Tips dan Trik

Cara Masuk Mode Recovery di Ponsel Xiaomi

Cara Masuk recovery Mode HP Xiaomi Header

Gadgetren – Mode recovery merupakan mode sistem yang sangat berguna bagi sebagian pengguna Android. Mode ini menawarkan banyak sekali perlengkapan, salah satunya bisa digunakan untuk melakukan pemulihan.

Selain itu, mode ini secara default sebenarnya telah tertanam di hampir semua ponsel Android. Pengguna hanya perlu masuk ke dalam mode ini untuk melakukan perbaikan sistem, update sistem, dan lain sebagainya.

Di ponsel buatan Xiaomi, hal ini pun juga berlaku. Kamu bisa menyelesaikan beberapa permasalahan yang dialami oleh perangkatmu melalui mode ini.

Bagi yang penasaran, kamu bisa menyimak beberapa langkah berikut ini untuk masuk ke mode recovery pada ponsel-ponsel buatan Xiaomi.

Cara Masuk Recovery Mode Xiaomi

  1. Pertama, matikan ponsel Xiaomi yang kamu gunakan.
  2. Pastikan benar-benar sudah mati, lalu nyalakan ponsel bersamaan dengan menekan tombol volume up (tombol power + volume up).
  3. Tunggu sampai dengan ponsel menyala dan sampai masuk pada logo MI.
  4. Jika muncul opsi bahasa, pilih English.

Nah, dengan beberapa langkah di atas, kamu sekarang bisa masuk ke menu Recovery ponsel Xiaomi tipe apapun untuk melakukan beberapa hal, seperti hapus data, reset ulang ponsel, dan beberapa hal yang mungkin tidak kami rekomendasikan jika kamu masih awam.

Namun tentunya, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk masuk menu Recovery. Pertama, ada beberapa ponsel yang memerlukan kombinasi yang berbeda untuk masuk ke dalam recovery, misalnya dengan kombinasi tombol power + tombol volume down. Kedua, tidak semua Xiaomi mendukung mode recovery secara default, karena masuk mode recovery sebenarnya tidak dianjurkan untuk sembarang orang.

Selanjutnya, kamu harus berhati-hati setelah masuk mode recovery karena jika salah langkah maka dapat menyebabkan kerusakan pada ponsel.

Sementara itu, selain menggunakan mode recovery bawaan, kamu juga bisa menginstal mode recovery custom. Pada ponsel Xiaomi biasanya menggunakan TWRP (Team Win Recovery Project).

Keunggulannya, mode recovery custom biasanya menawarkan perlengkapan yang lebih canggih dan lebih banyak jika dibandingkan mode recovery bawaan.

Sayangnya, kami harus membuka bootloader untuk memasang TWRP di ponsel Xiaomi, yang sudah barang pasti akan menghilangkan klaim garansi dan membuat perangkat lebih rentan terkena serangan. Jadi, pastikan kamu sudah mengerti resikonya.

Tinggalkan Komentar