Mading Tekno

Mengenal ProMotion yang Jadi Fitur Unggulan di iPhone 13 Pro dan Pro Max

Mengenal ProMotion di iPhone 13 Pro ProMax - Header

Gadgetren – Meskipun diperkenalkan dengan Super Retina XDR display seperti pendahulunya, lini iPhone 13 ternyata membawa layar yang lebih canggih dengan sejumlah peningkatan dan fitur anyar.

Super Retina XDR pada lini iPhone baru tersebut di antaranya tercatat membawa fitur bernama ProMotion. Kita secara khusus bisa menemukannya pada iPhone 13 Pro dan Pro Max yang menjadi model unggulan.

ProMotion sebenarnya bukan teknologi yang benar-benar baru karena sebelumnya sudah ikut memperkenalkan diri lewat jajaran iPad. Walaupun demikian, kita tak boleh meremehkannya karena dapat memberikan pengalaman pemakaian iPhone yang lebih menyenangkan.

Mengenal Fitur ProMotion di iPhone 13 Pro dan Pro Max

Kebanyakan handphone menengah ke atas yang baru meluncur umumnya memperkenalkan layar dengan refresh rate tinggi. Dengan teknologi ini, animasi yang ditayangkan akan terlihat dan terasa semakin mulus.

Apple melalui lini iPhone 13 tampaknya tak ingin ketinggalan dari handphone-handphone lain. Oleh karenanya Apple mengembangkan teknologi serupa yang diberi nama dengan ProMotion untuk menunjang layar perangkat buatannya.

Secara singkat, ProMotion bisa kita gambarkan seperti Adaptive Refresh Rate yang ada di berbagai macam handphone Android. Teknologi milik Apple ini mempunyai kemampuan untuk menyesuaikan animasi berdasarkan konten yang ditayangkan.

ProMotion secara teknis mampu menampilkan konten-konten dengan animasi hingga 120Hz. Hanya saja berkat kemampuan adaptifnya, kita tak perlu khawatir perangkat akan cepat kehabisan baterai karena harus terus-menerus menjalankan refresh rate tertingginya.

Layar dengan ProMotion juga menawarkan sentuhan yang lebih responsif. Lini iPhone 13 pasalnya sudah dilengkapi dengan display engine baru dari Apple A15 Bionic, kinerja GPU lebih cepat, hingga peningkatan dari iOS 15.

Berbeda dari iPad Pro yang masih memakai teknologi LCD, ProMotion pada iPhone 13 Pro dan Pro Max sudah disandingkan dengan layar OLED seperti generasi sebelumnya. Produksi warna, kecerahan, hingga kontras yang dihasilkan tentu dapat terlihat lebih baik dengan panel jenis itu.

Di luar Super Retina XDR display dengan teknologi ProMotion, layar iPhone 13 Pro dan Pro Max menariknya hanya berbeda pada ukuran, resolusi, hingga tingkat kedalaman. Maka dari itu kita hanya perlu melihat beberapa hal itu jika ingin mempertimbangkan salah satu iPhone terbaru tersebut.

Tinggalkan Komentar