Tips dan Trik

Tips: Cara Mengetahui Bootloader Locked atau Unlocked di MIUI Xiaomi

cara mengecek booloader locked atau unlocked

Sebelumnya Gadgetren telah memberikan bagaimana untuk bisa unlock bootloader perangkat Xiaomi, namun sebaiknya kamu cek terlebih dahulu apalakah bootloader locked atau unlocked. Beberapa perangkat Xiaomi seperti Mi 4i dilaporkan langsung memiliki bootloader yang terbuka sehingga lebih mudah untuk melakukan kustomisasi.

Agar kamu tidak bingung dan pusing, Gadgetren berbagi cara mengetahui bootloader locked atau unlocked untuk perangkat Xiaomi. Sebenarnya langkah ini tidak jauh berbeda dengan smartphone berbasis Android lainnya, jadi kamu bisa mencobanya juga ke perangkat lain.

Untuk bisa melakukan cara mengetahui bootloader locked atau unlocked untuk perangkat Xiaomi ini kamu membutuhkan program Android Debug Bridge (ADB). Program ini mudahnya bisa dikatakan sebagai perantara untuk memberikan perintah ke perangkat Android melalui komputer. Kamu bisa memasang ADB dengan menggunakan Android Studio, Minimal ADB, atau dengan Mi PC Suite.

Baca Juga :

Tanpa berbicara panjang lebar lagi, berikut cara mengetahui bootloader locked atau unlocked Xiaomi dengan menggunakan perintah ADB.

  • Jalankan ADB Command
  • Masukkan perintah adb reboot bootloader pada jendela ADB atau tekan Volume – dan Power dalam keadaan smartphone mati.
  • Masukkan perintah fastboot devices untuk memastikan perangkat terbaca

adb fastboot devices

  • Masukkan perintah fastboot oem device-info dan informasi mengenai bootloader terkunci atau tidak akan muncul
  • Masukkan perintah fastboot reboot untuk menyalakan smartphone kembali

Kamu juga bisa mengunci kembali bootloader Xiaomi dengan cara memberikan perintah fastboot oem lock. Namun kamu perlu berhati-hati ketika mengunci karena jika kamu tidak menggunakan yang asli dari Xiaomi bisa membuat perangkat malah error atau brick.

Sekian cara mengetahui bootloader locked atau unlocked untuk perangkat Xiaomi dari Gadgetren, tunggu tips – tips MIUI untuk Xiaomi selanjutnya.

 

About the author

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut dan pecinta kucing yang juga selalu memantau perkembangan teknologi terbaru terutama yang berhubungan dengan gaming

Writer di Gadgetren

Leave a Comment

9 Comments