ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik Handphone

Cara Mengatur Jam di HP realme Agar Jadi Akurat

Cara Mengatur Jam di HP realme Header

Gadgetren – Meskipun realme UI berbasiskan Android memiliki banyak fitur, namun jam merupakan salah satu fitur untuk menunjukkan waktu sehari-hari.

Namun ada kalanya jam pada ponsel realme terjadi error atau tidak tepat secara tiba-tiba sehingga perlu diatur lagi agar kembali tepat waktu.

Kamu pun dapat mengatur jam secara manual di ponsel realme melalui aplikasi Settings yang mana biasanya juga ditempatkan menunya berbarengan dengan pengaturan tanggal.

Cara Mengatur Jam di HP realme

  1. Pastikan ponsel realme tidak terkunci.
  2. Buka aplikasi Settings.
  3. Pilih kolom Search.
  4. Ketik kata kunci Time.
  5. Pilih opsi Date & time.
  6. Tekan tombol toggle Set time automatically dan Set time zone automatically ke posisi mati.
  7. Atur pada bagian Time untuk jam dan menit sesuai yang kamu inginkan.
  8. Sementara pada Time Zone, kamu dapat mengatur zona waktunya tergantung dari negara saat ini.
  9. Setelah kembali ke halaman Date & time, tekan kembali tombol Set time automatically dan Set time zone automatically ke posisi menyala.

Seharusnya, kini waktu pada ponsel realme sudah sesuai dengan waktu nyata di lokasi kamu berada. Bisa dibilang pengaturan waktu memang penting agar kamu tidak salah jam ketika sedang memiliki agenda-agenda penting.

Menggunakan kata kunci Time di kolom Search akan memudahkan kamu dalam mengakses fitur Date & Time karena terkadang lokasi menunya akan berbeda- beda di beberapa seri ponsel realme.

Pada halaman Date & Time, kamu juga dapat mengatur format waktu yang ditampilkan di ponsel. Apabila memilih 24 hour format  nantinya akan menampilkan jam mulai dari jam 00.00 hingga 23.59 sedangkan 12 hour format akan memunculkan jam 01.00 AM maupun 01.00 PM.

Perbedaan waktu yang hadir pada 12 hour format ditandai dengan AM dan PM saja tanpa hadirnya angka 13.00 hingga 23.59 sama sekali. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan dual clock alias dua jam sekaligus pada Lock Screen untuk menampilkan jam untuk lokasi kamu berada dan satu jam untuk daerah lain yang telah ditentukan.

Dual Clock biasanya digunakan ketika orang-orang sedang berada di luar negeri atau kota dengan zona waktu berbeda sehingga dapat mengetahui waktu dari wilayah asal.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar