ASUS TUF Gaming FX507
Berita Tablet

Hands-On Samsung Galaxy Tab S9 Ultra – Tablet Powerful Untuk Beragam Aktivitas

Hands-On Samsung Galaxy Tab S9 Ultra – Tablet Powerful Untuk Beragam Aktivitas

Gadgetren – Samsung Electronics Indonesia mengajak tim Gadgetren untuk melakukan hands-on terhadap tablet flagship terbarunya yakni Galaxy Tab S9 Series pada sebuah acara di Jakarta.

Galaxy Tab S9 Series yang hadir dalam acara tersebut terdiri dari Galaxy Tab S9 Ultra, Galaxy Tab S9 Plus, dan Galaxy Tab S9. Berkat bahan Armor Aluminium, bodi ketiga tablet ini terasa kokoh ketika dipegang.

Perbedaan paling terlihat di antara ketiga tablet ini terdapat pada ukuran layarnya dimana Galaxy Tab S9 Ultra hadir dengan layar 14,6 inci beresolusi 2960 x 1848 piksel, Galaxy Tab S9+ dengan layar 12,4 inci beresolusi 2800 x 1752 piksel, dan Galaxy Tab S9 dengan layar 11 inci beresolusi 2560 x 1600 piksel.

Samsung Galaxy Tab S9 All

Semakin besar ukuran layarnya, justru ketebalan tablet menjadi lebih kecil. Samsung Galaxy Tab S9 Ultra mempunyai ketebalan 5,5mm, Galaxy Tab S9+ memiliki ketebalan 5,7mm, dan Galaxy Tab S9 mempunyai ketebalan 5,9mm.

Di antara ketiga tablet ini, saya paling tertarik untuk melakukan hands-on lebih jauh terhadap Samsung Galaxy Tab S9 Ultra karena mempunyai ukuran layar paling besar, ketebalan paling tipis, dan dukungan kamera paling banyak.

Samsung Galaxy Tab S9 Ultra ini juga hadir dengan layar dengan teknologi Dynamic AMOLED 2X dan HDR10+ yang dapat menampilkan konten dengan terang dan tajam sehingga nyaman di mata.

Apalagi terdapat refresh rate hingga 120Hz yang mampu menampilkan gerakan transisi dan animasi game dengan mulus. Namun perangkat ini tidak dibekali dengan fitur Auto Switch Refresh Rate sehingga kecepatan refresh rate tidak berganti secara otomatis ketika konten ditampilkan.

Samsung Galaxy Tab S9 Ultra - S Pen Diagonal

Untuk itulah bagi kamu yang memang ingin menghemat konsumsi energi dari Galaxy Tab S9 Ultra, maka dapat menguncinya ke Standard agar kecepatan refresh rate 60Hz. Namun apabila kamu hanya mementingkan performa untuk gerakan yang halus saja, maka dapat mengubahnya ke setelan High untuk kecepatan refresh rate 120Hz.

Dalam paket penjualan tablet ini, sudah tersedia S Pen yang dapat memudahkan saya untuk menulis, menggambar, mencoret, menyeleksi, menavigasi menu atau aplikasi, dan mengekspresikan ide-ide lebih imersif di layar Galaxy Tab S9 Ultra.

Pada bagian belakang Galaxy Tab S9 Ultra, terdapat bagian kotak memanjang di dekat kamera yang dapat digunakan untuk menyimpan maupun mengisi daya baterai dari S Pen agar tetap dapat digunakan setiap saat.

Samsung Galaxy Tab S9 Ultra - S Pen

Hampir sama dengan kedua tablet lainnya, Samsung Galaxy Tab S9 Ultra dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy (4nm) Octa-Core 3,3 GHz dan GPU Adreno 740 yang mampu melahap game dan aplikasi berat sekalipun dengan lancar.

Pada saat acara Hands-On, Samsung Galaxy Tab S9 Ultra ini sudah dilengkapi dengan Book Cover Keyboard yang terdiri dengan penyangga belakang agar tablet bisa ditegakkan dan keyboard magnetis yang dapat mempermudah dalam proses pengetikkan.

Berkat aksesori Book Cover Keyboard ini, membuat Samsung Galaxy Tab S9 Ultra bisa menjadi layaknya sebuah laptop. Selain sudut pandang yang nyaman, aksesori ini membuat saya dapat mengetik dokumen, chat, browsing, maupun mengedit video dengan lebih cepat.

Samsung Galaxy Tab S9 Ultra Typewriting

Aksesori Keyboard juga memiliki Touchpad yang dapat digunakan untuk menavigasi kursor, klik kiri untuk memiliki aplikasi, menu, maupun fungsi, dan klik kanan untuk menampilkan menu pop-up tambahan layaknya pada saat menggunakan laptop.

Bahkan pada saat Hands-On, pihak Samsung Electronics Indonesia sudah memasangkan aplikasi pengeditan video profesional bernama LumaFusion di Galaxy Tab S9 Ultra agar saya dapat mencoba performanya.

Bisa dibilang aplikasi LumaFusion ini berbayar dan menghadirkan beragam fitur yang lengkap agar video yang dihasilkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Sementara jika kamu membeli Galaxy Tab S9 Ultra ini, maka terdapat penawaran diskon 50% untuk ketika membeli dan mengunduh aplikasi pengedit video ini.

Samsung Galaxy Tab S9 Ultra - Lumafusion

Pada saat menggunakannya, saya sendiri merasa bahwa aplikasi LumaFusion dapat berjalan dengan lancar tanpa lag ketika proses pengeditan video berjalan, mulai dari mengambil bahan video dari penyimpanan tablet, memasukkan serta memotong video di timeline, menambah tulisan, memberikan efek, dan lainnya.

Apalagi saya juga dapat melakukan pengeditan dengan lebih cepat lagi karena terdapat S Pen yang dapat membantu untuk memilih berbagai tools, mengedit video, memiliki visual efek, hingga menjadikannya sebuah video yang utuh.

Sementara itu, Galaxy Tab S9 Ultra memiliki dua kamera depan yang berada di bagian atas ketika tablet sedang dalam posisi lanskap. Selain untuk mengambil foto selfie, dua kamera depan ini berguna untuk menunjang video call atau video conference dengan kualitas gambar yang bagus.

Samsung Galaxy Tab S9 Mode Laptop

Dua kamera depan ini hadir dengan kombinasi kamera utama 12 MP dan ultrawide 12 MP. Dengan hadirnya kamera ultrawide ini tentunya membuat video saya dapat menampilkan area saya dengan luas selama video call atau video conference berlangsung.

Sementara untuk dua kamera belakangnya mempunyai komposisi kamera utama 13 MP dan ultrawide 8 MP. Kamera utama belakang dan depan dari handphone ini dapat mengambil video hingga 4K.

Apabila sedang berada pada posisi lanskap, maka pada bagian bawah Galaxy Tab S9 Ultra ini mempunyai Pin magnetis yang dapat menghubungkannya dengan berbagai aksesori, terutama keyboard.

Sementara pada bagian atasnya akan terdapat tombol Volume, Power, dan slot kartu SIM beserta microSD. Pada sisi kiri akan terdapat dua lubang speaker. Beralih ke samping kanan akan terdapat dua lubang speaker dan port USB Type-C.

Samsung Galaxy Tab S9 Ultra - Side Top

Berkat dukungan empat speaker di berbagai sisinya ditambah teknologi Dolby Atmos dan AKG Harman, membuat konten hiburan yang ditampilkan oleh Galaxy Tab S9 Ultra menjadi lebih hidup.

Menurut saya sendiri, Samsung Galaxy Tab S9 Ultra ini mampu menunjang aktivitas sehari-hari dari penggunanya, mulai dari ringan dan berat. Apalagi terdapat dukungan S Pen yang multifungsi pada layarnya.

Jika menggunakan aksesori Book Cover Keyboard, maka dapat memberikan pengalaman menggunakan laptop yang imersif pada tablet besutan Samsung ini.

Untuk saat ini Samsung Galaxy Tab S9 Ultra masih memasuki masa pre-order dari tanggal 26 Juli hingga 17 Agustus 2023 di situs resmi Samsung Indonesia. Hadir dengan dua varian, produk ini dibanderol mencapai Rp19.999.000 untuk RAM 12 GB + penyimpanan internal 256 GB dan Rp21.999.000 untuk RAM 12 GB + penyimpanan internal 512 GB.

Apabila kamu memesan Galaxy Tab S9 Ultra dalam masa pre-order, maka jika membeli varian 12 GB / 256 GB akan ditingkatkan menjadi 12 GB / 512 GB. Selain itu, bisa mendapatkan diskon 50% juga untuk pembelian Book Cover Keyboard.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar