Tips dan Trik Handphone

Cara Masuk Mode Recovery di Handphone Xiaomi Jika Ada Masalah Sistem

Cara Masuk Recovery Mode Xiaomi - Header

Gadgetren – Karena menggunakan sistem operasi berbasis Android, kita dapat memanfaatkan dukungan dari recovery mode untuk mengatasi sejumlah masalah yang terjadi di handphone-handphone buatan Xiaomi.

Recovery mode merupakan sebuah sistem file yang menawarkan konsol pemulihan. Berkat letaknya yang sering kali dalam partisi terpisah, kita bisa memanfaatkannya meskipun terjadi masalah di sistem Android itu sendiri.

Terdapat beberapa peralatan yang bisa dipakai untuk memperbaiki instalasi sistem Android di dalam recovery mode. Kita salah satu di antaranya dapat menemukan dukungan untuk melakukan reset ulang ke kondisi pabrik yang sering kali disarankan saat ingin mengatasi sejumlah masalah handphone.

Lewat antarmuka sistem operasi bernama MIUI, handphone-handphone Xiaomi bahkan secara khusus menyediakan dukungan untuk masuk ke safe mode atau repair mode. Di dalamnya juga terdapat fungsi untuk pemulihan melalui MiAssistant.

Hanya saja, masuk ke recovery mode memerlukan cara yang berbeda-beda untuk setiap model dan merek handphone. Kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini jika mau melakukannya pada perangkat buatan Xiaomi.

Cara Masuk Recovery Mode di Handphone Xiaomi

  1. Jika handphone masih menyala, tekan tombol Power selama beberapa detik
  2. Pilih menu Power off
  3. Ketuk Tap to power off untuk mematikan handphone
  4. Pastikan handphone benar-benar mati
  5. Letakkan jari di atas tombol Power dan Volume Up
  6. Tekan dan tahan keduanya secara bersamaan
  7. Lepaskan kedua tombol jika handphone bergetar atau muncul logo
  8. Handphone akan masuk ke recovery mode jika berhasil
  9. Gunakan recovery mode sesuai kebutuhan

Perlu diingat bahwa recovery mode di kebanyakan perangkat Xiaomi tidak mendukung pengoperasian dengan layar sentuh. Kita biasanya harus memanfaatkan tombol Volume sebagai navigasi dan Power untuk konfirmasi pilihan.

Tampilan antarmuka recovery mode pada setiap model selain itu juga bisa saja berbeda-beda. Pada perangkat yang lebih lawas, kita misalnya masih perlu mengubah bahasa ke English supaya bisa digunakan secara lebih mudah.

Beberapa model handphone Xiaomi lama bahkan juga mempunyai cara akses yang berbeda seperti menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume Down. Kita pun bisa mencoba cara ini jika langkah-langkah di atas tidak berhasil membuka recovery mode.

Setelah selesai menggunakan recovery mode untuk memperbaiki masalah di handphone Xiaomi, kita dapat keluar dengan cara memuat ulang perangkat.

Cara Keluar dari Recovery Mode

  1. Gunakan tombol Volume untuk mengarahkan pilihan ke Reboot
  2. Tekan tombol Power untuk memilihnya
  3. Pastikan Reboot to System terpilih
  4. Tekan tombol Power sekali lagi
  5. Tunggu proses booting selesai

Handphone nantinya akan masuk ke sistem utama secara otomatis jika proses booting selesai. Namun setelah itu, jangan lupa untuk memastikan apakah masalah handphone sudah terselesaikan atau belum.

Tinggalkan Komentar