Gadget Smartphone

Apa Itu Layar Dynamic AMOLED 2x yang Digunakan di Galaxy S20 Ultra?

Samsung Galaxy S20 Ultra

Seri ponsel Galaxy S20 terutama Galaxy S20 Ultra membawa pembaruan yang signifikan dari sisi teknologi kamera. Namun ada satu lagi pembaruan yang patut dicermati yaitu layarnya yang kini menggunakan teknologi Dynamic AMOLED 2x terbaru dari Samsung.

Dynamic AMOLED 2x secara garis besar menghadirkan tampilan layar yang lebih cerah, tajam, dan warna akurat dibanding pendahulunya. Ditambah lagi teknologi layar ini mendukung refresh rate 120Hz.

Layar Dynamic AMOLED 2x di Galaxy S20 Ultra tampil mencolok dengan bentang layar 6,9″ yang mana adalah terbesar dalam sejarah ponsel seri Samsung Galaxy S dan bahkan Galaxy Note. Adiknya Galaxy S20 memiliki bentang layar hanya 6,2″ sedangkan Galaxy S20+ 6,7″. Kesemua ponsel tersebut memiliki resolusi layar Quad HD+ 1440 x 3200 piksel.

Yang mencolok lainnya dari layar Galaxy S20 Ultra tentu adalah lubang kameranya. Lubang kamera pada layar ponselnya kini berada di area tengah atas layar dan lebih ringkas sehingga area notifikasi ponsel tidak terlihat terlalu besar.

Layarnya sudah mendukung HDR10+ sehingga dapat menampilkan gambar dengan jelas dan lebih realistis. Dikombinasikan dengan ukuran layar yang besar membuat pengalaman menonton konten video di Galaxy S20 Ultra menjadi lebih memuaskan.

Fitur refresh rate 120Hz pada layar Galaxy S20 Ultra membuat animasi pada layar terlihat jauh lebih halus. Agak susah mendeskripsikan ini dengan kata-kata namun jika sudah terbiasa menggunakan layar dengan refresh rate 120Hz mungkin kamu akan malas kembali menggunakan layar 60Hz yang umumnya digunakan di ponsel-ponsel saat ini.

Perlu dicatat secara bawaan Galaxy S20 Ultra akan menggunakan refresh rate 60Hz. Untuk menggunakan refresh rate 120Hz perlu disetel secara manual di menu penyetelan layar ponsel. Ini dikarenakan mode refresh rate 120Hz akan lebih banyak menggunakan daya baterai ponsel.

Layar Galaxy S20 Ultra sudah medapatkan Eye Care Certification dari SGS atas performanya dalam mengurangi efek negatif dari cahaya biru. Dengan ini Galaxy S20 Ultra dapat mengurangi ketegangan mata dan gangguan tidur pada penggunanya ketika ponselnya digunakan pada malam hari.

Berkat segala kecanggihan layar Dynamic AMOLED 2x di Galaxy S20 Ultra ini, ponselnya mendapat nilai A+ dari DisplayMate yang mana adalah skor tertinggi mereka.

Tinggalkan Komentar