ASUS TUF Gaming FX507
Tablet

Ini 6 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Pad SE – Tablet Entri Rasa Premium

Kelebihan dan Kekurangan Redmi Pad SE - Header

Gadgetren – Sedang membutuhkan tablet dengan harga yang terjangkau? Xiaomi telah memperkenalkan versi murah dari Redmi Pad yang juga bisa dipertimbangkan sebagai salah satu alternatifnya.

Diberi nama Redmi Pad SE, perangkat tablet kelas entri dari Xiaomi ini bahkan bisa dikatakan sangat menarik jika kita mempertimbangkan harganya. Dukungan serta spesifikasi yang dibawanya sudah lumayan unggul untuk label Rp1.999.000.

Hanya saja supaya tidak menyesal mengingat ada beberapa perangkat yang turut menyasar rentang harga tersebut seperti ADVAN Tab VX Lite dan Samsung Galaxy Tab A7 Lite, kita tetap perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari tablet ini sebelum membelinya.

Kelebihan Redmi Pad SE

1. Bodi Lebih Premium

Hadir seperti kedua kakaknya di mana termasuk Redmi Pad dan Xiaomi Pad 6, Redmi Pad SE menariknya juga sudah memakai bodi belakang dan sisi samping menyatu dengan bahan aluminum. Hal ini membuatnya terlihat seperti perangkat dari kelas premium.

Meskipun berbahan metal, perangkat ini menariknya hanya berbobot 478 gram atau masih tergolong ringan untuk sebuah tablet berukuran besar. Ketipisannya pun hanya 7,36 mm sehingga tidak terlalu tebal ketika dipegang dengan tangan.

Perangkat yang sudah bisa dibeli mulai tanggal 9 September 2023 ini mempunyai dua varian warna yang bisa dipilih di mana meliputi Graphite Gray dan Mint Green. Tersedia juga aksesori berupa case tambahan yang dapat melindungi sekaligus membantu tablet supaya bisa berdiri.

2. Layar Memesona

Dibanderol dengan harga kurang dari Rp2 juta, tablet ini tebar pesona dengan layar yang berukuran sangat besar. Panel LCD yang digunakannya sudah membentang hingga seluas 11 inci jika diukur secara diagonal dari ujung ke ujung.

Menonton video atau bermain game tentu bisa terasa menyenangkan dengan tablet berlayar 11 inci. Terlebih lagi, panel yang dipakai oleh perangkat Redmi Pad SE juga mendukung tampilan gambar dengan resolusi hingga 1920 x 1200 piksel.

Buat kita yang gemar menonton video atau bermain game, animasi gambar yang bisa dihasilkan oleh layar Redmi Pad SE juga bisa terlihat sangat mulus. Perangkat ini soalnya sudah mendukung refresh rate yang dapat diatur hingga 90Hz mengikuti setelan konten.

Dengan tingkat kecerahan sampai 400nits, layar Redmi Pad SE juga sudah mengantongi beberapa sertifikat. Termasuk di antaranya meliputi TÜV Rheinland untuk Low Blue Light serta Flicker Free yang akan menjamin kenyamanan sekaligus perlindungan terhadap mata.

3. Siap Memutar Konten Multimedia

Memutar konten-konten multimedia media pun bisa semakin menyenangkan karena perangkat tablet murah dari Xiaomi ini juga sudah dilengkapi dengan empat buah speaker di bodinya. Jadi suaranya bakal terdengar secara lebih baik di telinga kita.

Konfigurasi speaker yang dibawa oleh Redmi Pad SE apalagi juga menjanjikan suara imersif seperti home teater. Hal tersebut bisa dilihat dari hadirnya teknologi Dolby Atmos yang memungkinkan audio bisa terdengar mengitari kita mengikuti adegan di dalam konten.

Kita yang gemar mendengarkan musik dengan kualitas baik pun tak perlu repot-repot membeli perangkat tambahan. Tablet kelas entri ini pun sudah dilengkapi dengan sertifikat Hi-Res Audio untuk pemutaran suara beresolusi tinggi.

4. Baterai Berkapasitas Besar

Apapun aktivitas yang dikerjakan, kita pun tak perlu khawatir tablet ini akan cepat kehabisan daya. Redmi Pad SE soalnya sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas hingga 8.000mAh yang notabene lebih besar ketimbang pesaingnya.

Berdasarkan klaim dari Xiaomi, baterai berkapasitas 8.000mAh milik Redmi Pad SE mampu membuat perangkat bertahan hingga 43 hari dalam mode siaga, 219 jam untuk memutar musik, atau 14 jam buat menonton video.

Kekurangan Redmi Pad SE

1. Belum Mendukung Jaringan Seluler

Untuk memenuhi kebutuhan kita yang memerlukan akses internet, perangkat Redmi Pad SE sayangnya harus bergantung kepada jaringan WiFi. Tablet terjangkau ini belum membawa dukungan pemasangan kartu SIM untuk mendapatkan koneksi seluler.

Jika tidak ada jaringan WiFi publik yang tersedia, kita makanya harus memanfaatkan koneksi dari ponsel melalui fitur tethering atau hotspot personal. Kita juga bisa membeli MiFi sebagai alternatif lain jika perangkat yang perlu layanan internet memang berjumlah banyak.

2. Pengisian Daya Bakalan Sangat Lambat

Dalam membekali baterai berkapasitas 8.000mAh miliknya, Redmi Pad SE sayangnya juga hanya mengandalkan teknologi 10W. Jadi kita akan memerlukan waktu yang sangat lama untuk mengisi daya hingga penuh sebelum perangkat bisa digunakan kembali.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar