Tips dan Trik

Cara Mematikan Suara Jepretan Kamera di iPhone iOS 10 Tanpa Jailbreak

Cara mematikan suara kamera iPhone 5s jepang

GADGETREN – iPhone merupakan salah satu smartphone paling populer di dunia bahkan di Indonesia sekalipun. Namun, Apple sebagai pembuat iPhone memiliki peraturan yang cukup ketat soal memodifikasi smartphone.

Salah satu yang cukup dikeluhkan oleh para pengguna merupakan tidak adanya fitur mematikan suara kamera iPhone. Berbeda dengan Android yang memiliki pengaturan langsung di aplikasi kamera. Walupun begitu kamu tetap dapat menghilangkan suara jepretan saat mengambil foto di iPhone dengan suatu solusi.

Namun, beberapa iPhone di negara tertentu seperti Jepang dan Korea Selatan tidak memperbolehkan suara shutter kamera untuk dimatikan. Hal ini untuk mencegah pengguna mengambil foto secara diam-diam tanpa sepengetahuan orang yang difoto.

Baca Juga:

Untuk model lainnya yang datang resmi di Indonesia seperti iPhone 5s, 6, dan 6s terdapat cara mematikan suara kamera yang sangat mudah. Tentu saja untuk model lama juga bisa menggunakan cara ini asal bukan dari Jepang. Para tips dan trik iPhone kali ini dari Gadgetren, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan tanpa perlu jailbreak sekalipun.

Cara Mematikan Suara Kamera iPhone

  1. Kunjungi pengaturan untuk sentuhan bantuan di General > Accessibility > AssistiveTouch
  2. Aktifkan fitur AssistiveTouch hingga berwarna hijau
  3. Pilih menu Customize Top Level Menu
  4. Pilih tombol + untuk menambahkan menu baru di AssistiveTouch
  5. Tambahkan perintah Mute dari kumpulan daftar yang ada
  6. Kamu sekarang tinggal menekan menu Mute pada fitur AssistiveTouch untuk mematikan suara kamera iPhone

Selain melalui AssistiveTouch ada juga cara yang paling mudah untuk mematikan suara kamera iPhone 5s seperti yang saya gunakan atau model terbaru lainnya itu dengan menggunakan tombol dering-senyap yang terletak di samping kiri iPhone di atas tombol volume. Kamu tinggal mengubah posisinya hingga terlihat garis orange untuk mengaktifkannya. Setelah itu otomatis hamper semua suara akan hilang termasuk suara ketika menjepret kamera.

iPhone Tombol Senyap

Jika iPhone kamu tetap mengeluarkan suara jepretan ketika mengambil foto, maka besar kemungkinan kamu menggunakan iPhone Jepang yang memang tidak boleh dimatikan suaranya. Oleh karena itu tidak ada jalan lain selain melakukan jailbreak dan melakukan modifikasi pada file sistem.

Proses jailbreak sebaiknya tidak dilakukan oleh kamu yang tidak terlalu paham karena takutnya malah berakibat fatal dan iPhone malah mengalmi brick atau tidak bisa digunakan.

About the author

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut dan pecinta kucing yang juga selalu memantau perkembangan teknologi terbaru terutama yang berhubungan dengan gaming

Writer di Gadgetren

Leave a Comment