Tips dan Trik Handphone

Ini Cara Lacak iPhone Pakai Handphone Android Untuk Ditemukan Jika Hilang

Cara Lacak iPhone Pakai Handphone Android Header

Gadgetren – Kini sudah banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan dua handphone dengan sistem operasi berbeda seperti Android dan iOS untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Namun ada kalanya terkadang iPhone dengan iOS milikmu lupa disimpan atau hilang. Hal ini tentunya akan membuatmu panik karena dibeli dengan uang yang tidak sedikit, apalagi kalau masih dalam masa cicilan.

Untuk itu kamu jangan panik terlebih dulu karena kamu tetap bisa melacak iPhone yang hilang melalui handphone Android yang dimiliki. Namun agar cara ini berhasil, iPhone kamu sudah harus mengaktifkan fitur Find My iPhone.

Cara Melacak iPhone dengan Android

  1. Buka halaman Find di situs iCloud melalui Browser
  2. Masukkan Apple ID yang dimiliki dan tekan tombol Enter berikon panah ke kanan
  3. Selanjutnya, masukkan Password pada kolom yang muncul dan tekan tombol Enter berikon panah ke kanan
  4. Saat berhasil masuk halaman People, kamu akan dihadapkan pada peta yang menunjukkan lokasi iPhone kamu berada
  5. Gunakan Share My Location kepada pengguna iPhone di sekitar perangkat
  6. Selanjutnya, kamu bisa meminta tolong pengguna iPhone lain membawakannya
  7. Kamu juga bisa mengikuti peta maupun petunjuk untuk langsung menemukannya sendiri

Mudah bukan? Oleh karena itu sangat penting untuk kamu selalu mengaktifkan fitur Find My iPhone yang ditautkan ke akun iCloud agar berjaga-jaga dengan kemungkinan terburuk bahwa iPhone hilang atau dicuri orang yang tidak bertanggung jawab.

Untungnya pada iPhone generasi terbaru, fitur Find My iPhone sendiri akan aktif secara otomatis. Namun untuk memastikan memang sudah aktif atau belum, kamu bisa mengikuti langkah berikut.

Pastikan My Find iPhone Aktif

  1. Buka aplikasi Settings di iPhone
  2. Pada halaman Settings, pilih nama Apple ID di bagian atas
  3. Masuk ke menu Find My
  4. Selanjutnya, aktifkan Find My iPhone hingga muncul tulisan On

Sebagai tambahan, kamu dapat melakukan beberapa perintah pada bagian Items saat menggunakan fitur Find My iPhone seperti Play Sound, Directions, Notifications, Mark As Lost, dan Erase The Device. Play Sound dapat digunakan ketika dirasa perangkat berada di sekitar kamu sehingga hanya butuh suara yang keras sebagai sinyal keberadaannya.

Lalu directions dapat digunakan untuk memberikan petunjuk arah dari lokasi iPhone yang terlihat di peta. Sementara jika Notifications diaktifkan, maka sistem iCloud akan memberitahukan kepada handphone lainnya ketika iPhone telah tertinggal atau jauh dari jangkauan kamu.

Namun jika menekan tombol Activate pada bagian Mark As Lost, kamu dapat mengunci iPhone dan memberikan pesan di layar dari jarak jauh seperti meminta orang yang menemukan untuk mengembalikannya. Saat dirasa iPhone tidak akan kembali, kamu dapat gunakan Erase The Device untuk menghapus data penting di dalam perangkat.

Data dapat dikembalikan ketika kamu melakukan restore menggunakan data cadangan dari iCloud jika kamu masuk ke dalam opsi tersebut. Bisa dibilang akun iCloud yang terhubung dapat membantu kamu untuk melacak keberadaan dari iPhone yang sedang berada di luar jangkauan.

Untungnya kamu juga dapat memanfaatkan handphone Android untuk membuka situs iCloud Find My iPhone sehingga tidak perlu khawatir kesulitan untuk mengaksesnya.

Tinggalkan Komentar