ASUS TUF Gaming FX507
Tablet

Redmi Pad SE Vs Redmi Pad – Cukup Berbeda Meski Serupa

Redmi Pad SE Vs Redmi Pad - Header

Gadgetren – Meskipun memakai desain dan nama yang hampir serupa, Redmi Pad SE mempunyai spesifikasi dan dukungan yang sangat berbeda dari Redmi Pad selaras dengan banderol harganya.

Sedikit informasi buat kamu yang belum tahu, Redmi Pad SE meluncur dengan harga yang lebih terjangkau di mana kita hanya memerlukan dana Rp1.999.000 untuk meminangnya. Sementara Redmi Pad yang menjadi kakaknya membutuhkan dana hingga Rp3.499.000.

Dengan selisih harga sampai Rp1,5 juta, Redmi Pad SE yang hadir sebagai varian murah pun membawa spesifikasi jauh lebih rendah. Meskipun begitu, menariknya masih ada beberapa aspek yang sedikit lebih unggul ketimbang kakaknya itu.

Perbandingan Redmi Pad SE Vs Redmi Pad

Sektor dapur pacu menjadi salah satu pembeda utama dari kedua perangkat tablet buatan Xiaomi tersebut. Tidak seperti kakaknya yang sudah mengandalkan MediaTek Helio G99 (6nm) hingga 2,2GHz, Redmi Pad SE meluncur dengan Qualcomm Snapdragon 680 (6nm) hingga 2,4GHz.

Meskipun mempunyai frekuensi yang lebih rendah, Helio G99 di atas kertas menawarkan kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan Snapdragon 680. Chipset menengah ini soalnya sudah membawa arsitektur inti yang lebih mutakhir ketimbang kompetitornya.

Redmi Pad SE Vs Redmi Pad - 1

Redmi Pad SE

Sederhananya, kemampuan Redmi Pad SE sedikit lebih rendah ketimbang saudaranya. Perangkat tablet tersebut apalagi membekali chipset miliknya hanya dengan RAM berkapasitas 4GB sedangkan Redmi Pad sudah memakai 6GB.

Perbedaan chipset dari kedua perangkat tablet tersebut juga sedikit berpengaruh pada aspek konektivitas, terutama untuk versi Bluetooth-nya. Redmi Pad dalam hal ini sudah memakai Bluetooth 5.2 yang mana jauh lebih mutakhir ketimbang Bluetooth 5.0 pada model SE.

Banderol harga yang lebih murah juga membuat Redmi Pad SE harus mengemas dukungan kamera lebih rendah. Meski mempunyai resolusi sama untuk kamera utama, lensa depan perangkat tersebut hanya 5MP padahal Redmi Pad sudah memakai 8MP.

Redmi Pad SE Vs Redmi Pad - 2

Redmi Pad

Di sektor baterai, kedua perangkat Xiaomi tersebut pun sama-sama menggunakan kapasitas 8.000mAh. Hanya saja Redmi Pad sedikit lebih menggoda karena sudah membawa dukungan teknologi pengisian 18W yang bisa bekerja lebih cepat ketimbang 10W milik adiknya.

Yang cukup menarik, Redmi Pad SE yang meluncur sebagai versi lebih murah justru membawa layar berukuran lebih besar. Perangkat tersebut sudah membawa panel yang membentang hingga seluas 11 inci saat Redmi Pad hanya 10,61 inci.

Walau begitu, Redmi Pad uniknya mempunyai panel layar dengan pengaturan resolusi gambar sedikit lebih tinggi. Perangkat tersebut mendukung hingga 2000 x 1200 piksel sementara Redmi Pad SE hanya 1920 x 1200 piksel.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar