ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Tips dan Trik Handphone

Cara Mengatasi Perangkat Xiaomi Tidak Mau Menyala dan Hanya Muncul Logo MIUI

Mengatasi HP Xiaomi Tidak Mau Menyala Hanya Muncul Logo MIUI - Header

Gadgetren – Bootloop atau perangkat menyala berulang-ulang tetapi hanya sampai logo adalah salah satu dari banyak permasalahan yang bisa muncul saat kita menggunakan perangkat dengan sistem Android.

Penyebabnya bisa bermacam-macam, termasuk pada Xiaomi. Mulai dari kerusakan sistem, aplikasi bermasalah, serangan malware, hingga ausnya peranti keras termasuk beberapa di antara faktor yang bisa membuat handphone menjadi bootloop.

Cara mengatasi masalah handphone tidak menyala dan hanya muncul logo MIUI pun makanya tidak bisa kita pukul rata. Masing-masing faktor penyebab tak jarang memerlukan solusi yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Yang paling ringan, kita mungkin hanya perlu melakukan reset pabrik atau install ulang. Namun jangan lupa bahwa sebagian di antara kita mungkin perlu melakukan penggantian komponen jika penyebabnya adalah kerusakan peranti keras.

Secara khusus buat kamu yang menggunakan perangkat buatan Xiaomi, berikut beberapa cara mengatasi perangkat tidak menyala dan hanya muncul logo MIUI yang bisa dicoba sebelum membawanya ke pusat perbaikan.

Cara Mengatasi Xiaomi Hanya Muncul Logo MIUI

Reset Lewat MIUI Recovery

  • Tahan tombol Power sampai perangkat Xiaomi benar-benar mati
  • Tekan tombol Power dan Volume Up bersamaan
  • Lepaskan keduanya setelah perangkat bergetar atau logo MIUI muncul
  • Tunggu handphone masuk ke MIUI Recovery
  • Setelah masuk, pilih menu Wipe Data
  • Pilih Wipe All Data
  • Pilih Confirm
  • Jika sudah selesai, pilih Back to Menu
  • Selanjutnya pilih Reboot
  • Pilih Reboot to System

Perlu diingat bahwa metode ini akan menghapus seluruh data yang ada di perangkat. Selain itu MIUI Recovery tidak mendukung pengoperasian dengan sentuhan jari. Untuk memilih menu atau opsi di dalamnya, kita bisa memakai tombol volume sebagai navigasi dan Power untuk mengonfirmasi pilihan.

Setelah memilih tombol Reboot to System, handphone pun akan memuat ulang sistem. Tunggu sampai menyala dan masuk ke halaman utama. Jika tidak berhasil, kita mungkin perlu mencoba mengulangi langkah-langkahnya dari awal.

Install Ulang

Apabila reset pabrik lewat MIUI Recovery belum mengatasi masalah yang terjadi di perangkat Xiaomi, maka install ulang sistem operasi bisa menjadi solusi berikutnya. Hanya saja saya pribadi tidak menyarankan kamu melakukannya sendiri jika belum berpengalaman.

Selain membutuhkan perangkat komputer, software penunjang, serta berkas sistem yang sesuai, langkah-langkah melakukan install ulang sedikit riskan. Tidak menutup kemungkinan handphone justru tambah rusak jika salah.

Meminta bantuan dari teman yang sering melakukannya atau pergi ke konter yang menyediakan jasa mungkin bisa menjadi alternatif lebih aman saat hal ini terjadi. Namun jangan lupa memastikan bahwa mereka benar-benar ahli.

Bawa ke Pusat Perbaikan

Membawa handphone ke Mi Authorized Service Center tentu menjadi langkah yang paling pas saat masalah ini terjadi. Apalagi jika perangkat masih dalam masa garansi, kita pun tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk memperbaikinya.

Mi Authorized Service Center sendiri kini sudah tersebar di berbagai macam kota di Indonesia. Kita bisa mengecek alamatnya lewat halaman https://www.mi.co.id/id/service/repair/ maupun menghubungi nomor layanan di 0800-1-401558 atau WhatsApp +6282117236765.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar