ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik Handphone

Cara Mengatasi MIUI Optimization Hilang Biar Muncul Kembali!

Cara Mengatasi MIUI Optimization Hilang - Header

Gadgetren – MIUI Optimization merupakan sebuah fitur yang memungkinkan ponsel-ponsel buatan Xiaomi beroperasi secara optimal sehingga mampu menangani berbagai macam tugas secara lebih lancar.

Saat diaktifkan, MIUI Optimization sayangnya kadang-kadang justru bisa membuat sejumlah aplikasi dan layanan di dalam perangkat tidak berjalan normal. Hal tersebut menyebabkan sebagian orang memutuskan untuk mematikannya.

Meskipun mudah untuk dilakukan, mematikan fitur MIUI Optimization di ponsel Xiaomi memerlukan sebuah trik. Antarmuka sistem terbaru mereka kini menyembunyikannya sehingga terlihat seperti menghilang dari pengaturan.

Cara Mengatasi MIUI Optimization Hilang

  • Buka halaman Settings.
  • Masuk ke bagian Additional settings.
    Cara Mengatasi MIUI Optimization Hilang - 1
  • Pilih menu Developer options.
    Cara Mengatasi MIUI Optimization Hilang - 2
  • Cari bagian Autofill.
  • Ketuk menu Reset to default values.
    Cara Mengatasi MIUI Optimization Hilang - 3
  • Ulangi mengetuk menu tersebut beberapa kali sampai pengaturan Turn on MIUI optimization muncul.
  • Gunakan pengaturan Turn on MIUI optimization sesuai kebutuhan.
    Cara Mengatasi MIUI Optimization Hilang - 4

Sama seperti sebelum-sebelumnya, MIUI Optimization sebenarnya juga masih tersedia sebagai bagian dari Developer Options. Pengaturannya pun hanya dapat diakses apabila kita sudah membuka menu khusus untuk para pengembang tersebut.

Apabila halaman Developer Options belum terbuka, kita pun perlu mengaktifkannya terlebih dulu. Perangkat umumnya akan menonaktifkan menu khusus tersebut secara bawaan supaya tidak digunakan secara sembarangan.

Membuka Menu Developer Options

  • Buka halaman Settings.
  • Masuk ke menu About phone.
    Cara Mengatasi MIUI Optimization Hilang - 5
  • Ketuk kolom build number antarmuka sistem hingga sebanyak tujuh kali.
    Cara Mengatasi MIUI Optimization Hilang - 6
  • Keterangan You are now a developer! akan muncul apabila kita berhasil mengaktifkannya.
    Cara Mengatasi MIUI Optimization Hilang - 7

Developer Options berisi berbagai macam menu yang dapat digunakan oleh para pengembang dalam mengembangkan aplikasi maupun layanan mereka. Sebagian di antaranya mempunyai fungsi yang cukup berisiko tinggi apabila tidak digunakan secara tepat.

Menu khusus untuk para pengembang tersebut tersedia pada hampir semua perangkat yang menjalankan sistem operasi Android. Di dalamnya termasuk lini ponsel buatan Xiaomi yang semakin ke sini terlihat semakin menarik.

Secara umum, menu Developer options bisa diaktifkan dengan mengetuk build number sistem yang terpasang di perangkat. Letaknya bisa berbeda-beda tetapi kita dapat menggunakan langkah-langkah di atas jika memakai ponsel generasi baru Xiaomi.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar