Smartphone Tips dan Trik

Cara Mematikan Suara Kamera iPhone Supaya Tidak Terdengar Cekrek

Cara Mematikan Suara Kamera iPhone - Header

Gadgetren – Mematikan suara shutter kamera di perangkat iPhone memang tidak segampang di handphone-handphone berbasis Android. Akan tetapi hal tersebut tetap memungkinkan untuk dilakukan.

Suara shutter kamera sebenarnya bisa cukup berguna untuk mengetahui apakah perangkat sudah selesai memproses foto atau belum. Hanya saja bagi sebagian orang, itu dapat terasa sangat mengganggu karena kadang kala justru memancing perhatian.

Berbeda dengan berbagai macam handphone Android, aplikasi kamera di iPhone sayangnya tidak mempunyai setelan khusus untuk mematikan suara shutter. Jadi kita membutuhkan tips dan trik khusus supaya bisa melakukannya.

Kita menariknya bisa menggunakan solusi yang serupa untuk berbagai macam iPhone meskipun modelnya kini sudah sangat banyak. Walaupun secara spesifik, nanti akan ada perbedaan pada langkah-langkahnya yang perlu ditempuh pada setiap perangkat.

Ada tiga solusi yang bisa kita pakai untuk mematikan suara shutter kamera di perangkat iPhone. Termasuk di antaranya menggunakan mode Silent, menurunkan volume, hingga memanfaatkan fitur Live Photos sebagaimana ulasan berikut.

Cara Mematikan Suara Shutter Kamera iPhone

Mengaktifkan Mode Silent

Mengubah setelan iPhone menjadi mode Silent (Hening) dapat menjadi solusi yang pertama. Kita bisa melakukannya dengan menggeser tombol khusus yang berada di atas tombol volume sehingga muncul warna oranye.

Cara Mematikan Suara Kamera iPhone - 1

Jika takut membuat tombol menjadi cepat rusak, kita pun dapat memanfaatkan bantuan AssistiveTouch sebagai alternatifnya. Kita hanya saja perlu mengaturnya terlebih dulu melalui halaman Settings > Accessibility > Touch.

Selain itu, kita juga dapat memanfaatkan volume suara untuk menciptakan mode hening di iPhone. Cara ini juga bisa dipakai untuk mematikan suara shutter kamera jika kita merasa terganggu dengannya.

Menurunkan Volume Suara

Hal yang perlu dilakukan dalam hal ini adalah menurunkan suara hingga ke level 0. Kita bisa memakai tombol volume down yang terletak di bagian samping handphone atau menggunakan pintasan di Control Center.

Namun perlu diingat bahwa kita mungkin perlu memastikan bahwa setelan Change with Buttons pada halaman Settings > Sounds & Haptics dalam kondisi aktif. Karena jika tidak, kita perlu melakukan pengaturan suara secara terpisah untuk dering dan notifikasi.

Memakai Fitur Live Photos

  1. Buka aplikasi kamera
  2. Aktifkan tombol Live Photo (ikon lingkaran berlapis) di menu atas
  3. Jika sudah berwarna kuning, arahkan kamera ke obyek yang diinginkan
  4. Ketuk tombol Shutter kamera

Pengaturan di atas hanya berlaku untuk sementara waktu. Jika ingin menggunakan fitur Live Photos secara permanen, kita perlu menyetelnya secara khusus di halaman Settings > Camera > Preserve Settings.

Live Photos sayangnya hanya tersedia secara terbatas untuk perangkat iPhone 6 ke atas dengan sistem iOS 9 atau yang lebih mutakhir. Fitur ini secara khusus memungkinkan kita mengambil foto sekaligus beberapa kejadian sebelum dan sesudahnya termasuk suara.

Apabila ketiga cara di atas belum bisa digunakan untuk mematikan suara shutter kamera maka berarti perangkat iPhone yang dimiliki memang tidak mendukung hal tersebut. Perlu diingat bahwa beberapa negara memang mempunyai aturan lokal untuk hal itu di mana tentu saja tetap harus dipatuhi oleh perusahaan Apple.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar

3 Komentar