasi yang dibawanya memang lebih tinggi.

Dibanderol dengan harga Rp3.499.000 di Xiaomi Official Store, Redmi Pad hadir dengan layar berukuran 10,61 inci dengan resolusi Full HD+ (2000 x 1200 piksel). Panel dari perangkat ini pun sudah mendukung refresh rate hingga 90Hz sehingga dapat menghadirkan animasi gambar yang halus.

Untuk dapur pacunya, Redmi Pad sudah menggunakan chipset MediaTek Helio G99 (6nm) berkecepatan hingga 2,2GHz. Xiaomi memadukannya bersama RAM berkapasitas 6GB dan media penyimpanan 128GB untuk menyokong kemampuan perangkat dalam menjalankan berbagai jenis aplikasi.

Selain sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas 8.000mAh seperti model SE, Redmi Pad menariknya juga sudah mendukung teknologi 18W Fast Charge. Jadi secara teknis bakalan bisa mengisi daya dengan waktu yang lebih singkat.

3. Xiaomi Pad 6

Tablet Layar Besar - Xiaomi Pad 6

Pada Tahun 2023, Xiaomi pun kembali menyegarkan lini tablet premium mereka dengan meluncurkan sebuah perangkat baru yang dibanderol Rp4.999.000 di Xiaomi Official Store. Kita pun dapat menjadikannya sebagai salah satu opsi jika memerlukan tablet dengan layar berukuran besar.

Bernama Xiaomi Pad 6, perangkat tablet ini mempunyai layar yang membentang hingga seluas 11 inci. Resolusinya pun sudah WQHD+ (2880 x 1800 piksel) dengan refresh rate hingga 144Hz yang pastinya siap untuk memanjakan mata para pengguna.

Aktivitas apapun bakalan mampu ditangani dengan baik oleh perangkat tablet ini. Xiaomi Pad 6 soalnya sudah membawa chipset Qualcomm Snapdragon 870 (7nm) hingga 3,2GHz bersama RAM LPDDR5 sebesar 8GB dan penyimpanan internal UFS 3.1 berkapasitas 256GB di mesin utamanya.

Xiaomi Pad 6 pun mengemas baterai yang lebih besar ketimbang kedua saudara jauhnya di atas. Perangkat ini mempunyai kapasitas 8.840mAh yang konon mampu bertahan hingga 65 jam untuk memutar musik, 23 jam untuk membaca konten, atau 16 jam untuk menayangkan video.

Teknologi pengisian daya yang dibawa oleh Xiaomi Pad 6 juga tergolong tinggi dibandingkan saudaranya yang lain. Perangkat ini secara khusus mendukung pengisi 33W yang memungkinkan baterai terisi dari kosong hingga penuh hanya dalam waktu kurang lebih 99 menit saja.

4. HUAWEI MatePad 11.5

Tablet Layar Besar - HUAWEI MatePad 11.5

Apabila memerlukan tablet yang mumpuni, lini produk buatan Huawei pun dapat menjadi alternatif yang tak kalah menarik untuk dipertimbangkan. Salah satunya termasuk HUAWEI MatePad 11.5 yang hadir sebagai solusi perangkat dengan layar berukuran besar.

MatePad 11.5 apalagi mengemas paket komplit dengan bonus berupa aksesori seperti M-Pencil Gen 2, keyboard, dan mouse padahal hanya dibanderol Rp5.499.000 di Tokopedia. Jadi kita tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk melengkapi perangkat.

Seperti namanya, MatePad 11.5 merupakan tablet dengan layar IPS berukuran 11,5 inci. Perangkat ini pun mendukung resolusi hingga 2,2K (2200 x 1440 piksel) dengan refresh rate hingga 120Hz dan gamut warna 100% sRGB.

Kamu yang memerlukan tablet untuk mengetik atau menyunting dokumen pun bakalan cocok dengan perangkat ini. Meskipun hadir sebagai perangkat seluler, MatePad 11.5 sudah membawa aplikasi WPS Office Level PC yang mempunyai fitur layaknya versi komputer.

5. HUAWEI MatePad Air

Tablet Layar Besar - HUAWEI MatePad Air

HUAWEI MatePad Air yang juga mengusung layar 11,5 inci juga dapat menjadi pilihan selanjutnya. Kita hanya perlu menyisihkan uang sebesar Rp7.999.000 jika mau meminang perangkat berspesifikasi tinggi ini dari Tokopedia.

Layar MatePad Air memang mempunyai ukuran dan resolusi yang hampir sama dengan MatePad 11.5. Hanya saja sedikit lebih unggul karena sudah mendukung resolusi gambar hingga 2,8K (2800 x 1840 piksel) serta refresh rate sampai 144Hz.

Di balik harganya yang lebih mahal, MatePad Air apalagi juga mendukung dapur pengolahan data yang lebih kuat. Perangkat ini dipersenjatai dengan Qualcomm Snapdragon 888 (5nm) berkecepatan hingga 2,84GHz yang dipadukan bersama RAM 8GB dan media penyimpanan internal 128GB.

Baterai perangkat ini pun berkapasitas 8.300mAh. Kita bisa memakainya dengan tenang tanpa khawatir tablet bakalan cepat mati karena kehabisan daya. Kalaupun perlu mengisi, MatePad Air sudah membawa teknologi pengisian cepat hingga 44W.

6. iPad Air (Gen 5)

Tablet Layar Besar - iPad Air Gen 5

iPad Air generasi kelima juga perlu dilirik apabila sedang memerlukan tablet berlayar besar. Perangkat dengan label harga mulai dari Rp9.499.000 di iBox ini sudah mengemas panel Liquid Retina berukuran 10,9 inci dengan resolusi 2360 x 1640 piksel.

Soal kinerja, kita tentu tidak boleh memandangnya sebelah mata. iPad Air (Gen 5) sudah membawa chipset Apple M1 yang mana juga digunakan oleh sejumlah lini perangkat MacBook untuk memberikan kemampuan pengolahan data mumpuni.

Berjalan dengan sistem operasi iPadOS, perangkat ini pun bakalan sangat cocok apabila kita sudah terbiasa dengan ekosistem milik Apple. Kita bisa lebih mudah untuk melakukan sinkronisasi data sehingga memungkinkan untuk beralih perangkat secara lebih mulus.

7. Samsung Galaxy Tab S9+

Tablet Layar Besar - Samsung Galaxy Tab S9+

Jajaran tablet premium milik Samsung kini juga hadir dengan ukuran yang semakin bervariasi. Di antaranya termasuk Samsung Galaxy Tab S9+ yang meluncur dengan layar Dynamic AMOLED 2X berukuran sangat besar di mana mencapai 12,4 inci sehingga bakal lebih leluasa dalam menikmati konten.

Jika memerlukan tablet dengan ukuran layar besar, perangkat premium dari Samsung ini pun dapat menjadi salah satu alternatifnya. Hanya saja untuk meminangnya kita memang memerlukan dana cukup banyak, yaitu mulai dari Rp16.999.000 jika mengacu harga di Samsung Official Store.

Banderol harga tinggi tersebut terbilang sangat wajar karena Galaxy Tab S9+ memang menawarkan berbagai macam dukungan premium. Selain layarnya yang besar, perangkat ini pun sudah dipersenjatai Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 (4nm) berkecepatan hingga 3,36GHz.

Panel layar yang diusung oleh Galaxy Tab S9+ sendiri mempunyai resolusi 2800 x 1752 piksel dan refresh rate hingga 120Hz. Kita yang gemar corat-coret juga dapat mempertimbangkannya karena perangkat ini mendukung S Pen generasi baru.

8. Samsung Galaxy Tab S9 Ultra

Tablet Layar Besar - Samsung Galaxy Tab S9 Ultra

Varian paling bongsor dari lini Galaxy Tab S9 juga dapat menjadi pilihan terbaik jika kita memerlukan tablet berlayar besar. Diberi nama Samsung Galaxy Tab S9 Ultra, perangkat ini pun sudah bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp19.999.000 di Samsung Official Store.

Alasan kenapa perangkat ini dapat menjadi pilihan terbaik saat kita membutuhkan layar berukuran besar adalah panelnya yang sudah membentang hingga 14,6 inci. Masih sangat jarang tablet yang menggunakan dimensi hingga seluas itu yang mana cukup mendekati ukuran laptop.

Hanya saja, teknologi layar yang dipakai memang masih sama seperti jajaran keluarga Galaxy Tab S9 pada umumnya. Perangkat ini pun mengandalkan panel Dynamic AMOLED 2X dengan resolusi yang sudah disesuaikan hingga menjadi 2960 x 1848 piksel.

Tablet ini pun sudah menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2 dengan RAM 12GB sebagai basis pengolahan datanya. Hanya saja untuk baterainya, perangkat ini sudah membawa kapasitas hingga 11.200mAh atau lebih besar dari saudara-saudaranya.

9. iPad Pro 12.9” (Gen 6)

Tablet Layar Besar - iPad Pro Gen 6

Sebagai alternatif selanjutnya, kita juga dapat mempertimbangkan iPad Pro generasi keenam. Lini perangkat tablet premium dari Apple ini juga mempunyai model dengan layar berukuran 12,9 inci yang dibanderol mulai dari Rp20.999.000 di iBox.

Bagian layar dari iPad Pro (Gen 6) pun sangat menarik karena sudah menggunakan teknologi Liquid Retina XDR yang diklaim mampu menghadirkan tingkat kecerahan hingga 1.600 nits dengan rasio kontras 1.000.000:1. Panel perangkat ini juga mendukung fitur ProMotion hingga 120Hz.

Berbekal chipset Apple M2 yang membawa 8-Core CPU, 10-Core GPU, dan 16-Core Neural Engine, iPad Pro (Gen 6) pun mempunyai kemampuan yang sangat tinggi. Aktivitas apapun mulai dari bermain game hingga mengolah video bukan masalah besar untuk perangkat ini.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar