ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Mengatasi iPhone Tidak Tersedia Jika Beneran Lupa Passcode-nya

Cara Mengatasi iPhone Tidak Tersedia - Header

Gadgetren – Perangkat iPhone meluncur dengan sistem keamanan yang sangat baik. Oleh karena itu, tidak mengejutkan apabila banyak orang mempertimbangkannya saat sedang memerlukan sebuah ponsel baru.

Dengan sistem keamanan yang baik, ada jaminan bahwa berbagai macam data dan privasi pengguna akan lebih terlindungi saat memakai iPhone. Jadi nanti tidak mudah diakses oleh sembarang orang baik itu langsung dari perangkat maupun serangan melalui jaringan internet.

Namun sayang, saking kuatnya keamanan yang ditawarkan oleh iPhone kadang-kadang justru menjadi sebuah masalah tersendiri. Kita soalnya dapat benar-benar kehilangan akses ke dalam ponsel keluaran Apple tersebut saat lupa passcode atau sandi.

Saat menggunakan passcode yang salah berulang-ulang, layar perangkat akan dikunci dan menampilkan notifikasi “iPhone Tidak Tersedia”. Ini sebenarnya diterapkan untuk menghindari serangan brute force atau orang lain yang mencoba memaksa masuk ke sistem.

Apabila sudah terkunci dan menampilkan notifikasi “iPhone Tidak Tersedia” maka kita pun harus menunggu lama sesuai keterangan yang muncul untuk mencoba membukanya kembali. Namun, bagaimana jika kita benar-benar lupa passcode dari perangkat terkait?

Cara Mengatasi iPhone Tidak Tersedia

  • Pastikan mengingat Apple ID yang dipakai untuk perangkat.
  • Hubungi pihak operator untuk pengaturan ulang nomor seluler jika memakai eSIM.
  • Tunggu dan ulangi memasukkan passcode hingga muncul layar “Penguncian Keamanan” jika diperlukan.
  • Ketuk opsi Hapus iPhone yang terletak di pojok kiri bawah.
  • Konfirmasi dengan mengetuk Hapus iPhone sekali lagi.
  • Masukkan Apple ID sesuai dengan apa yang digunakan.
  • Ketuk Hapus iPhone jika setuju untuk reset perangkat.
  • Setelah iPhone memuat ulang, atur perangkat seperti saat pertama kali digunakan sesuai petunjuk yang muncul.

Reset ulang dapat menjadi solusi yang bisa dicoba saat halaman “iPhone Tidak Tersedia” muncul karena kita lupa passcode. Salah satu di antaranya dapat dilakukan melalui perangkat secara langsung sebagaimana langkah-langkah pada ulasan atas.

Hanya saja supaya bisa berhasil melakukannya, kita memang harus memperhatikan beberapa hal. Halaman “Penguncian Keamanan” misalnya hanya akan muncul ketika iPhone terhubung ke jaringan internet baik itu melalui sambungan seluler maupun WiFi.

Selain itu, opsi Hapus iPhone yang bisa dipakai untuk reset ulang juga hanya akan muncul jika perangkat memasang iOS 15.2 atau lebih baru. Sementara jika memakai sistem operasi dengan versi lebih lawas maka kita tidak akan menemukannya.

Oleh karena itu, kita harus reset iPhone dengan cara yang lain. Termasuk di antaranya memakai opsi pemulihan lewat komputer baik itu Windows maupun MacOS atau memanfaatkan fitur Hapus Perangkat dari layanan Find My iPhone.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar